space
PRODUSER FINAL FANTASY 16 MINTA AGAR FANS GA BIKIN MOD NAKAL DAN TIDAK PANTAS!
PS5
2 Hari yang lalu

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Produser dari Final Fantasy 16, Naoki Yoshida, baru-baru ini mengimbau para penggemar agar tidak membuat mod yang menyinggung atau tidak pantas jelang perilisan versi PC dari game ini pada 17 September. Dalam sebuah wawancara dengan PC Gamer, Yoshida menolak berkomentar mengenai jenis mod spesifik yang diharapkan muncul di game tersebut. Namun, ia sangat menekankan apa yang tidak ingin dilihatnya.

Yoshida menyatakan, "Jika saya mengatakan, akan lebih baik jika seseorang membuat mod tertentu, hal itu mungkin akan dianggap sebagai permintaan, jadi saya tidak akan memberikan spesifikasinya. Satu hal yang ingin saya tekankan adalah kami sangat tidak ingin melihat mod yang menyinggung atau tidak pantas, jadi tolong hindari membuat atau memasang mod seperti itu."

Mod dalam game memungkinkan pemain untuk menambahkan konten khusus yang sering kali mengubah gameplay secara signifikan. Misalnya, beberapa mod populer mencakup kemampuan untuk bermain Elden Ring secara lancar bersama teman, atau menambahkan ekspansi besar dalam game seperti Fallout 4. Di sisi lain, mod juga bisa menghasilkan konten yang, seperti dikhawatirkan Yoshida, bisa dianggap ofensif atau tidak pantas.

Contoh lain dari kekhawatiran ini datang dari Capcom, yang pada November 2023 menyatakan bahwa "sejumlah mod yang menyinggung ketertiban umum dan moral" telah menyebabkan kerusakan pada properti intelektual mereka. Hal ini menunjukkan bagaimana modifikasi game, meskipun bermanfaat, juga dapat berpotensi menimbulkan masalah jika tidak dikendalikan.

Kabar mengenai Final Fantasy 16 di PC cukup berliku. Setelah trailer pengungkapan awal secara eksplisit menyatakan bahwa game ini akan tersedia di PC, Square Enix tiba-tiba membatalkan klaim tersebut. Pada November 2022, iklan untuk pengontrol PS5 DualSense menegaskan bahwa game ini hanya eksklusif untuk PS5 selama enam bulan, menimbulkan pertanyaan tentang versi PC.

Yoshida sempat menyangkal adanya rencana untuk merilis versi PC, bahkan berujar, "Mengapa kita harus merilis versi PC enam bulan kemudian? Belilah PS5 saja." Namun, pada Februari 2023, Yoshida akhirnya mengakui bahwa Final Fantasy 16 memang eksklusif sementara untuk PS5 selama enam bulan, tetapi versi PC tidak akan dirilis dalam waktu dekat karena tim pengembang baru bisa mulai mengerjakannya setelah perilisan PS5.

Baca ini juga :
» Nyobain Kendaraan “TukTuk” Asal Thailand, iShowSpeed Langsung Nabrak Kuil Suci!
» Waifu Kuda Kesayangan Sekarang Gak Cuma Balap Lari! Preview Umamusume: Pretty Derby - Party Dash
» [TGS 2024] Square Enix Mengumumkan Tokyo Game Show 2024 Special Website
» Interview Visions of Mana - Oyamada Masaru Berikan Pilihan Game Mana Series Untuk Pemula
» Review- Visions of Mana
» Buka Store Virtual di Roblox, IKEA Cari Karyawan dengan Gaji 274 Ribu Rupiah per Jam!
» Ciptakan Rekor Baru! Channel YouTube Cristiano Ronaldo Raih 1 Juta Subscriber dalam 90 Menit!
» Surprise Drop, Square Enix Umumkan Final Fantasy XVI Rilis Ke PC Tahun Ini

Setelah serangkaian penundaan dan spekulasi, Final Fantasy 16 akhirnya dikonfirmasi untuk PC pada Agustus 2024 dengan tanggal rilis resmi 17 September. Pengumuman ini muncul setelah game tersebut gagal memenuhi ekspektasi Square Enix, bersama dengan judul eksklusif PlayStation lainnya seperti Foamstars dan Final Fantasy 7 Rebirth, yang mendorong Square Enix untuk beralih ke strategi multiplatform yang lebih agresif di masa depan.

Yoshida juga menegaskan pada bulan Agustus bahwa Square Enix akan lebih fokus pada platform Xbox, sejalan dengan perubahan strategi mereka. Sutradara Final Fantasy 16, Hiroshi Takai, juga menambahkan bahwa game-game Final Fantasy di masa depan kemungkinan besar akan dirilis di PC pada saat peluncurannya.



Selain berita utama di atas, KotakGame juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

BACA JUGA BERITA INI
close