space
REVIEW: RISE OF NOWLIN
MOB
Kamis, 20 Feb 2020
Game MMORPG untuk platform mobile memang kini sudah menjamur di setiap store yang ada. Namun, biasanya game-game MMORPG yang ada pada platform mobile terbilang sederhana dan dibuat lebih mudah dibanding yang ada pada konsol atau PC. Hanya ada beberapa judul yang bisa memuaskan para harcore gamer.

Rise of Nowlin, game MMORPG Open World rilisan baru dari hasil kolaborasi antara Dunia Games dan 8Elements pun mencoba menjadi pilihan lain untuk MMORPG yang bisa memuaskan para hardcore gamer di Indonesia. Kru KotGa pun juga sudah melakukan review untuk game ini. Seperti apa hasilnya? Yuk, simak ulasan berikut ini.

Baca ini juga :
» Grinding Sampe Jadi Dewa! Ini Dia 7 Game Mobile Wibu yang Bikin Kamu Betah Dirumah!
» Hemat Kuota! Mainkan 10 Game Mobile Offline Terbaik Saat #DiRumahAja Tanpa Internet
» Gak Perlu Internet! Deretan Game Offline Mobile Asyik untuk Main #DiRumahAja
» Brutal dan Berbahaya! Ini di Tips dan Fakta Mantap Gunakan DBS di PUBG Mobile!
» Kaum Rebahan Rise Up! 7 Game Mobile Buat Mabar Online Selama #dirumahaja
» Di Rumah Aja! Inilah 10 Rekomendasi Game Minggu Ini yang Harus Gamer Coba Mainkan
» Bantu Aktivitas #DiRumahAja! Daftar Aplikasi Android yang Berguna dan Tetap Asyik di Rumah
» Sekali Baca Langsung jadi GG,Ini Dia Panduan Buat Newbie di World of Dragon Nest
Game MMORPG yang di lokalisasi dengan baik


Sumber: Dok. KotakGame

Seperti yang sudah kami sebut diatas, bahwa game MMORPG yang ada di Indonesia memang sudah cukup banyak, tapi jarang sekali ada game yang di lokalisasi dengan baik, beberapa justru baru melakukan lokalisasi setelah game mulai ramai.

Rise of Nowlin tidak demikian, sejak pertama kali bermain, jalan cerita dari game ini di narasikan menggunakan Bahasa Indonesia. Ini membuat kami yang biasanya menekan tombol skip di cut scene awal seperti ini. Namun, karena menggunakan Bahasa Indonesia, kami pun jadi penasaran untuk membacanya dan menikmati ceritanya.


Sumber: Dok. KotakGame

Kami pun dengan cepat bisa mengerti plot dari game Rise of Nowlin ini, di mana ada sebuah kekuatan jahat bernama Asados yang mencoba menginvasi dunia, tapi akhirnya di segel oleh para Dewa. Namun, Asados berhasil lepas dan kita sebagai pemain harus menghancurkan Asados, dengan bergabung pada dua faksi pilihan antara faksi Cahaya dan Kegelapan.

Tak hanya pada scene tertentu, di setiap quest juga narasi menggunakan bahasa Indonesia, di mana kita jadi lebih mudah memahami setiap quest yang ada, membuat kita bisa lebih menikmati permainan.

Grafis 3D memukau dan map yang sangat luas


Sumber: Dok. KotakGame

Berbicara soal grafis, untuk MMORPG Mobile hal tersebut juga menjadi salah satu poin yang cukup krusial, di mana pemain menuntut grafis yang bagus, namun tetap ringan untuk smartphone dengan spesifikasi menengah. Rise of Nowlin bisa dibilang cukup berhasil menjawab seluruh aspek tersebut, karena grafis 3D yang dihadirkan mampu memanjakan mata.

Untuk smartphone spesifikasi menengah kebawah, game ini mengakalinya pada bagian pengaturan grafis yang benar-benar kompleks, di mana kita bisa memilih bagian apa yang ingin kita lihat atau hilangkan, dan bagian mana yang kita naikkan kualitasnya dan kita turunkan.


Sumber: Dok. KotakGame

Selain itu Rise of Nowlin juga menawarkan map yang sangat luas di dalam game serta bervariasi, mulai dari map bertema hutan, perkotaan, dungeon, kastil dan masih banyak lagi. Semuanya pun dibuat dengan cukup detail dengan dibantu kamera yang bisa kita zoom in atau out serta mengubah angle nya, jadi kita dapat menikmati keseluruhan grafis yang ada.

MMORPG yang sangat kompetitif


Sumber: Dok. KotakGame

Inti dari setiap game MMORPG pastinya adalah persaingan kekuatan antara pemain. Tapi, di Rise of Nowlin, tak hanya soal individu, tapi juga setiap pemain bersaing secara Guild, faksi dan bahkan antar negara pemain. Pasalnya game ini menggunakan satu server yang tergabung dengan negara lain, seperti Fillipina dan Malaysia.


Sumber: Dok. KotakGame

Karena itu game ini jadi tidak cepat membosankan, karena tiap pemain akan saling bekerjasama menjadi yang terbaik dalam game. Dari penglihatan kru KotGa sendiri, para gamer Indonesia sebagian besar memenuhi Camp dari Dark Camp, sedangkan Fillipina sebagian besar ada di Light Church.


Sumber: Dok. KotakGame

Kemudian untuk merealisasikan kompetisi ini menjadi lebih asyik, Rise of Nowlin juga menyediakan arena tarung yang ada pada mode PvP, bahkan nantinya game ini akan diarahkan menjadi esports, dengan mengadakan pertarungan dengan peraturan 20v20 pemain sekaligus dalam satu arena.

Game ini juga menggunakan konsep open PK, jadi tak hanya lewat mode PvP, kamu juga bisa bertarung langsung di map yang berada pada combat zone dengan pemain lain yang ada di sekitarmu.

BACA JUGA BERITA INI
close