space
PEMERINTAH JEPANG DISKUSIKAN KEMUNGKINAN PELANGGARAN HAK CIPTA ATAS COSPLAY YANG DIKOMERSIALKAN!
Pop
Senin, 25 Jan 2021

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!
Cosplay adalah salah satu cara penggemar untuk mengapresiasikan kegemerannya terhadap salah satu karakter anime favoritnya. Biasanya mereka berpakaian atau mengenakan kostum yang sama dengan karakter yang mereka faovritkan tersebut. Namun sepertinya banyak dari cosplay ini melanggar hukum hak cipta dalam hal menghasilkan uang jika menurut aturan yang sedang diatur oleh pemerintahan Jepang.

Perdebatan ini sedang terjadi dan berlangsung di Jepang, dan menurut situs berita online Nikkan Sports mengatakan jika pemerintah Jepang sedang membuat undang-undang untuk mengurangi ambiguitas dalam undang-undang hak cipta. Tentunya dengan catatan cosplay yang tidak mengandung unsur komersial seperti koleksi pribadi dan postingan sosial media tidak akan terkena pelanggaran ini.

Baca ini juga :
» Bukan Sembarangan, Helm Karakter Utama di Anime Motor 'Super Cub' Mencapai 4 Juta Rupiah!
» Tayangkan Episode Kedua, Anime 'Tokyo Ravengers' Kembali Trending di YouTube Indonesia!
» Anime Epik Selanjutnya dari Mappa? Chainsaw Man Akan Dapatkan Trailer Perdananya di Juni 2021!
» Seorang Penggemar Kepoin Spare Part Motor Modifikasi Reiko dari Anime Super Cub dengan Total 15 Juta
» Pahlawan Botak Saitama Kembali Dapatkan Adaptasi Game Mobile Genre Action RPG, One Punch Man: World!
» Gak Puas dengan Endingnya, Penggemar Attack on Titan Ajukan Petisi Ganti Ending ke Hajime Isayama!
» Episode Perdana Anime 'Tokyo Ravengers' Sukses Masuk Trending di YouTube Indonesia!
» Mangaka Rental Kanojo dan Tokyo Ghoul Berikan Fanart Ucapan Selamat untuk Mangaka Attack on Titan!
Namun untuk cosplayer yang mengkomersilkan karya cosplaynya kemungkinan akan dikenai tanggung jawab atas pelanggaran tersebut. Pemerintah Jepang mengajak salah satu cosplayer paling populer di Jepang seperti Enako terkait hal ini. Tentunya hal ini tak lain dan tak bukan karena Enako merupakan salah satu cosplayer dengan pendapatan tertinggi serta merupakan ambassador dari Cool Japan.

Enako mengungkapkan ada banyak kesalahpahaman mengenai informasi tentang hak cipta cosplay yang mana dirinya dan Menteri Inoue sedang berdiskusi untuk melindungi hak cipta tanpa menganggu budaya cosplay saat ini. Iapun menambahkan jika tidak ada larangan tentang mengunggah foto cosplay di media sosial seperti yang diberitakan.

Sebagai catatan, Enako juga mengaitkan sebuah artikel dengan mengatakan "Cosplay yang bukan untuk mencari keuntungan tidak akan melanggar hak cipta, tetapi mengirimkan foto ke situs yang berbasis membership (SNS) seperti Instagram dan yang lainnya, atau menerima remunerasi (upah) di sebuah event terhitung dapat melanggar hak cipta."

Namun tentunya cukup aneh jika mengatakan jika Instagram memiliki sistem membership karena seperti yang kita tahu Instagram bukanlah situs yang seperti itu.

Sumber: Soranews24

Sumber Top Images: Twitter Enako

TAGS

BACA JUGA BERITA INI
close