space
MENGUAK ALASAN SEBENARNYA KENAPA BANYAK GAME KENA TUNDA RILIS DI 2020!
-
Sabtu, 25 Jan 2020

Walaupun 2020 dipandang sebagai tahun baru yang sangat menjanjikan dan besar bagi industri game, sayangnya banyak gamer harus menelan pil pahit di awal bulan ini karena penundaan rilis game yang semakin menumpuk. Bagaimana tidak? Hanya dalam waktu berdekatan saja sudah ada banyak game AAA yang mengalami penundaan rilis mulai dari The Last of Us Part II, Final Fantasy VII Remake, Marvel's Avengers, Cyberpunk 2077 hingga Dying Light 2.

Masing-masing pihak developer memang sudah memberikan alasan dibalik penundaan yang mereka lakukan, dimana mereka membutuhkan waktu lebih lama untuk memoles kualitas gamenya sebelum siap dirilis ke pasaran. Kru KotGa memang bisa mengerti alasan ini, namun karena ada banyak game yang mengalami kejadian serupa di waktu yang cukup berdekatan, pastinya ada suatu alasan lain yang tidak diketahui oleh para gamer.

Untuk itu, pada artikel special kali ini Kru KotGa berusaha untuk menguak alasan sebenarnya kenapa banyak game kena tunda rilis di 2020. Kru KotGa akan membaginya dalam beberapa poin alasan dan memberikan kesimpulan yang bisa diambil di akhir. Daripada penasaran, langsung saja simak rangkumannya di bawah ini.

Baca ini juga :
» Stay #Dirumahaja, Inilah Cara Tepat Bagi Gamer Saat Tanggapi Pandemi Covid-19!
» Budayakan #Dirumahaja, Inilah Rekomendasi Game Paling Relaxing yang Bisa Kamu Coba di Ruma
» Dari SOLDIER Hingga Jadi Pahlawan, Inilah Evolusi Cloud Strife dari Masa ke Masa!
» Tetap Melegenda, Inilah Kelebihan Resident Evil 3 Dibandingkan Game Resident Evil Lainnya!
» Tetap Berjaya, Inilah Rahasia Dibalik Kesuksesan Besar Resident Evil 4!
» Tetap Waspada! Inilah Gejala Awal Infeksi Virus Corona yang Harus Diketahui Gamer!
» Downhill Domination, Mengenang Game Balap Sepeda Gunung yang Melegenda!
» Berasa Main di Konsol, Inilah 7 Game Raksasa yang Bisa Kamu Mainkan di Mobile!

Ingin Memaksimalkan Kualitas Gamenya

Alasan yang satu ini memang sudah terkesan pasaran dan terkadang sulit ditanggapi serius di beberapa skenario, karena kenyataannya tidak sedikit developer yang menunda perilisan gamenya dan masih menghasilkan produk yang mengecewakan setelah dirilis. Namun alasan ini bisa saja merupakan skenario sebenarnya yang harus dihadapi para developer tersebut di pasaran, karena beberapa game yang mengalami penundaan rilis memang termasuk proyek besar. Contohnya saja seperti Final Fantasy VII Remake, sebuah game reimagine dari salah satu JRPG terpopuler sepanjang masa ini pasti merupakan proyek yang sangat menantang, karena selain harus memenuhi ekspektasi fans, Square Enix juga harus memoles kualitas game ini dan menyingkirkan sebanyak mungkin permasalahan teknis yang masih mendiami gamenya (seperti bug, glitch dan sebagainya).

Contoh lainnya juga bisa dilihat dari Techland dengan Dying Light 2, dimana game ini adalah proyek paling ambisius yang pernah mereka kerjakan, jadi memastikan agar gamenya hadir dengan kualitas terbaik memang sudah sangat wajar. Namun satu hal yang mengganggu Kru KotGa dari alasan ini terletak pada keputusan developer dalam menentukan tanggal rilis, karena jika mereka memang memerlukan waktu lebih lama untuk memoles gamenya, maka mereka hanya perlu menambah ekstra waktu yang diperlukan sebelum akhirnya mengumungkan tanggal rilis. Tentu saja ada banyak alasan lain yang hanya diketahui oleh pihak internal dari masing-masing developer, jadi keluhan Kru KotGa ini memang tidak sepenuhnya akurat untuk menggambarkan kejadian di lapangan.

BACA JUGA BERITA INI
close