space
SUIKODEN TIERKREIS
NDS
Selasa, 31 Mar 2009
Sampai sekarang, harus kita akui bahwa Nintendo DS sedang dimasa panas-panasnya. Semuanya itu dapat dilihat dari banyaknya game baru yang keluar untuk DS itu sendiri. Mulai dari Chrono Trigger, Grand Theft Auto Chinatown Wars dan Pokemon Platinum. Sekarang, giliran Konami yang mencoba untuk memanjakan semua pemilik konsol handheld DS dengan salah satu game RPG andalannya selama ini.

Seperti yang sudah kami tulis di preview kami, Suikoden mulai terkenal semenjak debutnya di konsol PSX. Setelah itupun, Konami terus-menerus menelurkan serial Suikoden ke konsol andalan Sony ini dengan Suikoden II di PSX, Suikoden III, Suikoden IV dan Suikoden V di PlayStation 2. Masih banyak lagi beberapa game spin-off yang dikeluarkan seperti Suikoden Tactics, Suikoden Card Stories dan Genso Suikogaiden Vol 1 dan 2. Sekarang giliran DS yang menerima sumbangan game dari Konami dengan judul Suikoden Tierkreis.

Saat kamu memainkan game ini, kamu akan menyadari banyaknya perubahan yang cukup besar dan akan berbeda dari seri orisinilnya. Tapi walau begitu, game ini tetap adalah sebuah game RPG DS yang bagus sekali. Kamu akan kembali mendapatkan 108 karakter yang dapat kamu dapatkan melalui misi-misi tertentu. Perlu diingat juga, kamu akan mendapatkan visual yang dapat kamu temukan dalam film animasi sekarang ini.

Bisa dikatakan game Suikoden untuk DS ini merupakan salah satu game RPG dengan cerita terdalam yang pernah ada dalam konsol handheld ini. Visual yang diberikan sangat memukau, lengkap dengan karakter 3D dan latar belakang 2D. Salah satu perubahan yang akan kamu temukan disini adalah saat kamu menjelajahi sebuah kota. Apabila biasanya kamu harus menjelajahi kota untuk mencari sesuatu atau seseorang, maka dalam Tierkreis, sistem tersebut dirubah menjadi sistem menu. Secara keseluruhan, game ini diperkirakan membutuhkan sekitar 30 jam untuk menamatkannya.

Sedangkan untuk jalan ceritanya, kami yakin kotakers pasti langsung bisa menangkap inti utama game ini. Inti utama game ini, pada umumnya hanyalah kebaikan melawan kejahatan. Orang jahat yang melakukan tindak kejahatan disebut sebagai orang jahat, karakter utama yang kamu kendalikan sering sekali mengatakan sesuatu sebagai tidak benar atau seharusnya tidak boleh dilakukan.

Musik yang diberikan disini cukup bagus, pengisian suara sangat bagus dan ditambah lagi game ini sendiri juga cukup mendalam. Kamu tidak akan menemukan sistem rune dan duel, tapi kamu akan tetap memiliki 108 karakter utama, lengkap dengan serangan tim dan bantuan dari karakter pendukung. Sebagai pengganti rune, kamu akan menggunakan sistem Mark of the Stars yang akan menggunakan MP (magic points).

Selain itu, kamu juga akan kembali menemukan sistem pertukaran. Kamu akan pergi ke seluruh dunia, membeli barang kemudian menjual barang-barang tersebut dengan harga tinggi untuk negara yang memang sedang membutuhkannya. Perlengkapan senjata disini juga lebih simple. Kamu tidak akan menemukan sistem untuk upgrade atau penggabungan senjata.

BACA JUGA BERITA INI