space
ROG DESKTOP GL10CS, PC GAMING ANTI RIBET!
PC
Minggu, 27 Oct 2019
Spesifikasi Gahar, Tapi Perlu Upgrade "Sedikit"

ROG GL10CS ditenagai dengan prosesor Intel Core i5-9400 generasi ke-9 yang memiliki 6 core serta 6 threads yang berjalan dikecepatan 2.6GHz dengan turbo boost sampai dengan 4.1GHz. Desktop gaming ini dilengkapi 2x slot RAM yang sudah terisi 1x dengan kapasitas RAM 8GB DDR4, dan berjalan pada kecepatan 2666 MHz. RAM ini masih bisa di upgrade hingga 32GB.

Untuk memainkan berbagai game kekinian , ROG GL10CS memiliki kartu grafis NVIDIA GeForce GTX 1660 Ti dengan memory 6GB. Chip grafis (GPU) yang menggunakan arsitektur Turing tersebut hadir dengan 1536 CUDA cores. Jika dibandingkan dengan seri terdahulu, NVIDIA GeForce GTX 1660 Ti memiliki performa di atas GTX 1070. Namun, untuk performa selengkapnya akan kru KotGa jabarkan pada bagian benchmark.

Ya, spesifikasi yang ditawarkan oleh ROG GL10CS memang sudah cocok dan pas untuk digunakan memainkan game kekinian secara kasat mata. Tapi kru KotGa rasa ROG GL10CS perlu sedikit di upgrade agar lebih lancar untuk memainkan berbagai game atau hanya sekedar menjalankan aktivitas sehari-sehari.

ROG Strix GL10 | Sumber: Dok. KotakGame/Taufik Hidayat

Misalnya saja RAM miliknya yang hanya 8GB, untuk ukuran game zaman sekarang, rasanya RAM 16GB adalah hal wajib jika memang ingin memainkan game dengan settingan maksimal. Selain itu, penyimpanan 1TB harddisk yang dimilikinya juga harus di upgrade dengan SSD, dimana untungnya ROG GL10CS memiliki slot M.2 bagi pengguna yang nantinya ingin upgrade.

Baca ini juga :
» Anti Nge-Lag! 7 Rekomendasi HP Android RAM 6GB di Bawah 3 Juta Rupiah
» Unboxing Motherboardnya Para Sultan! Inilah ASUS ROG Maximus XII Extreme
» Modal Kantong Tipis! Ini Rekomendasi Laptop Mulai dari 5 Juta Untuk Main Game!
» Review: Dragon Raja SEA
» BenQ ZOWIE XL2746S
» Review: Kartrider Rush+
» Blade and Soul Revolution
» 7 Rekomendasi Laptop Gaming Keren Mulai dari 7 Jutaan Rupiah
Benchmark

Untuk mengetahui sejauh mana kemampuan dari suatu prosesor tentu saja pertama-tama adalah melakukan benchmark sintentis sebagai sebuah "gambaran" sejauh mana kemampuan laptop gaming tersebut. Pada pengujian benchmark sintetis Kru KotGa menggunakan empat software, seperti 3DMark Firestrike, Cinebench R15, dan juga PC Mark 10.

Seperti yang sudah kru KotGa sebut sebelumnya, secara kasat mata spesifikasi yang ditawarkan pada ROG GL10CS memang sudah cukup untuk memainkan game kekinian. Lantas, apakah memang benar seperti itu? Kru KotGa sendiri telah mengujinya dengan berbagai game kekinian, mulai dari game esports ringan hingga game AAA yang berat sekalipun. Berikut hasilnya.

Sepertinya sangat mudah bagi ROG GL10CS untuk memainkan game-game esports saat ini seperti DOTA 2 misalnya. Tidak mengherankan memang, NVIDIA GeForce GTX 1660 Ti miliknya terlihat santai untuk memainkan game tersebut dengan settingan maksimal dengan rata-rata framerate 112 FPS. Dicoba memainkan game kompetitif yang lebih berat seperti PUBG juga desktop gaming ini masih menunjukkan tajinya dengan memainkannya di settingan ultra pada rata-rata framerate 92 FPS.

Tidak lupa, kru KotGa juga mengujinya dengan berbagai game AAA. Untuk memainkan game yang cukup berat seperti Final Fantasy XV serta Shadow of The Tomb Raider, ROG GL10CS masih bisa meng-handle game tersebut dengan lancar di settingan maksimal dengan rata-rata framerate 70an FPS.
BACA JUGA BERITA INI
close