space
ZOTAC PAMERKAN HANDHELD ZOTAC ZONE DI COMPUTEX 2024, PUNYA TRACKPAD ALA STEAMDECK DAN LAYOUT PS!
PC
Kamis, 06 Jun 2024

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Awal bulan ini ada dua perangkat handheld terbaru yang banyak dibicarakan orang yaitu Asus ROG Ally X dan MSI Claw 8 AI Plus. Namun, mereka bukanlah satu-satunya handheld gaming Windows generasi kedua yang menarik perhatian di pasaran. Produsen GPU terkenal, Zotac, telah secara resmi memperkenalkan handheld terbaru mereka yang diberi nama Zone di ajang Computex, dan mereka membawa beberapa fitur unik yang membedakannya dari para pesaingnya.

Zotac mengungkapkan bahwa Zone akan dilengkapi dengan layar OLED, sebuah fitur yang sebelumnya hanya ditemukan pada Steam Deck OLED di kalangan handheld PC. Selain itu, Zone juga memiliki two-stage adjustable triggers seperti yang terdapat pada gamepad Xbox Elite dan joystick efek Hall yang lebih tahan lama dan akurat. Lebih menarik lagi, perangkat ini juga akan menampilkan joystick simetris ala PlayStation, programmable dial, dua buah trackpad mirip Steam Deck, built-in kickstand, serta kamera Windows Hello untuk keamanan tambahan yang menggantikan fingerprint scanner. Tidak hanya itu, Zone juga menawarkan port USB4 di bagian atas dan bawah perangkat untuk fleksibilitas konektivitas yang lebih baik.


Sumber: X @SireGoupil

Handheld ini didukung oleh chip AMD Ryzen 7 8840U, yang sebenarnya memiliki performa serupa dengan 7840U yang digunakan pada handheld terdahulu, lengkap dengan iGPU Radeon 780M. Namun, seperti halnya ROG Ally X dan Lenovo Legion Go, Zone juga ditingkatkan dengan memori LPDDR5X-7500, yang menunjukkan adanya peningkatan kinerja pada Lenovo Legion dibandingkan dengan Ally asli, terutama pada resolusi 1080p yang lebih sederhana.

Zone hadir dengan penyimpanan M.2 2280 sebesar 512GB, menggunakan slot SSD yang berukuran besar, dan memori 16GB dalam konfigurasi tunggal, yang seharusnya cukup untuk kebutuhan gaming modern.

Baca ini juga :
» MSI Performance Redefined: Peluncuran Motherboard Z870 & X870 di Jakarta!
» Uji Coba 6G Berhasil! Internet 50 Kali Lebih Cepat dari 5G, Bikin Shock!
» Menyusul God of War: Ragnarok, Game Marvel Spider-Man 2 Bakal Masuk ke PC 30 Januari 2025!
» realme 13 Series 5G Resmi Hadir di Indonesia, Punya Spek Gaming Tingkat Dewa!
» HARGA MIDRANGE FITUR GAMING FLAGSHIP!! Review realme 13+ 5G
» Kominfo Hadirkan Sistem Peringatan Dini Gempa Lewat TV dan Ponsel
» Republic of Gamers Hadirkan ROG Ally Holiday Deals, Tambah Keseruan Akhir Tahun Bagi Para Gamers
» Kominfo Blokir Aplikasi Temu, Lindungi UMKM dari Persaingan Produk Asing

Namun, ada beberapa kekurangan yang perlu dicatat. Zotac melengkapi Zone dengan baterai 48,5 watt-jam yang lebih kecil dibandingkan dengan baterai pada Steam Deck OLED, dan jauh lebih kecil dari 80Wh yang baru saja diumumkan oleh Asus dan MSI. Selain itu, layar OLED 120Hz 7 inci pada Zone tidak mendukung kecepatan variable refresh rate seperti Steam Deck. Meskipun begitu, layar ini memiliki kecerahan hingga 800 nits dan kualitas suara yang bagus.

Zotac adalah salah satu perusahaan pertama yang bereksperimen dengan teknologi pendingin solid-state AirJet pada mini PC mereka. Meskipun pembuat AirJet, Frore Systems, Zotac menyatakan bahwa AirJet saat ini belum dirancang untuk mendinginkan chip dengan daya sebesar 8840U, dan biaya yang tinggi juga menjadi pertimbangan. Untuk saat ini, Zone menggunakan kipas tradisional dan beberapa ventilasi kecil untuk menjaga suhu tetap stabil.

Menurut laporan dari Geeknetic, Zone akan dibanderol sekitar $800 dan dijadwalkan akan diluncurkan pada bulan September tahun ini. Harga ini memang cukup tinggi untuk handheld gaming, namun mengingat fitur-fitur yang ditawarkan, Zone menawarkan paket yang menarik bagi para penggemar teknologi dan gaming.



Selain berita utama di atas, KotakGame juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

BACA JUGA BERITA INI
close