space
MONSTER RANCHER, GAME SIMULATOR MONSTER YANG MEMBUAT KAMU HARUS BONGKAR KOLEKSI KASET!
-
Jumat, 24 Jan 2020


Buat kamu yang lahir dari generasi 90an, dimasa keemasan lahirnya Playstation pasti banyak sekali menyicip beragam permainan keren dari PlayStation. Baik FPS, RPG, Fighting, Simulator hingga banyak genre yang bisa kamu nikmati pada masa tersebut. Namun secara spesifik, Kru KotGa akan membahas suatu game simulasi pet yang cukup terkenal pada masanya, Monster Rancher besutan Tecmo (sekarang telah bernama KoeiTecmo).

Monster Rancher atau Monster Farm pada versi Jepang merupakan sebuah game simulasi dimana gamer harus memelihara sebuah monster dan melatihnya untuk memenangkan beragam turnamen. Tentunya hal ini similiar dengan game Pokemon, nyatanya game ini berbeda dengan Pokemon yang lebih banyak mengusung Turn Base Strategy. Sedangkan Monster Rancher mengusung Fighting style untuk setiap pertarungannya.

Untuk itu Kru KotGa akan mengulasnya sembari memberikan ingatan nostalgia terutama kamu generasi 90an yang sempat melakukan hal-hal unik untuk mendapatkan monster. Tanpa berbasa-basi lagi, langsung saja yuk kita mulai!

Baca ini juga :
» 7 Alasan Wajib Main Rise of the Ronin! Game Open World Rasa Souls Eksklusif Paling Dinanti
» 8 Tips Menjadi Ronin Terbaik di Game Open World Terbaru, Rise of the Ronin
» Rise of the Ronin - Review
» The Last of Us Part II Remastered
» PlayStation VR2
» Rayakan Hari Game Indonesia! Inilah 7 Game Lokal yang Mengguncang Dunia!
» PlayStation Plus Baru Bisa Dapat Banyak Benefit Dan 700 Game Gratis?! Cek Disini!
» Sisihkan THR Kamu! Ini Dia 7 Game Yang Akan Rilis Di Bulan Mei 2022
1. Simulator Mengurus Monster


Sumber: Sumber: Koei Tecmo

Banyak yang mengira jika game ini mirip sekali dengan game Pokemon yang pada dasarnya juga mengurus seekor Pokemon. Namun pada kenyataannya tentu berbeda, pada Monster Rancher memiliki sistem yang lebih spesifik tidak hanya mendapatkan Monster dan merawatnya saja. Para Breeder atau gamer harus bisa melatihnya untuk meningkatkan status yang dimilikinya seperti Life, Power, Inteligence, Skill, Speed, dan Defence.


Sumber: Sumber: Koei Tecmo

Tentunya hal ini tidaklah mudah, gamer harus bisa memperhatikan mood sang monster agar bisa memberikan hasil latihan secara maksimal. Karena jika ia stress dan dipaksa untuk latihan, akan ada kemungkinan ia akan melarikan diri Kandang dan itu tentunya kerugian bagi para breeder yang memiliki Monster tersebut.


Sumber: Sumber: Koei Tecmo

Selain itu Monster juga harus mendapatkan sebuah skill yang mana berguna untuk mendapatkan variasi serangan ketika bertarung di dalam turnamen. Biasanya hal ini didapatkan dengan pergi bertualang ke suatu tempat yang telah disediakan dan nantinya akan mendapatkan skill yang bisa langsung di setting dalam menu skill. Ditambah Monster juga bisa merasakan sakit apabila ia mengalami serangan telak ketika berada di turnamen atau ia kelelahan setelah bertualang.

2. Cara Mendapatkan Monster yang Unik, Ganti Kaset!


Sumber: Sumber: Koei Tecmo

Ada banyak berbagai Monster di dalam dunia Monster Rancher, mulai dari seperti mutasi binatang yang ada di dunia nyata, hingga makhluk mitologi dan alien hadir di dalam game ini. Untuk awalnya, kamu bisa mendapatkan seekor monster langsung dari toko, yang tentunya ini merupakan monster basic yang akan kamu temui setiap harinya.

Jika kamu ingin mendapatkan variasi monster yang lebih menarik, kamu bisa masuk ke Shrine dan memilih untuk memanggil monster via CD or DVD. Kamu bisa memasukkan kaset apapun ke dalamnya dan tentunya akan mendapatkan monster yang menarik yang bahkan belum pernah kamu miliki sebelumnya dan ini merupakan hal yang tidak pernah ada di dalam game manapun. Namun jika monster yang kamu masukkan ternyata rusak, maka kamu akan mendapatkan monster basic saja, jika tidak maka harus bersiap dengan kejutan.


Sumber: Sumber: Koei Tecmo

Selain dengan kaset, kamu juga bisa menggabungkannya dengan gen monster lainnya untuk mendapatkan varian monster yang baru. Hal ini bisa kamu mendapatkan monster hasil fusion yang mana akan membuatnya lebih variatif. Jika kamu menemukan monster dengan tanda ???, itu artinya monster yang kamu miliki merupakan monster dengan rarity tertinggi dan hanya bisa di dapatkan dengan memasukkan kaset tertentu biasanya berasal dari game yang berhubungan dengan KoeiTecmo tentunya.

BACA JUGA BERITA INI
close