space
PREVIEW - SYNDUALITY ECHO OF ADA
xboxone
2 Hari yang lalu

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!
Mungkin bagi beberapa orang, Synduality bukanlah nama yang asing. Sebuah multi mixed-media project dari Bandai ini sudah memiliki anime bernama Synduality: Noir yang rilis pada 2023.

Selain anime juga ada manga Synduality: Ellie yang rilis pada tahun 2023 juga. Tapi kali ini kita akan membahas video game yang juga berada di universe Synduality dan rasanya akan sangat seru sekali.

SYNDUALITY Echo of Ada merupakan video game yang identitasnya agak menarik nih. Game garapan Bandai Namco ini menggabungkan mecha game seperti Armored Core, dengan essence MMORPG yang berfokus kepada gathering dan mission.

Kebebasan di open world juga terasa sangat positif dimana kalian bisa keluar ke world yang tersedia dan secara teknis, bebas melakukan apapun mulai dari gathering, hunting, sampai PvP. Tapi bukannya bebas dalam artian secara harfiah bebas karena ada limit dalam hal ini yang mana akan kita bahas nanti.

Character Creation Untuk Magus Kalian

Source: CNT


Dalam Synduality kalian bisa membuat karakter kalian sendiri, ya walaupun tidak secara langsung. Kalian akan bermain sebagai Drifters, pilot dari Cradle Coffins atau mech kalian. Tapi disini karakter yang kalian buat sebenarnya adalah Magus kalian, AI yang akan menemani Drifters sepanjang game.

Baca ini juga :
» [TGS 2024] Bandai Namco Umumkan Line Up serta Jadwal di Tokyo Game Show 2024!
» Bandai Namco Rilis Ace Combat 7: Skies Unknown di Nintendo Switch!
» Banyak Gamers Ngeluh, FromSoftware Berikan Update Terbaru Elden Ring Dan Mudahkan Bagian Awal DLC
» The Real Soulslike - ELDEN RING™ Shadow of the Erdtree Siap Bikin Kapok Tanpa Ampun
» Interview Producer Dragon Ball: Sparking! Zero - Alasan Kembalinya Seri Legendaris Setelah 15 Tahun
» Dragon Ball: Sparking! Zero Hands-on Preview - Penantian 17 Tahun Terbayar Tuntas!
» Elden Ring: Shadow of the Erdtree Hands-on Preview - 4 Jam Terbantai Dengan Gaya
» Berpetualang di Dunia Padang Pasir Karya Akira Toriyama - Review Sand Land
Rasanya ini pilihan yang tepat dari SYNDUALITY Echo of Ada karena character creation yang fokus kepada Magus membuat karakter kita, seorang drifters, sebagai kanvas yang kosong. Beberapa gamers yang condong suka kepada aspek role-play dalam video game mungkin akan suka hal ini.

Character creation yang disediakan SYNDUALITY Echo of Ada tidak sangat mendalam, tapi cukup untuk membuat karakter yang kalian inginkan. Ya, walau memang diharapkan ada lebih banyak opsi dalam membuat Magus kalian, tapi bukan masalah besar.

Gameplay Loop Yang Simple, Tapi Punya Potensi

Source: CNT


Gameplay dari SYNDUALITY Echo of Ada sebenarnya simple. Kalian ambil misi, terjun ke world, nambang dan gathering, lalu pulang. Memang kurang lebih mirip dengan game-game dungeon-based progression MMO, tapi SYNDUALITY punya sesuatu yang lebih dalam dari itu.

Walau secara kasar simple, SYNDUALITY punya kejutan di world yang ada didalam. Kalian tidak akan sendiri karena akan ada banyak pemain dan NPC lawan yang keliling disini. Aspek sosial juga setidaknya terangkat disini berkat beberapa pemain yang muncul.

Dari CNT juga pengalaman bermain cukup seru. Beberapa kali saya bertemu dengan pemain-pemain lain dan akhirnya menyelesaikan misi bersama. Walau memang tidak menutup kemungkinan adanya pemain yang melakukan PK (player kill) dan memang bisa di SYNDUALITY.

Coffin Cradle Dan Modifikasinya, Agak Kurang Sayangnya

Source: CNT


Agak disayangkan memang untuk Coffin kalian, tidak begitu banyak modifikasi yang dilakukan. Memang ada pilihan untuk bagian tangan, kaki, dan tubuh juga beberapa senjata. Tapi di luar itu tidak begitu ada modifkasi lebih lanjutnya lagi untuk Coffin.

Bahkan beberapa mod juga menjadi barrier dalam pengembangan mech kalian. Misalnya beberapa tangan ada yang melarang kalian untuk pilihan senjata dimana hanya senjata energi yang bisa dibawa, tidak bisa digunakan untuk senjata balistik.

Diharapkan sih untuk perilisan resminya nanti, untuk modifikasi Coffin bisa lebih lanjut lagi dan punya banyak variasi yang lebih oke. Potensinya cukup tinggi dan sangat disayangkan jika dilewatkan.

Outside World Yang Berbahaya, Harus Hati-Hati!

Source: CNT


Dunia yang ditawarkan SYNDUALITY memang terlihat indah dan vibrant, tapi bukan berarti aman-aman saja dan ini yang saya suka. Banyak sekali ancaman yang mengintai mulai dari Enders, Bandits, sampai pemain lain.

Bukan berarti sulit, tapi setidaknya ada perlawanan dari game sendiri yang mana membuat MMORPG ini tidak selalu santai terus. Terkadang ini jadi kritik di MMO lain dimana terlalu santai gamenya, di SYNDUALITY setidaknya lebih seimbang dan memang tergantung playstyle kalian lagi.

Overall pengalaman CNT bermain SYNDUALITY Echo of Ada ini terasa oke. Walau memang ada beberapa hal yang harus diimprove mulai dari koneksi dan performa, tapi wajar karena ini tujuan utama CNT.

SYNDUALITY Echo of Ada jadi salah satu game yang wajib dipantau terus kedepannya dan rasanya punya sesuatu yang dicari oleh banyak gamers. Potensi yang besar ini memungkinkan gamers bisa kecanduan main dengan gameplay loop-nya.

TAGS

BACA JUGA BERITA INI
close