Release Date20 August 2024
ESRB Rating17+
GenreAction
Publisher
Game Science

Developer
Game Science

Console
PC, PS5
KOTAK GAME RATING
90
PLAYER RATING
90
BERI RATING
Review

Review - Black Myth: Wukong, Lebih Sakti Dari Kera Sakti

oleh: Mahesa

Black Myth Wukong, Punya Identitas Yang Menarik

Black Myth: Wukong, diawali dengan kemunculan teaser pada tahun 2020 yang terlihat sangat memukau dan mencengangkan. Tidak sedikit gamers yang agak skeptis dengan game ini mengingat Game Science tidak begitu besar sebagai game dev, namun mereka membuktikan kepada banyak gamers bahwa sebagai debut, Black Myth: Wukong adalah game yang hampir sempurna.

Ekspektasi bermain Black Myth: Wukong tidak begitu tinggi karena sepertinya akan sulit menggantikan pengalaman sempurna ketika paska bermain Elden Ring: Shadow of the Erdtree. “Dijual” dengan genre soulslike tapi sebenarnya game ini agak berbeda jika dikatakan sebagai game soulslike dan nanti akan kita bahas lebih lanjut untuk lebih jelasnya.

Walau ekspektasi yang tidak begitu tinggi, tapi Black Myth: Wukong membuktikan bahwa saya salah dan saya sangat senang dibuktikan salah oleh Game Science. Black Myth: Wukong berhasil membawa pengalaman baru sebagai video game kepada gamers dan ini adalah salah satu hal terbaik di industri video games dalam beberapa tahun belakang ini.

: Mungkin banyak gamers di Indonesia yang sudah familiar dengan Sun Wukong, terlebih para kelahiran 90an yang tumbuh besar nonton serial Journey to the West di saluran TV lokal. Jadi setidaknya, kalian akan paham mungkin 20% lore game ini, ya 20% karena game ini sangat luas dan Black Myth: Wukong memanfaatkan medium video game sebagai pengantar cerita dengan solid.

Review Black Myth: Wukong menggunakan PC dengan spesifikasi dibawah ini. Dengan ROG Strix GeForce RTX; 4080 SUPER 16GB GDDR6X OC Edition, berhasil raih FPS stabil diatas 120 dengan settingan grafis CINEMATIC. Tapi dipertengahan review saya ganti ke settingan HIGH karena lebih prefer 144 FPS stabil.

Processor 12th Gen Intel® Core™ i9-12900K
Motherboard ASUS ROG Z690-E Gaming WiFi
RAM Corsair Dominator 2x16 32GB DDR5
GPU ROG Strix GeForce RTX™ 4080 SUPER 16GB GDDR6X OC Edition
Storage WD Black SN750 1TB
PSU 16GB DDR5-5200 Dual channel
CPU Cooler 512GB PCIe® 4.0 NVMe™ M.2 SSD
Case MasterBox TD500 Mesh V2 Chun-Li
Keyboard Cooler Master CK570 SF6 Chun-Li
Mouse Cooler Master MM712 Matte White
Headset Cooler Master CH331 Chun-Li Gaming Headset
Monitor Cooler Master GM27-FFS 27" 165hz


Main Spec ROG Strix GeForce RTX™ 4080 SUPER 16GB GDDR6X OC Edition
Graphic Engine NVIDIA® GeForce RTX™ 4080 SUPER
Bus Standard PCI Express 4.0
OpenGL OpenGL®4.6
Video Memory 16GB GDDR6X
Engine Clock OC mode : 2670 MHz, Default mode : 2640 MHz (boost)
CUDA Core 10240
Memory Speed 23 Gbps
Memory Interface 256-bit
Resolution Cooler Master MM712 Matte White
Headset Digital Max Resolution 7680 x 4320
Interface 2 (Native HDMI 2.1a), 3 (Native DisplayPort 1.4a), HDCP Support (2.3)
Interface 2 (Native HDMI 2.1a), 3 (Native DisplayPort 1.4a), HDCP Support (2.3)
Maximum Display Support 4
Software ASUS GPU Tweak III & GeForce Game Ready Driver & Studio Driver
Dimensions 357.6 x 149.3 x 70.1mm
Power Connectors 1 x 16-pin


Black Myth Wukong, Memiliki Hal Yang Lain Dari Soulslike

Source: Dok. KotakGame


Tidak sedikit yang mengatakan bahwa Black Myth: Wukong adalah game soulslike yang mana secara teknis mungkin tidak salah berkat boss battle yang “Wah!” dan combat yang seru. Tapi bukan 100% soulslike karena Black Myth: Wukong punya identitas yang orisinil.

Mungkin Black Myth: Wukong lebih cocok dikatakan sebagai Nioh-like yang fokus kepada fluid combat, dodge, perfect frame dodge/parry, dan juga multi stance. Belum lagi menghitung summon, tranformasi, dan lainnya yang mana ketika dua jam pertama saya memainkan game ini, sangat terasa bahwa game ini terinspirasi besar kepada Nioh dan Wo Long yang mana bukan hal buruk.

Battle yang fluid dan punya tempo cepat dimana kalian harus memasukkan hit kalian sebagai kombo tanpa berlebihan dan whiff jadi hal yang sulit disini. Banyak musuh dan boss punya moveset yang relatif mengejutkan dan seringkali membuat saya kaget. Tapi di lain tangan, tidak banyak moveset yang mungkin bisa dikatakan “kurang ajar,” ya mungkin ada beberapa musuh gimik tapi bukan masalah besar.

Baca ini juga :

» Review - Astro Bot
» Review - Visions of Mana
» Review AFK Journey
Omong-omong mengenai multi stance, Black Myth: Wukong juga berhasil membuat beragam stance yang asik dan seru, juga berguna di beragam situasi. Ada tiga stance yang bisa kalian manfaatkan disini yaitu Smash, Pillar, dan Thrust.

Beragam stance ini sangat berguna dalam combat dan beberapa situasi memaksa kalian harus pintar untuk stance-switching dengan cepat. Tiga stance ini hanya sebagian kecil dari combat yang fluid dan belum menghitung faktor lain yang membuat combat Black Myth: Wukong makin seru.

TAGS

KRU KOTGA BISA BACA PIKIRANMU! Kamu pasti akan suka dengan artikel ini :
Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview