space
BLACK DESERT ONLINE, MMO MENAWAN DAN PENUH POTENSI
PC
Minggu, 21 Jan 2018

Genre MMORPG memang tidak menemui jalan mulus dalam persaingan di pasaran saat ini. Kurangnya fokus jalan cerita dan konsep gameplay yang sangat repetitif adalah dua alasan terbesar kenapa banyak gamer tidak menaruh harapan besar kepada genre ini. Tapi bagi sebagian developer kecil, genre ini adalah kesempatan mereka untuk menciptakan sebuah game yang lebih sederhana namun dapat bertahan lama hingga tahun ke tahun.

Jika ada satu game yang berhasil mencapai tujuan ini, mungkin Black Desert Online adalah salah satu game MMORPG yang paling banyak mendapat sorotan selama beberapa tahun terakhir. Tidak hanya memperlihatkan wujud sebuah game MMORPG paling menawan, tapi game ini juga berusaha untuk memberikan kesempurnaan dari berbagai konsep yang ingin diwujudkannya.

Baca ini juga :
» EA Sports FC 24
» Bisa Minum Lewat Headset hingga Cukuran RGB, Deretan Joke Brand Gaming di April Mop!
» Resesi Is Real? Game-Game Besar ini Harus Tutup di Tahun 2023!
» Tahun 2023 Penuh Game Keren! Ini Dia List Game Yang Dinantikan Rilisnya di Tahun Ini!
» Apakah Favoritmu Menang? Pengumuman Pemenang Penghargaan KotakGame Awards 2022
» Awal Tahun 2023 di Rumah Tapi Bingung Mau Ngapain Aja? Saatnya Mainkan 7 Game Ini!
» Akhir Tahun Banyak Cuan! 7 Game Dengan Diskon Terbesar SEGA Steam Sale 2022!
» 7 Game Terbaik yang Pantas Masuk dalam Kategori Game of the Year 2022!

Setelah resmi memulai tahap beta beberapa waktu lalu, Black Desert Online sudah memperlihatkan banyak kemajuan dari semua aspek tersebut. Tapi apakah game ini berhasil memenuhi ekpektasi banyak gamer kepada genre MMORPG yang sesungguhnya? Berikut ulasan lengkap dari Kru KotGa.


Konsep Sederhana, Namun Dengan Fitur Luar Biasa

Walaupun hadir sebagai game MMORPG yang mengedepankan gameplay dan interaksi antar pemain, Black Desert Online masih dibangun dengan latar belakang cerita untuk membangun konsepnya. Game ini mengambil cerita dari empat negara besar Kelpeon, Serendia, Valenos, dan Media yang dilanda wabah mematikan bernama Black Death. Wabah ini dibawa oleh salah satu pedagang asal Valencia, yang kemudian memicu peperangan selama 30 tahun antara kelima negara tersebut.

Latar belakang ceritanya dibangun dengan sangat dalam dan penuh rahasia, tapi Black Desert Online tidak berusaha untuk memberikan lebih banyak interaksi dengan konsep yang menyimpang dari unsur MMORPG. Tapi jika sudah berbicara soal fitur, maka game ini menawarkan kesempurnaan yang harus diimplementasikan dalam game dari genre manapun, khususnya single player RPG.

Salah satu fitur unggulannya adalah character creation, dimana kamu bisa memilih beberapa class seperti Warrior, Ranger, Sorceress, Berserker, Wizard, dan Witch. Setiap class memiliki gaya bermain yang sangat unik dan berbeda, walaupun sayangnya kamu tidak bisa mengganti gender dari beberapa class spesifik seperti Warrior dan Berserker.

Cuztomization character dalam game ini sangat kompleks dan mencakup semua aspek terkecil sekalipun. Contohnya saja kamu dapat merubah warna rambut dalam tiga bagian kepala, posisi tiap bagian rambut yang terurai, proporsi kulit, proporsi tubuh, efek dari lensa mata, tinggi rendahnya suara, dan masih banyak lagi. Kamu juga dapat memilih horoscope karakter yang sederhananya adalah fitur untuk memilih sifat paling menonjol dari karakter tersebut.

Untuk memaksimalkan fitur character creation, ada tambahan fitur Photo Mode dan Beauty Album yang bisa digunakan untuk menyimpan kreasi karakter paling menawan yang sudah kamu buat. Sebelum memulai permainan, ada lagi tambahan setting yang meliputi pengaturan navigasi utama hingga banyak pilihan room server untuk bergabung.

BACA JUGA BERITA INI
close