space
GENSHIN IMPACT, GAME F2P MENAWAN DENGAN KUALITAS TIADA BANDING!
-
Rabu, 07 Oct 2020

Mihoyo, developer dibalik game populer Honkai Impact 3rd belum lama ini akhirnya resmi merilis proyek game terbaru mereka yang jauh lebih ambisius yaitu Genshin Impact. Berbeda dari prediksi banyak orang saat game ini pertama kali diumumkan, Genshin Impact ternyata sukses mencuri hati banyak gamer berkat kualitasnya yang dianggap cukup solid dan tidak hanya sekedar terkesan sebagai game kloningan The Legend of Zelda: Breath of the Wild. Perbandingan ini memang tidak bisa dihindari, karena Genshin Impact memang terlihat jelas mengambil beberapa konsep unik dari game tersebut.

Ini membuat resepsi yang didapatkan gamenya masih cukup terbelah, dimana ada kalangan yang menyadari kalau Genshin Impact memang memiliki kualitas yang solid dan identitas kuatnya sendiri, namun ada juga yang tidak terima dan menganggap kalau game ini masihlah sekedar kloningan Breath of the Wild dengan sistem microtransaction P2W. Sebagai pihak yang netral dan memang penasaran dengan game ini, kami akhirnya memutuskan untuk memainkan Genshin Impact dan merangkum impresi yang cukup untuk dijadikan review.

Jadi seberapa solid kualitas yang ditawarkan Genshin Impact sendiri? dan apakah game ini memang lebih dari sekedar "kloningan" Breath of the Wild seperti yang terus disuarakan banyak pihak? Langsung saja simak rangkuman reviewnya di bawah ini.

Baca ini juga :
» Marvel's Spider-Man: Miles Morales, Superstar Baru di Genre Game Superhero!
» JADI PENGEN UPGRADE! Review AMD Ryzen 5 5600X: Kenceng, Semua Game Bisa Dibabat!
» Lost Saga Remastered: Game Nostalgia yang Bikin Kamu Pengen Main Warnet Lagi!
» ASUS TUF Gaming GeForce RTX 3080
» Watch Dogs Legion, Pengalaman Sandbox Hacking yang Lebih Bebas dan Liar!
» ASUS TUF Gaming Z490-Plus WI-FI
» Terbaik Untuk Game FPS Shooter! Review Monitor Gaming 240Hz BenQ Zowie XL2546K!
» Biar Gak Salah, Yuk Pahami dan Simak Tips Jitu Gacha di Genshin Impact!

Jalan Cerita

Sejak pertama kali diumumkan, pihak Mihoyo sudah menjelaskan kalau Genshin Impact adalah game open-world action RPG yang lebih berfokus pada konten single-player. Ini adalah poin penting untuk dibicarakan, karena tidak sedikit orang yang masih menganggap kalau game ini dibangun layaknya MMORPG dengan fokus konten multiplayer, apalagi melihat ketersediaan akses gratis untuk memainkan gamenya. Anggapan tersebut cukup meleset, karena Genshin Impact nyatanya memang dibangun layaknya game open-world RPG yang banyak kamu temui di pasaran, dimana porsi story campaign menjadi pendorong utama untuk membuat progress.

Untuk ceritanya sendiri, kamu akan berperan sebagai salah satu dari dua kakak beradik kembar yang menempuh petualangan ke berbagai dunia, dimana pada suatu hari saat tiba di Teyvat mereka dihadang oleh sosok dewa misterius yang menculik salah satu darinya dan memisahkan satu yang lain ke dunia berbeda. Saat berhadapan dengan sosok dewa ini di awal permainan, kamu akan diberikan pilihan untuk bermain sebagai si kembar laki-laki atau perempuan.

Setelah melewati poin ini, cerita akan berlanjut ke bagian dimana kamu akan berpetualang bersama sosok maskot bernama Paimon yang ditemukan sang karakter utama secara tidak sengaja saat memancing. Setting utama dari game ini adalah dunia bernama Teyvat yang dipenuhi dengan aneka ras, budaya, konflik, dan keunikan di tiap wilayahnya, dan dunia luas inilah yang menjadi ruang bermain kamu di sepanjang permainan. Mulai dari mengamati konflik yang disebabkan oleh naga Stormterror di kota Mondstadt, alur cerita akan terus berkembang mengikuti tujuan kamu dalam mencari sang saudara atau saudari kembarmu yang hilang.

Jalan cerita dalam Genshin Impact sendiri terkesan cukup sederhana dan memang terasa seperti plot yang bisa kamu temui di kebanyakan game JRPG, namun yang membuatnya terasa istimewa adalah bagaimana kamu memiliki keterlibatan dengan lebih banyak karakter menarik yang juga memiliki porsi ceritanya sendiri untuk diikuti. Perlu diketahui juga kalau porsi cerita yang ada di Genshin Impact saat ini masih kecil dan hanya mencakup 2 region yaitu Mondstadt dan Liyue, jadi kamu bisa mengantisipasi adanya perkembangan cerita dan konflik yang lebih dramatis seiring hadirnya update baru di masa mendatang.

Open-World yang Colorful

Teyvat dalam Genshin Impact adalah sebuah dunia open-world yang sangat indah dan dipresentasikan dengan grafis colorful yang memanjakan mata. Tidak jarang setiap kali melakukan eksplorasi kami berhenti untuk melihat alam sekitar dan mengapresiasi keindahannya. Selama melakukan eksplorasi kamu juga akan menemukan adanya kemiripan dengan Breath of the Wild seperti yang kebanyakan orang terus bicarakan, dan kemiripan tersebut terletak di kemampuan karakter untuk memanjat dinding apapun, menggunakan glider berbentuk sayap untuk melayang di udara, sistem stamina yang cukup terbatas.

Selain dari keindahan alamnya, kamu juga bisa melihat bagaimana Mondstadt dan Liyue yang merupakan dua kota besar dalam game ini dibangun dengan detail dan estetika luar biasa. Meskipun setiap kota tidak memiliki terlalu banyak NPC, namun kamu tetap bisa merasakan betapa hidupnya kota-kota tersebut saat dijelajahi.

Presentasi dunia yang menawan bukan satu-satunya kelebihan dari desain open-world dalam Genshin Impact, karena kamu juga akan disibukkan dengan banyaknya point of interest yang tersebar luas di seluruh map dunianya. Eksplorasi selalu terasa rewarding karena kamu akan selalu menemui sesuatu yang menarik baik itu sekedar menaklukan camp musuh yang menyimpan peti harta untuk dibuka, tantangan puzzle untuk diselesaikan, temple atau dungeon untuk dijelajahi, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA BERITA INI
close