space
10 MMORPG PC YANG MASIH EKSIS DI TENGAH GEMPURAN GAME ESPORTS
-
Senin, 07 May 2018
Tidak seperti zaman dahulu, warnet-warnet kebanyakan dikuasai oleh game-game bergenre MMORPG. Tentunya hal tersebut bukan tanpa alasan. Pada game MMORPG para pemain dituntut untuk benar-benar berdedikasi dalam membangun karakter impiannya yang tentunya harus mengorbankan waktu yang sangat banyak dan mungkin kamu harus sedikit menguras kantong.

Hal tersebut sepertinya sudah jarang terlihat saat ini. Kebanyakan warnet-warnet sudah dipenuhi dengan para gamer yang lebih hobi bermain game-game esports. Sebut saja judul-judul besar seperti DOTA 2, League of Legends, ataupun yang populer baru-baru ini PUBG ataupun Fortnite yang bisa dimainkan secara dan menawarkan gameplay yang lebih kompetitif.

Baca ini juga :
» EA Sports FC 24
» Bisa Minum Lewat Headset hingga Cukuran RGB, Deretan Joke Brand Gaming di April Mop!
» Resesi Is Real? Game-Game Besar ini Harus Tutup di Tahun 2023!
» Tahun 2023 Penuh Game Keren! Ini Dia List Game Yang Dinantikan Rilisnya di Tahun Ini!
» Apakah Favoritmu Menang? Pengumuman Pemenang Penghargaan KotakGame Awards 2022
» Awal Tahun 2023 di Rumah Tapi Bingung Mau Ngapain Aja? Saatnya Mainkan 7 Game Ini!
» Akhir Tahun Banyak Cuan! 7 Game Dengan Diskon Terbesar SEGA Steam Sale 2022!
» 7 Game Terbaik yang Pantas Masuk dalam Kategori Game of the Year 2022!
Meski begitu, game MMORPG masih memiliki "tempat tersendiri" dikalangan gamer. Buktinya? Beberapa MMORPG yang Kru KotGa sebutkan pada artikel cukup sukses dan masih bertahan hingga saat ini. Apa saja sih game-game MMORPG tersebut? Yuk simak artikelnya!

1. RF Online

Tidak bisa dipungkiri lagi kalau RF Online adalah salah satu MMORPG tersukses dimasanya. Malah, meski saat ini banyak game yang menawarkan konsep yang lebih luas dan realistis, belum ada yang bisa menyamai impresi ketika bermain RF Online. Hal tersebutlah yang membuat RF Online masih eksis hingga saat ini. Untuk server Indo sendiri, Lyto masih menghidupkannya melalui RF Classic yang bisa kamu mainkan.

2. Atlantica

Tidak bisa dipungkiri lagi Atlantica memiliki beragam terobosan gameplay dan kualitas grafis terbaik pada awal perilisannya di Indonesia. Berbagai fitur dimilikinya, mulai dari sistem pertarungan Turn-based, sistem Mercenery, sistem Guild, Nation, Town Control, hingga sistem pemerintahan. Layaknya MMORPG, game ini juga memiliki sistem crafting.

Walaupun sempat ditutup. Pada Maret 2018 kemarin, Gemscool mencoba mengulang kembali kesuksesan yang pernah didapatkan sebelumnya dengan menghadirkan game-game populer, yaitu Atlantica Online. Apakah kamu masih memainkannya hingga saat ini?

3. Closers Online

Closers Online sudah beroperasi di negara Korea, Jepang, dan juga di Indonesia. Closers Online pertama kali dirilis di Korea Selatan pada tahun 2014 silam dan mendapatkan respon yang cukup positif dengan permainan bergenre RPG yang dikemas menarik dengan gaya anime.

Closers Online adalah game MMORPG side scrolling yang berbasis dungeon. Dibuat oleh Naddic Games. Game ini cukup terkenal dan juga memiliki sebuah server di Indonesia yang dikelola oleh Megaxus. Nampaknya Closers Online akan bertahan cukup lama, baik diluar maupun di Indonesia mengingat banyaknya fans yang menyukai gameplay Closers Online.

4. Black Desert Online

Black Desert Online telah resmi dirilis pada bulan Januari 2018 lalu di Asia Tenggara. Perilisan tersebut tentu sangat disambut baik oleh para gamer Asia Tenggara karena penantian yang cukup lama. Sejak rilis di daerah tersebut, sepertinya tidak berlebihan bahwa Black Desert Online telah diterima dengan baik di seluruh dunia.

Black Desert Online adalah MMORPG dari Korea yang saat ini menjadi MMORPG paling populer di dunia internasional saat ini. Tidak hanya sekedar menawarkan grafis yang fantastis, Black Desert Online juga menawarkan mekanisme gameplay yang kompleks dengan detail yang luar biasa yang membuat seakan-akan hidup di dunia tersebut.

BACA JUGA BERITA INI
close