Apple membuat gebrakan besar tentang potensi gaming dari A17 Pro selama acara peluncuran iPhone 15. Perusahaan ini menjanjikan bahwa generasi baru game yang sebelumnya hanya tersedia untuk konsol/PC akan segera hadir di perangkat Apple. Apple memamerkannya dengan mendemonstrasikan iPhone 15 Pro yang menjalankan game AAA seperti Resident Evil 4 Remake, Resident Evil Village, dan Assassin’s Creed Mirage.
Namun, impian Apple untuk menjadikan iPhone dan iPad kelas atas sebagai perangkat gaming AAA yang layak mungkin akan segera pudar. Laporan dari Appfigures melukiskan gambaran suram tentang penjualan game AAA di iOS.
Laporan tersebut mengklaim bahwa game AAA seperti Assassin’s Creed Mirage dan Resident Evil 4/Village mengalami kesulitan menemukan audiens di iOS. Misalnya, Assassin’s Creed Mirage dilaporkan hanya terjual kurang dari 3000 kopi dengan harga penuh $49,99 meskipun game tersebut memiliki 123.000 unduhan. Sebagian alasan dari perbedaan besar antara jumlah unduhan dan kopi terjual dengan harga penuh adalah karena pengguna dapat memainkan demo gratis sebelum melakukan pembelian. Jadi, banyak pengguna yang memainkan demo tetapi sangat sedikit yang membeli game tersebut.
Menurut Appfigures, Assassin’s Creed Mirage mengalami kegagalan yang parah sehingga sulit untuk menghasilkan $4.000 per hari dalam pendapatan. Untuk mengilustrasikan poinnya, firma tersebut membandingkan Assassin’s Creed Mirage dengan Assassin’s Creed Rebellion, judul yang dibuat khusus untuk perangkat seluler oleh Ubisoft, dan menunjukkan bahwa game AC yang hanya untuk seluler tersebut menghasilkan sekitar $981.000 dalam waktu yang sama di mana Assassin’s Creed Mirage hanya menghasilkan $123.000.
Berlanjut ke judul lainnya, Resident Evil 4 Remake dan Resident Evil Village dari Capcom juga dilaporkan gagal menarik perhatian pengguna iOS dalam jumlah besar. Menurut Appfigures, Resident Evil 4 Remake dan Resident Evil Village masing-masing mendapatkan sekitar 357.000 dan 370.000 unduhan dengan pendapatan $208.000 dan $92.000. Mengingat harga Resident Evil 4 Remake ($29,99) dan Resident Evil Village ($15,99), jumlah pelanggan yang benar-benar membayar masing-masing adalah 7.000 untuk RE 4 Remake dan 5.750 untuk RE Village.
Selain itu, Death Stranding di iOS juga tampaknya gagal menarik banyak perhatian dengan sekitar 10.600 unduhan. Karena game tersebut tidak memiliki demo gratis, harga $20 menghasilkan pendapatan $212.000. Jadi, tidak tampak baik untuk judul konsol/PC yang sangat terkenal.
Baca ini juga :
» ASUS Luncurkan Motherboard ROG, ROG Strix, TUF Gaming, dan Prime Berbasis AMD X870E, B850 dan B840
» Gara-gara Aplikasi FaceApp, Google dan Apple Kena Denda 50 Miliar!
» Pasar PC Global Kuartal IV-2024 Tumbuh 4,6 Persen, Lenovo Dominasi Penjualan
» ASUS Umumkan Kehadiran Kartu Grafis NVIDIA GeForce RTX 50 Series
» Apple Akan Bangun Pabrik AirTag di Batam, Tapi iPhone 16 Tetap Terhalang TKDN
» ASUS Republic of Gamers Hadirkan Perangkat Gaming Paling Canggih di CES 2025
» Atari Gandeng My Arcade untuk Konsol Handheld Baru, Gamestation Go
» Apple Dikabarkan Hentikan Produksi Vision Pro, Apa Alasannya?
Ada beberapa alasan potensial mengapa game AAA mengalami kesulitan menarik audiens di iOS, namun harga mungkin menjadi faktor terbesar. Platform seluler seperti iOS dan Android dipenuhi dengan judul gratis yang telah meraih kesuksesan besar. Bahkan game premium terlaris di iOS seperti Five Nights at Freddy’s dan Grand Theft Auto San Andreas harganya hanya sebagian kecil dari harga Assassin’s Creed Mirage dan Resident Evil 4.
Selain itu, ada masalah judul konsol yang hanya tersedia di iPad kelas atas dan iPhone 15 Pro/Max. Secara alami, orang yang bisa berinvestasi dalam perangkat iOS yang harganya sama atau lebih dari $1.000 juga bisa membeli konsol game seperti Xbox Series S atau PC untuk memainkan game ini dengan kualitas yang jauh lebih tinggi dan kontrol yang jauh lebih baik.
Selain berita utama di atas, KotakGame juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.