space
[DIARY KRU KOTGA] PENTINGKAH EVENT FREE PULL DALAM GAME GACHA?
-
Kamis, 03 May 2018

Menjanjikan kekuatan dan waifu lewat mekanisme yang terdapat pada sistem yang terdapat dalam suatu game, sistem gacha menjadi salah satu cara publisher dan developer mendapatkan pemasukan dari sebuah game yang dirilis secara gratis dengan microtransaction. Dalam sebuah game gratis yang dirilis, sistem Gacha biasanya menawarkan penawaran menarik, seperti 10 kali Gacha untuk mendapatkan karakter secara pasti, dan lainnya.

Dengan mendapatkan pemasukan yang tentunya bisa lebih dari harga game fisik, mekanisme gacha terkadang ditentang oleh para pemain yang mengharapkan gameplay yang mumpuni dalam sebuah game. Namun tentu saja, game 'gratis' membutuhkan profit tambahan untuk tetap hidup. Karena itulah, para developer biasanya mengadakan sebuah event 'Free Pull/Free Gacha' untuk dapat menarik peminat dan pemain-pemain baru.

Baca ini juga :
» [SPECIAL] Tips Menjadi Sniper Handal di PUBG Mobile
» 10 Rekomendasi Game Android Minggu Ini
» [SPECIAL] 5 Hal Paling Nyebelin Ketika Memainkan Dragon Nest M
» Star Ocean: Anamnesis
» 7 Game yang Wajib Dimainkan Oleh Kalangan Wibu
» [Diary Kru KotGa] Bedanya Bermain Solo dan Tim di Mobile Legends
» Knights Chronicle, Butuh Otak
» 5 Alasan Kenapa Main ROS di PC Lebih Seru Dibandingkan Mobile

Biasanya, untuk merayakan momen penting dalam suatu game seperti misal event ulang tahun atau perayaan hari-hari libur di Jepang, para developer game merayakan momen tersebut dengan mengadakan sesi free pull yang memberikan para pemainnya sebuah service berupa sesi gacha gratis tanpa membayar uang sepeser pun, namun tetap mendapatkan penawaran menarik yang ditawarkan seperti biasanya.

Beberapa game seperti Granblue Fantasy, Final Fantasy Brave Exvius dan Love Live! School Idol Festival belakangan ini mengadakan event serupa dalam momen-momen penting seperti event ulang tahun atau event tahun baru. Granblue Fantasy bisa dibilang salah satu game yang 'rajin' memberikan service gratis seperti ini kepada pemainnya dengan memberikan Free Pull 10 kali Gacha kepada para pemain setianya di setiap event ulang tahun ataupun tahun baru. Bahkan, Free Pull yang diberikan oleh GBF mencapai 100x Pull gratis pada event perayaan 4 tahun gamenya.

Pada dasarnya memang mekanisme gacha memiliki tingkat 'kerugian' yang lebih besar (terutama dari sisi keuangan sang pemain) jika dibandingkan dengan keuntungan yang diberikan. Oleh karena itu, menurut kru KotGa sendiri event Free Pull merupakan gerakan baik dari para developer untuk mengimbangi kekecewaan para pemain yang merasa dirugikan oleh suatu game.

Tapi, terlalu sering mengadakan event sejenis juga bisa membuat para pemain tak lagi mengeluarkan uang dan hanya menunggu event Free Pull untuk mendapatkan karakter yang benar-benar mereka inginkan. Seperti misal pada game Granblue Fantasy yang pada momen Golden Week baru-baru ini mengadakan sesi Free Pull 10 kali Gacha yang dimulai dari tanggal 4 kemarin hingga tanggal 9 minggu depan.

Berbeda dengan beberapa game yang sering kali memberikan event sejenis, game Gacha terpopuler yang sering diperbincangkan adalah Fate/Grand Order. Pasalnya hingga kini, game tersebut hingga kini belum pernah sama sekali memberikan service kepada para pemainnya berupa penarikan Gacha gratis. Walau para pemain sering kali membandingkan service Granblue Fantasy dengan Fate/Grand Order, tampaknya pihak developer belum akan memberikan event serupa dalam waktu dekat.

Event Free Pull Gacha sejenis tentu menjadi jenis event ditunggu oleh banyak pemain, terutama karena keuntungan yang diperoleh dari sebuah event gratisan. Tanggapan Kotakers sendiri bagaimana mengenai event free pull yang belakangan ini sering diadakan oleh para developer game? Apakah harus sering-sering dilakukan, atau jangan terlalu sering agar balance dalam game terjaga dengan baik? Langsung komentar dibawah ya!

(KotakGame)
BACA JUGA BERITA INI