space
PENGEN CEPET-CEPET TAHUN BARU, ITU DIA KALIMAT YANG SELALU DIUCAPKAN SAAT MAIN OBTMONSTER HUNTER WILDS
xboxone
Kamis, 31 Oct 2024

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Capcom akhirnya izinkan kita untuk mencoba Open Beta Test dari Monster Hunter Wilds yang akan dirilis pada tanggal 28 Februari 2024. Open Beta Test ini akan berlangsung mulai tanggal 28 Oktober 2024 untuk PlayStation 5 bagi yang berlangganan PS Plus, sementara itu platform Xbox Series dan PC menyusul pada tanggal 1 November 2024 dan akan berakhir secara serentak pada tanggal 4 November 2024.

Sebagai salah satu penggemar Monster Hunter, saya cukup excited untuk mencoba game ini karena Capcom berhasil membangun hype melalui beberapa showcase yang ditampilkan sebelumnya. Apalagi IP Monster Hunter memang dikenal sebagai game yang positif dan selalu membawa gameplay seru sebagai game Multiplayer RPG.

Kali ini saya berkesempatan melakukan preview untuk Open Beta Test Monster Hunter Wilds di console PlayStation 5. Jadi tanpa berlama-lama langsung saja kita masuk ke previewnya.

Character Creations


Source: Sesi Review Kotakgame

Seperti biasa, kita akan disuguhkan dengan character creation seperti game-game Monster Hunter sebelumnya. Kali ini Capcom menawarkan kustomisasi karakter yang cukup detail dengan dihadirkan beberapa penambahan seperti animasi untuk berjalan, penambahan kosmetik, preset hairstyle dan lain sebagainya. Capcom benar benar memberikan kita kebebasan dalam membuat karakter. Tak ketinggalan, Palico si Kucing lucu yang akan menemani kita selama perburuan juga dapat dikustomisasi sesuai referensi kalian.

Selain itu, perubahan yang sangat terlihat di sini adalah peningkatan model character yang lebih better dari seri Monster Hunter sebelumnya. Saya melihat bahwa model character yang dihadirkan pada Monster Hunter Wilds lebih detail dan realistis dengan diterapkannya kualitas character yang seperti real face dan penambahan physic pada rambut membuat character pada game ini dibuat lebih hidup.

Untuk Character Creationnya sendiri sebenarnya tidak banyak yang perlu dibahas, karena Capcom sudah sangat baik memberikan kustomisasi character dengan sangat baik tanpa hal yang berlebihan dan tetap pada porsinya. Saya bisa katakan, mungkin kalian dapat menghabiskan waktu berjam-jam untuk membuat karakter sesuai yang kalian inginkan.

Visual


Source: Sesi Review Kotakgame

Setelah kalian selesai membuat character, tampilan akan masuk ke dalam cutscene dengan transisi seamless dan smooth tampa adanya loading. Hal ini juga mengindikasikan bahwa Capcom akan membawa pengalaman bermain yang lebih smooth dan cinematic dengan tidak adanya loading berlebih di game ini.

Setelah masuk cutscene, kita mulai disuguhkan dengan visual di game ini yang benar-benar sangat menggugah selera. Lagi-lagi Capcom berhasil menciptakan kualitas grafis yang indah dengan RE Engine yang masih jadi andalan. Permainan shadow, lightning dan visual effect yang disajikan pada Monster Hunter Wilds sangat indah, apalagi game ini akan bersetting dunia terbuka, yang dapat kita nikmati pemandangannya. Apalagi saat kalian memasuki based camp, setiap environment keramaian sangat menggambarkan adanya kehidupan. Tak hanya itu, salah satu hal yang juga mengejutkan adalah character kita yang kini bisa berbicara. Hal ini semakin membuat Monster Hunter Wilds lebih cinematic lagi.

Dengan adanya peningkatan visual pada game ini tentu saja membuat saya tak sabar untuk memainkan full gamenya pada tanggal 28 Februari tahun depan. Kita mungkin tidak perlu munafik, bahwa sisi visual adalah hal yang paling pertama kita perhatikan sebagai bagian dari first impression, dan saya rasa Capcom sudah sangat berhasil membangun impresi awal melalui Open Beta Test dari Monster Hunter Wilds.

Mekanik


Source: Sesi Review Kotakgame

Salah satu elemen paling penting untuk setiap game RPG, khususnya Monster Hunter yaitu Mekanik. Melalui beberapa showcase sebelumnya, Capcom memang sudah mengumumkan bahwa akan ada fitur baru bernama focus yang akan diterapkan pada game ini untuk melihat titik kelemahan musuh, dan fitur tersebut benar-benar berguna saat combat di game ini. Fitur Focus ibarat seperti mekanik baru yang berguna dalam setiap combat di game ini, karena kita direkomendasikan untuk mencari titik kelemahan dari setiap monster untuk memudahkan kalian dalam berburu monster.

Tak ketinggalan juga hadirnya Palico sebagai support dan The Seikret sebagai mount di game ini, juga sangat membantu kita selama pertarungan berlangsung. Untuk Seikret sendiri, ia adalah tunggangan baru yang akan menemani kita untuk mengeksplorasi setiap dunia di game ini. Untuk traversalnya sendiri sepertinya juga tidak banyak yang berubah, paling yang membedakan adalah kita dapat melakukan gliding dengan menunggangi The Seikret.

Hadirnya moveset dan combo pada beberapa senjata juga menjadi penambahan baru pada Monster Hunter Wilds. Di versi Open Beta Test kali ini kita akan kembali disuguhkan dengan total 14 senjata yang bisa kita coba, saya harap ada varian senjata baru pada OBT kali ini, tapi tanda-tanda tersebut tidak terlihat di sini. Walaupun begitu saya tetap tidak masalah karena 14 senjata sudah merupakan variasi yang cukup banyak bagi saya pribadi.

Gamplay


Source: Sesi Review Kotakgame

Ini dia hal yang paling menarik dai game Monster Hunter, yaitu gameplay. Lagi-lagi bisa saya katakan bahwa Capcom sangat berhasil dalam membawa gameplay action dan hack n’ slash dengan sangat apik, kita juga diharuskan bermain menggunakan strategi dengan memanfaatkan environment dan item yang telah disajikan pada game ini. Saat pertama kali bermain, kalian akan mendapat Quest Hunt Tutorial dimana Monster pembuka yang akan kita hadapi adalah Chatacabra. Namun tidak hanya Chatacabra saja yang hadir di serie Open Beta Test kali ini, Capcom juga memberikan beberapa Large Monster lain yang bisa kalian jumpai di map seperti Dashaguma, Ryu Dau, Balahara dan beberapa small monster.

Seperti game Monster Hunter sebelumnya, Capcom benar-benar membuat saya betah memainkannya hingga berjam-jam lamanya. Feel keseruan yang saya rasakan saat bermain Monster Hunter Rise maupun Monster Hunter World, kembali saya rasakan pada game ini sebagai sebuah Monster Hunter yang lahir dengan lebih fresh. Mungkin terlalu berlebihan jika saya menyebutkan bahwa game ini sangat direkomendasikan mengingat Monster Hunter Wilds masih dalam tahap Open Beta Test, akan tetapi justru itu yang saya rasakan bahkan sebelum rilis full gamenya.

Multiplayer Online


Source: Sesi Review Kotakgame

Untuk content multiplayer onlinenya bisa dibilang ramai pemain, jadi kalian ga perlu lama-lama nunggu di lobby untuk mencari match. Pengalaman saat bermain online pastinya lebih seru lagi, apalagi jika nanti rilis di PC dan Xbox Series, karena Monster Hunter Wilds sudah dipastikan akan memiliki fitur cross-play antar platform. Online Multiplayer untuk Monster Hunter tentu sangat direkomendasikan, karena kalian akan merasakan keseruan dan mengatur strategi bareng hunter yang lain untuk melumpuhkan monster-monster tertentu.

Kesimpulan

Selama saya memainkan Open Beta Test dari Monster Hunter Wilds, tentu saja rasa tidak sabar selalu menyelimuti setiap kali selesai mengalahkan monster. Bumbu keseruan yang ditawarkan Monster Hunter Wilds membangunkan gairah saya untuk mengatakan bahwa game ini akan menjadi yang terbaik. Visual yang memukau juga tak luput dari pujian, karena Capcom berhasil menyuguhkan peningkatan grafis dan animasinya melalui RE Engine yang dianggap banyak orang sebagai engine terbaik saat ini.

Karena ini masih dalam tahap Open Beta Test, rasanya cukup tidak etis jika kita membicarakan kekurangan dari game ini, tapi jika boleh saya katakan, varian untuk Prioritize Frame Rate pada game ini sangat blurr di console PS 5. Mungkin masalah ini bisa diperbaiki sedikit oleh Capcom. Tapi menurt saya pribadi, dengan memainkan Monster Hunter Wilds di Prioritize Resolution sudah cukup untuk memberikan pengalaman bermain yang baik.

Baca ini juga :

» Semoga Bisa Tepati Janji, Capcom Akan Atasi Masalah Teknis Untuk MH Wilds Versi PC Di Hari Perilisannya
» Beta rasa Full Game, Monster Hunter Wilds Tembus 400 Ribu Pemain Di Sesi Open Beta Test
» Laba-Laba Disulap Jadi Slime, Monster Hunter Wilds Hadirkan Fitur Baru arachnophobia
» Capcom Umumkan DualSense Eksklusif Dan Open Beta Test Untuk Game Monster Hunter Wilds
» Monster Hunter Wilds Dipastikan Oleh Capcom Tidak Meluncur Ke Platform Portable

TAGS

BACA JUGA BERITA INI
close