space
[DIARY KRU KOTGA] SEBAGAI GAMER PC, JAJARAN APLIKASI INI WAJIB DI INSTALL
-
Rabu, 10 Jan 2018
Ketika diminta untuk memilih perangkat apa yang paling diinginkan untuk bermain game kekinian, pasti kebanyakan gamer lebih memilih PC daripada konsol. Walaupun memang, beberapa orang juga tetap setia menggunakan konsol hingga saat ini. Tetapi tidak bisa dipungkiri lagi memang para pemuja PC gaming yang disebut dengan PC master race tengah menjamur.

Software atau aplikasi untuk melakukan proses kerja atau bermain game memang sangat dibutuhkan untuk suatu PC atau laptop dan saat ini sudah berjuta lebih aplikasi yang dibuat oleh banyak developer dan memiliki fungsi khusus dan dari banyaknya aplikasi tersebut ada yang berbayar dan ada juga yang gratis.

Baru selesai rakit PC atau baru beli laptop gaming? Terlepas dari berbagai macam driver untuk hardware, bingung mau install aplikasi apa aja buat menunjang keseharian gaming kalian? Dengan banyaknya aplikasi, akan sangat sulit bagi kalian untuk menentukan aplikasi yang terbaik dan yang terburuk. Nah, pada artikel kali ini kru KotGa akan memberi saran, aplikasi apa aja yang wajib diinstall buat para kalian gamer PC. Yuk simak artikelnya!

Baca ini juga :
» ASUS TUF Gaming AX3000
» Zona Nyaman! Rekomendasi Rakit PC Paling PAS MANTAB Cuma 7 Jutaan Untuk Gaming Kekinian
» Rekomendasi Rakit PC Gaming Budget Paling Irit Mulai 3 Jutaaan!
» Bisa Main Game Apapun! Inilah Rekomendasi Rakit PC High-End Sampe 10 Jutaan
» Masih Pelajar? Ini Tips Rakit PC Gaming 4 Jutaan Buat Game Kekinian & Mengerjakan Tugas!
» PC Kentang Merapat! Ini Tips Untuk Meningkatkan Performa PC Kamu
» Rekomendasi 10 Game dengan Grafis Fantastis yang Bisa Dimainin di PC Kentang
» Auto Khilaf! Ini Game Terbaik Gak Pake Mahal Pada Steam Winter Sale 2019
1. Mozilla Firefox
Browser merupakan kebutuhan utama yang harus kalian miliki di PC atau laptop kalian karena proses untuk melakukan interaksi di komunitas gaming serta mencari informasi terbaru soal game membutuhkan web browser. Mozilla telah merilis Firefox Quantum yang diklaim 2x lebih cepat dan hemat RAM.

2. Winrar
Winrar adalah program aplikasi khusus yang digunakan untuk membuka suatu kumpulan folder atau aplikasi dan berfungsi untuk menyimpan aplikasi dan game kalian kedalam winrar itu sendiri agar terlihat lebih rapi dan terkompresi.

3. IDM
Para penggemar download pasti tau software satu ini, yaitu sebuah software untuk mempercepat download yang sangat populer. Ketika fitur download pada web browser kurang mumpuni, aplikasi ini sangat berguna bagi kamu yang ingin mengunduh aplikasi ataupun film.

4. Media Player Classic
Walaupun secara default Windows sudah menyediakan media players untuk memutar video, namun fitur yang diberikan sangat sedikit. Media Player Classic sangat cocok untuk para PC gamers, selain memiliki ukuran yang kecil, aplikasi ini mempunyai segudang fitur dan mendukung berbagai format video untuk menunjang kalian menonton film atau menyaksikan tutorial bermain suatu game.

5. MSI Afterburner
Kru KotGa pribadi menyarankan aplikasi yang satu ini sangat wajib diinstal buat para PC gamers. MSI Afterburner adalah sebuah aplikasi gratis yang dibuat oleh MSI untuk melakukan overclocking pada VGA apapun, serta aplikasi tersebut juga dapat digunakan untuk melihat kondisi PC kalian saat bermain game, sehingga kalian dapat melihat bagaimana suhu, performa, FPS, penggunaan RAM dan lainnya. Jadi, kamu sudah tidak perlu khawatir jika terjadi overheat pada komponen PC.

6. Gifcam
Pasti kalian sudah sangat kenal dengan file gif. Gif adalah format gambar beranimasi yang sering kalian jumpai ketika mengunjungi berbagai website. Gifcam ini merupakan aplikasi yang wajib kamu instal bagi kamu yang menyukai gambar beranimasi. Cara pemakaian aplikasi ini juga sangat mudah dan bahkan orang awam juga bisa dengan mudah menggunakannya.

7. Discord
Discord adalah aplikasi untuk voice dan text chat. Menariknya aplikasi ini gratis untuk digunakan. Discord memungkinkan membuat server sendiri untuk voice chat, aplikasi ini banyak digunakan untuk berbicara dengan teman-teman. Aplikasi Discord ini cocok untuk kalian yang sering bermain game, dengan adanya aplikasi Discord kalian bisa lebih seru dengan teman-teman kamu yang bermain game. Bahkan sekarang, kebanyakan dari setiap game yang populer sudah memiliki server Discord nya masing-masing, tak terkecuali di Indonesia.

8. Steam
Steam dibuat oleh Valve dan pertama kali diluncurkan pada 12 September 2013. Steam adalah salah satu platform terbesar bagi para PC gamers. Bagi kalian yang gemar mengoleksi game original, di steam sering diadakan diskon, baik dari developer indie sampai dengan developer besar sekalipun yang biasanya 10 persen hingga 90 persen tergantung game nya. Selain itu, pada steam sudah banyak komunitas yang terbangun, tentu kamu lebih mudah mendapatkan teman bermain game lebih banyak disini.

9. OBS
Yap, zaman sekarang sepertinya kurang kalau cuma main game aja tanpa sharing kepada teman-teman dan komunitas. Sudah banyak gamer yang melakukan live-streaming, terutama di sosial media. Software yang cukup banyak digunakan dan direkomendasikan adalah Open Broadcaster Software aka OBS karena bisa didapatkan dengan gratis.

10. Razer Cortex
Razer Cortex akan membantu PC kamu untuk mengoptimalkannya dalam bermain game. Aplikasi dan beberapa service yang tidak perlu dijalankan akan dimatikan sementara untuk menambah "sedikit" kelancaran dalam bermain game. Bagi kamu yang tidak memiliki spesifikasi PC cukup tinggi, tidak ada salahnya untuk menggunakan aplikasi ini. Disisi lain, software ini juga bisa monitoring fps, screenshot, merekam, hingga live-streaming.

Baca ini juga :
» ASUS TUF Gaming AX3000
» Zona Nyaman! Rekomendasi Rakit PC Paling PAS MANTAB Cuma 7 Jutaan Untuk Gaming Kekinian
» Rekomendasi Rakit PC Gaming Budget Paling Irit Mulai 3 Jutaaan!
» Bisa Main Game Apapun! Inilah Rekomendasi Rakit PC High-End Sampe 10 Jutaan
» Masih Pelajar? Ini Tips Rakit PC Gaming 4 Jutaan Buat Game Kekinian & Mengerjakan Tugas!
» PC Kentang Merapat! Ini Tips Untuk Meningkatkan Performa PC Kamu
» Rekomendasi 10 Game dengan Grafis Fantastis yang Bisa Dimainin di PC Kentang
» Auto Khilaf! Ini Game Terbaik Gak Pake Mahal Pada Steam Winter Sale 2019
Nah, itulah beberapa aplikasi yang mesti kamu install dan mungkin cukup krusial jika kamu tidak menggunakannya. Untuk menunjang aktivitas gaming sehari-sehari, tentu saja beberapa aplikasi diatas sangat membantu kamu sebagai gamer PC.

(KotakGame)

BACA JUGA BERITA INI
close