space
JANGAN TERPAKU NOSTALGIA! REKOMENDASI GAME FARMING YANG LEBIH SUPERIOR DARI HARVEST MOON BTN!
-
Kamis, 06 Aug 2020

Saat berbicara soal genre farming dalam video game, sebagian besar gamer pastinya akan langsung membayangkan nama Harvest Moon. Popularitas Harvest Moon sebagai franchise game farming paling ikonik memang tidak bisa dipungkiri, namun nama tersebut rasanya tidak lagi relevan setelah Marvelous (developer original dari game Harvest Moon) sudah tidak bekerjama dengan Natsume dan mulai mengembangkan franchisenya sendiri dengan judul Story of Seasons.

Terlepas dari semua itu, sebagian besar gamer yang familiar dengan genre ini khususnya di tanah air pasti memiliki lebih banyak kenangan saat memainkan game klasik Harvest Moon, khususnya Harvest Moon: Back to Nature yang sudah menjadi ikon dari game farming paling nostalgic. Back to Nature memang termasuk game farming yang solid, namun popularitasnya yang kuat terkadang membuat gamer buta dengan sekian banyak game farming lain di pasaran yang justru hadir dengan kualitas lebih superior.

Untuk itu pada artikel special kali ini kami sudah merangkum beberapa rekomendasi game berkebun yang lebih superior dari Harvest Moon BTN. List ini hanya berdasarkan game yang kami sudah mainkan dan rasa memang lebih baik dari Harvest Moon BTN, jadi pendapat tiap orang pastinya akan berbeda.

Baca ini juga :
» Zona Nyaman! Rekomendasi Rakitan PC Paling Enak Buat Gaming Gak Pake Mahal
» Seri Paling Menjanjikan? Inilah Alasan Kamu Wajib Menantikan Final Fantasy XVI!
» Weekend Seru! Inilah 10 Rekomendasi Game Minggu Ini yang Harus Gamer Coba Mainkan
» Paling Pas! 5 Rekomendasi Laptop Untuk Gaming Lancar Nggak Sampe 7 Jutaan
» Rasa Melegenda! Inilah Rekomendasi 7 Game dengan Tema Mitologi Terbaik!
» Banyak RPG Seru! Inilah 10 Rekomendasi Game Minggu Ini yang Harus Gamer Coba Mainkan
» Rekomendasi Headset Wireless Gaming Murah 2020 Buat Kamu Si Kantong Tipis
» Punya Konsol PS3 Nganggur di Rumah? Segera Trade-In dengan PS4 Aja!

Rune Factory Frontier

Mengawali debutnya sebagai sub-seri dari Harvest Moon yang membawa tema fantasi, Rune Factory telah berkembang menjadi franchise game farming yang memiliki keunikan tersendiri. Rune Factory Frontier adalah salah satu seri terbaik yang kebetulan juga menjadi game pertama yang memperkenalkan kami ke franchise ini. Lebih dari sekedar game farming biasa, Rune Factory Frontier menghadirkan sistem RPG dimana kamu bisa melakukan eksplorasi dungeon, melawan monster, berburu harta, dan membuat senjata sendiri.

Selain dari sistem RPG yang menarik, mekanisme farming yang ditawarkannya juga cukup kompleks dan sederhana di saat yang bersamaan. Contohnya kamu bisa menggunakan semacam sihir untuk menyuburkan lahan, menanam beberapa bibit yang membutuhkan waktu subur lama di dalam dungeon, hingga merawat monster di peternakan. Saking serunya, kami jujur sulit untuk kembali memainkan game Harvest Moon apapun setelah menyentuh game ini.

Story of Seasons: Friends of Mineral Town

Hadir sebagai versi remake dari Harvest Moon: Friends of Mineral Town yang dulunya dirilis untuk Game Boy Advance, Story of Seasons: Friends of Mineral Town ini juga bisa dibilang adalah versi portable dari seri Back to Nature dan menghadirkan hampir semua konten yang sama persis, hanya saja kualitas grafisnya dibuat menjadi 2D. Selain menghadirkan banyak perombakan mulai dari kualitas grafis 3D yang halus dan mekanisme gameplay farming yang lebih dipoles, game ini tetap mempertahankan elemen klasik dari seri klasik Friends of Mineral Town dengan sangat baik.

BACA JUGA BERITA INI
close