space
NOSTALGIA SERU! INILAH 10 MMORPG PC LAWAS YANG SUDAH ADA DI MOBILE
-
Rabu, 26 Aug 2020
Tidak seperti zaman dahulu, warnet-warnet kebanyakan dikuasai oleh game-game bergenre MMORPG. Tentunya hal tersebut bukan tanpa alasan. Pada game MMORPG para pemain dituntut untuk benar-benar berdedikasi dalam membangun karakter impiannya yang tentunya harus mengorbankan waktu yang sangat banyak dan mungkin kamu harus sedikit menguras kantong.

Seiring perkembangan zaman, tentu saja MMORPG jadul yang dirilis di bawah tahun 2008 tidak bisa bersaing dalam hal mekanisme gameplay yang kompleks dan realistis, apalagi dalam urusan grafis. Tentu saja para fans mengharapkan beberapa MMORPG jadul mendapatkan versi terbarunya ataupun versi mobile yang semakin lama semakin menjamur.

Nah, pada artikel ini kru KotGa memberitahukan beberapa MMORPG lawas yang sebelumnya di PC, lalu dirilis kembali dalam versi mobile, baik yang sudah dirilis, maupun yang akan segera dirilis. Apa saja? Yuk simak artikelnya!

Baca ini juga :
» EA Sports FC 24
» REVIEW: EGGY PARTY
» Bisa Minum Lewat Headset hingga Cukuran RGB, Deretan Joke Brand Gaming di April Mop!
» Resesi Is Real? Game-Game Besar ini Harus Tutup di Tahun 2023!
» Tahun 2023 Penuh Game Keren! Ini Dia List Game Yang Dinantikan Rilisnya di Tahun Ini!
» Apakah Favoritmu Menang? Pengumuman Pemenang Penghargaan KotakGame Awards 2022
» Awal Tahun 2023 di Rumah Tapi Bingung Mau Ngapain Aja? Saatnya Mainkan 7 Game Ini!
» Akhir Tahun Banyak Cuan! 7 Game Dengan Diskon Terbesar SEGA Steam Sale 2022!

1. Perfect World Mobile

Perfect World Mobile memiliki slogan next generation aerial combat dimana para pemain akan bisa bertarung di udara, tidak hanya di darat. Perfect World mengangkat tema legenda cina kuno dengan konsep dunia Pangu yang digambarkan dengan grafis 3D indah lengkap dengan pergantian siang malam dan cuaca. Dunia Perfect World sangatlah luas dengan konten yang mencakup PvP dan juga PvE.

Beberapa fitur terbaik yang ada di versi PC bisa tetap ditemukan para pemain di versi mobile ini. Seperti berbagai kostum hingga tunggangan serta kostumisasi karakter yang cukup lengkap. Untuk awalnya, nanti akan ada 4 class terlebih dahulu, yaitu Human Wizard, Untamed Barbarian, Male Winged Elves Archer, dan juga Female Winged Elves Cleric.

2. Rohan M

Bagi kamu gamer PC yang sudah berkecimpung dari awal tahun 2000an, Rohan Online mungkin adalah salah satu dari sekian banyak MMORPG yang cukup digemari oleh para gamer. Meskipun sudah tidak rilis eksklusif di Indonesia seperti dulu, kini Rohan masih "hidup" di Asia Tenggara.

Rohan Mobile memiliki user interface yang cukup rumit dan terlihat penuh di layar dengan adanya fitur Auto di dalamnya. Konsep open-world MMORPG sudah dipastikan dimiliki oleh versi mobile tersebut. Disisi lain, Rohan Mobile juga memiliki kualitas grafis yang cukup fantastis layaknya game mobile zaman sekarang. Sayangnya, belum ada bocoran mengenai jadwal rilisnya untuk versi global.

3. Lineage 2M

Developer asal Korea Selatan memang tidak pernah tanggung-tanggung dalam mengembangkan game mobile dengan grafis yang sangat fantastis. Salah satu developer yang cukup aktif dalam merilis game mobile dengan grafis fantastis adalah NCSoft. Salah satu yang paling menarik perhatian adalah Lineage 2M.

Secara garis besar, Lineage 2M membawa konsep yang mirip seperti Lineage II seperti versi PC terdahulu. Namun, NCSoft memberikan sentuhan kualitas grafis yang lebih fantastis dengan penyesuaian UI dan kontrol untuk perangkat mobile tentunya. Konten PvP dan PvE bisa dibilang akan tidak jauh berbeda seperti versi PC.

4. Ragnarok M Eternal Love

Bisa dibilang, Ragnarok M Eternal Love merupakan salah satu game terpopuler di kalangan gamer Indonesia sejak rilis. Memiliki gameplay Ragnarok klasik dengan berbagai perubahan-perubahan dan sistem grinding yang lebih dipermudah, baik pemain lama maupun pemain baru langsung memainkan Ragnarok M dan bertualang ke Rune Midgard.

Ragnarok M Eternal Love menggunakan Grafis 3D cantik yang memperlihatkan karakter dan kostum yang terdapat dalam Ragnarok M terlihat cantik dalam layar smartphone. Walau demikian, penggunaan 3D tidak mengurangi esensi Ragnarok Online yang kita kenal sebelumnya.

BACA JUGA BERITA INI
close