space
REKOMENDASI RAKIT PC GAMING DENGAN BUDGET SUPER HEMAT
-
Selasa, 08 May 2018
Rata-rata gamer jika diminta untuk memilih perangkat apa yang paling diinginkan untuk bermain game kekinian, pasti kebanyakan dari mereka lebih memilih PC daripada konsol. Meski begitu, beberapa orang juga tetap setia menggunakan konsol hingga saat ini. Tetapi tidak bisa dipungkiri lagi memang para pemuja PC gaming yang disebut dengan PC master race masih cukup mendominasi.

Membangun sebuah pc gaming memang bisa menjadi sangat mahal, tapi bukan berarti kalian tidak bisa mendapatkannya dan tidak harus yang terlalu mewah bukan? Entah itu mulai dari entry-level, mainstream, sampai dengan hardcore sekalipun. Pada artikel ini, kru KotGa menganggap kalian sudah memiliki keyboard, monitor, mouse, dan speaker.

Sebagaimana yang kru KotGa sampaikan diatas, Pada artikel kali ini kru KotGa akan memberi panduan merakit PC gaming super hemat untuk kalangan entry-level yang dibangun dengan tujuan untuk bermain game e-sports kekinian ataupun untuk menemani pekerjaan sehari-hari kalian hanya dengan "seirit" mungkin.

Baca ini juga :
» Alat Tempur 'Wajib' Bagi Para Gamer PC
» ASUS ROG Strix GL703GM Scar, Penyempurnaan!
» Rekomendasi Rakit PC Gaming Pakai Duit THR
» ASUS TUF FX504, Performa Naik Drastis!
» BenQ ZOWIE XL2546, Monitor Gaming Super Ganas!
» Pengen Main Game Berat Lancar di PC Kentang? Pake 5 Cara Ini!
» Memilih Laptop Gaming yang Optimal Untuk Main PUBG
» Ryzen 5 2400G, Performa Maksimal Harga Minimal
Kira-kira spesifikasi seperti apa yang bisa di dapet ya? Karena mengirit budget sekecil mungkin, tentu saja tidak mungkin untuk menggunakan kartu grafis tambahan yang saat ini harganya masih menggila, terutama di Indonesia. Sepertinya solusi yang tepat adalah menggunakan Ryzen "Raven Ridge" yang telah diluncurkan beberapa waktu lalu. Seperti apa spesifikasi lengkapnya. Ini dia:

  • Prosesor: AMD Ryzen 3 2200G = IDR 1.390.000
  • Motherboard: MAXSUN MS-A320D4 Turbo = IDR 750.000
  • RAM: V-GeN Platinum DDR4 4GBx2 = IDR 1.330.000
  • HDD: WDC Blue 320GB = IDR 250.000
  • PSU: FSP Hexa+ II 400W = IDR 500.000

Total: IDR 4.250.000
Kru KotGa sengaja memilih brand Maxsun untuk pemilihan motherboard. Seperti yang sudah Kru KotGa tekankan diatas. Budget akan di press hingga sekecil mungkin agar super hemat. Lagipula, Maxsun memiliki "nama" yang cukup baik di negara asalnya, China. Sepertinya kamu tidak perlu terlalu meragukan kualitasnya.

Untuk urusan harddisk, kapasitas 320GB sangatlah cukup untuk "awaL" membangun sebuah PC. Setidaknya bisa untuk install sistem operasi, berbagai aplikasi, sedikit film dan musik, hingga beberapa game favorit yang dimainkan. Kedepannya, kamu bisa menambahkan harddisk dengan kapasitas yang lebih tinggi atau menggunakan SSD.

Casing? Kamu tidak membutuhkannya. Ingat, budget super hemat. Kamu bisa menyalakan PC tersebut hanya bermodalkan obeng yang ditekankan pada pin front panel yang ada di motherboard. Jika sudah selesai dimainkan, kamu bisa menutup PC dengan kain agar tidak terkena debu. Untuk urusan power supply, 400W sudah sangat cukup, bahkan jika menggunakan kartu grafis sekelas NVIDIA GeForce GTX 1050 Ti.

Dengan spesifikasi diatas, kamu bisa memainkan game terkini menggunakan resolusi 1080p yang tentunya dengan settingan yang menyesuaikan. Motherboard AM4 dengan chipset terendah tersebut masih bisa melakukan overclock RAM untuk meningkatkan performa APU Ryzen tersebut. Kru KotGa rekomendasikan untuk meningkatkan kecepatan RAM hingga 3200Mhz atau minimal 2933Mhz.

Kru KotGa sudah menguji coba memainkan game-game terkini menggunakan prosesor tersebut, baik game AAA maupun esports. Berikut adalah hasil benchmark Ryzen 3 2200G + Vega 8 ketika dicoba untuk memainkan game terkini:

Baca ini juga :
» Alat Tempur 'Wajib' Bagi Para Gamer PC
» ASUS ROG Strix GL703GM Scar, Penyempurnaan!
» Rekomendasi Rakit PC Gaming Pakai Duit THR
» ASUS TUF FX504, Performa Naik Drastis!
» BenQ ZOWIE XL2546, Monitor Gaming Super Ganas!
» Pengen Main Game Berat Lancar di PC Kentang? Pake 5 Cara Ini!
» Memilih Laptop Gaming yang Optimal Untuk Main PUBG
» Ryzen 5 2400G, Performa Maksimal Harga Minimal
Melihat performa diatas, rasanya Ryzen 3 2200G + Vega 8 akan menjadi solusi untuk gamer yang ingin merakit PC dengan budget super hemat. Tentunya harga yang Kru KotGa sebutkan diatas akan berbeda-beda di setiap toko, tapi tidak akan terlalu jauh kok perbedaannya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu ya!

(KotakGame)

BACA JUGA BERITA INI