space
PLATFORM GAME INDIE ITCH.IO SEMPAT TIDAK BISA DIAKSES, KARENA DIBLOKIR KOMINFO?
Pop
Rabu, 10 Jul 2024

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Berita mengejutkan datang bagi para developer game indie di Indonesia, saat platform game indie Itch.io sempat tidak bisa diakses. Namun, kini platform tersebut telah kembali dapat diakses tanpa kendala. Bagaimana sebenarnya kronologi pemblokiran Itch.io ini?

Informasi mengenai tidak dapat diaksesnya Itch.io pertama kali muncul dari cuitan Kris Antoni, founder dari developer game indie lokal, Toge Productions. Dalam cuitannya, Kris Antoni menyampaikan kabar bahwa platform game yang sangat populer di kalangan developer indie tersebut sempat diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Di dalam cuitan tersebut, Kris Antoni juga menyertakan screenshot yang menunjukkan bahwa website Itch.io tidak bisa diakses alias diblokir. Berdasarkan tangkapan layar tersebut, pemblokiran platform game indie tersebut terjadi sejak pukul 16:45 pada tanggal 8 Juli 2024.

Pemblokiran ini tentunya menimbulkan kekhawatiran di kalangan developer game indie tanah air. Pasalnya, Kominfo sebelumnya telah berjanji untuk memudahkan para developer lokal dalam merilis game mereka ke pasaran. Bahkan, Kominfo pernah bekerja sama dengan Asosiasi Game Indonesia (AGI) dua tahun lalu untuk mendukung industri game lokal.

Informasi mengenai pemblokiran Itch.io ini juga menyebar hingga ke platform Reddit. Berdasarkan informasi yang ditemukan, pemblokiran dilakukan oleh provider Telkomsel, meskipun hingga kini belum ada penjelasan resmi mengenai alasan di balik pemblokiran tersebut.

Baca ini juga :
» Pencipta Flappy Bird Bantah Keterlibatannya Dalam kembalinya Game Flappy Bird
» Bocoran Valorant Mobile Alpha Test Mulai Di China, Ada Advanced Training dan Replay System?
» [TGS 2024] Falcom Udah Ngumumin Game-Game Yang Bakal Muncul Di Tokyo Game Show 2024!
» Game Terbaru Sony “Concord” Menurut Laporan Hanya Terjual 25000 Copy!
» Elon Musk Berencana Gratiskan Starlink Ke Seluruh Dunia, Kominfo: Perlu Evaluasi!
» Castlevania Dominus Collection Membawa Tiga Game Castlevania ke Platform Modern
» Coffee Talk Tokyo siap untuk diseduh tahun 2025!
» Dapatkan Hadiah Eksklusif dengan Bergabung di CBT Forsaken World 2!

itch.io Diblokir Oleh ISP, Gimana Nasib Gamedev Indie Indonesia?
byu/SorbetArtistic7041 inindonesia

Salah satu pengguna Reddit melaporkan bahwa pada 9 Juli 2024 akses menuju Itch.io sudah kembali normal. Tidak ada lagi notifikasi "Situs Diblokir" bahkan dengan menggunakan DNS bawaan browser.

Menanggapi cuitan Kris Antoni, seorang netizen menyebut bahwa Kominfo saat ini sedang melakukan normalisasi data, dengan tujuan mengidentifikasi pemilik domain terkait. Namun, belum ada kejelasan apakah pemblokiran Itch.io beberapa waktu lalu berkaitan dengan proses normalisasi data ini, meskipun kemungkinan tersebut tidak bisa diabaikan.

Peristiwa ini tentunya menjadi perhatian khusus bagi para developer game indie di Indonesia. Mereka berharap kejadian serupa tidak terulang di masa depan, mengingat pentingnya akses terhadap platform seperti Itch.io dalam mendukung karya-karya kreatif mereka. Ke depan, para developer berharap ada komunikasi yang lebih baik antara pihak regulator dan komunitas game, sehingga kejadian tak terduga seperti ini dapat dihindari.



Selain berita utama di atas, KotakGame juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

BACA JUGA BERITA INI
close