space
TERBAIK UNTUK GAME FPS SHOOTER! REVIEW MONITOR GAMING 240HZ BENQ ZOWIE XL2546K!
-
Jumat, 23 Oct 2020

Refresh Rate 240Hz dan Response Time 0.5ms yang Sangat Cocok Untuk Game Esports

Spesifikasi yang ditawarkan BenQ Zowie XL2546K memang sangat mengundang, khususnya untuk para gamer kompetitif yang sudah paham betul akan beberapa fitur incarannya. Monitor yang hadir dengan layar 24 inch (1920x1080) memang tidak memiliki beberapa fitur premium dari monitor gaming yang mendorong kualitas visual terbaik seperti teknologi IPS hingga fitur HDR, namun BenQ Zowie XL2546K benar-benar sukses menunjang pengalaman bermain game kompetitif yang maksimal lewat fitur unggulannya sendiri.

Beberapa diantaranya adalah refresh rate 240Hz, response time 0.5ms, DyAc+, Black eQualizer, Color Vibrance, dan tambahan fitur Eye Care seperti Low Blue Light dan Flicker-free untuk menjaga kenyamanan mata. Semua fitur ini memegang peranan kuatnya sendiri, terutama refresh rate tinggi hingga 240Hz yang bisa dirasakan perbedaannya di game-game kompetitif dengan tempo permainan cepat seperti PUBG, CS: GO, Rainbow Six Siege, dan VALORANT. Lewat keunggulan dari beberapa fitur andalan tersebut, tidak heran kenapa BenQ memberikan label monitor gaming esports untuk produk yang satu ini.

Desain Khas Untuk Kaum Gamer Kompetitif

Secara sekilas, desain luar dari BenQ Zowie XL2546K memang tidak berbeda jauh jika dibandingkan dengan monitor Zowie XL lainnya termasuk unit XL2746S yang pernah kami ulas. Namun jika dilihat lebih dekat kamu akan menemui beberapa perbedaan mencolok yang membuatnya memiliki daya tarik tersendiri. Pertama untuk kualitas bahannya BenQ Zowie XL2546K dilapisi dengan bahan plastik kokoh yang menyelimuti seluruh bagian body luar, termasuk bagian stand yang memiliki fitur khusus dimana kamu bisa menyesuaikan pengaturan Pivot, Swivel, Tilt dan juga ketinggian monitor hingga 155 mm. Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengatur sudut pandang monitor dengan lebih fleksibel, seperti memutar layar hingga 90 derajat misalnya.

Monitor ini juga memiliki ukuran base yang lebih kecil demi memberi ruang bermain yang lega, dimana kamu dapat menghemat lebih banyak ruang namun tetap dapat menyesuaikan posisi monitor, tingkat kemiringan, hingga sudut pandang layar dengan lebih fleksibel. Pada kedua bagian sisi samping layarnya kamu bisa melihat adanya semacam ekstensi berupa SHIELD, yang berguna untuk memfokuskan pandangan kamu ke layar dengan sudut yang juga dapat disesuaikan.

Keseluruhan ukuran monitornya terlihat lebih kecil dengan layar 24.5 inch dan bobot 6.1 kg, namun kamu tetap dapat melihat estetika yang tetap dipertahankan dari monitor seri Zowie XL dengan ukuran yang lebih besar. Desain khas ini untungnya tidak sampai mengorbankan durabilitas monitor khususnya dari bagian frame yang didesain agar dapat melindungi LCD dengan baik.

Beralih ke urusan urusan konektivitasnya, BenQ Zowie XL2546K menawarkan akses port yang sudah cukup memadai mulai dari 3x HDMI 2.0, 1x Display Port 1.2, Micro USB (untuk S-Switch), Headphone Jack, serta Headset Hanger. Sayangnya monitor ini tidak menawarkan ekstra port penting seperti USB 3.0.

Baca ini juga :
» Ngaku Penggemar JRPG? Ini Dia Rekomendasi Game JRPG 2021 Layak Tunggu
» Enggak Punya Diluc Sang Petarung? Ini Deretan Main DPS Alternatif Untuk Pemain F2P!
» Siap Jemput Waifu! 7 Hal yang Harus Kamu Siapkan Demi Ganyu di Update Terbaru
» [Kotak Game Editors Choice Award 2020] The Best Indonesia Online PC Game
» Cantik dan Tahan Banting! Ini Dia Fakta Tentang Class Terbaru Nova di Black Desert
» [Kotak Game Editors Choice Award 2020] Game of The Year 2020
» [Kotak Game Editors Choice Award 2020] The Best PC Hardware Gaming Brand 2020
» Digetok Fatui Kok Tewas? Tips Aman Berkelana di Kejamnya Tevyat

Pengaturan Serbaguna dengan S-Switch

Setiap monitor dari seri BenQ Zowie XL pastinya sudah hadir dengan komponen tambahan berupa S-Switch, dan BenQ Zowie XL2546K bukanlah pengecualian. S-Switch sendiri adalah sebuah perangkat berbentuk bulat yang berfungsi layaknya remote, dimana kamu dapat mengakses menu monitor dengan lebih mudah, mengatur sambungan input dari perangkat lain, serta mengatur peralihan mode layar lewat tiga profil yang bisa diatur. Jadi jika kamu memiliki tiga pengaturan mode layar yang sudah dimodifikasi di tiap profilnya, maka kamu hanya perlu mengalihkannya dengan satu kali tekan lewat tombol profil yang ada di S-Switch.

Kebetulan perangkat S-Switch untuk BenQ Zowie XL2546K sudah mendapatkan perombakan baru lewat akses menu dengan lima arah, dimana selain dapat melakukan scroll dan click, kini user dapat menggerakkannya ke arah kiri dan kanan juga untuk semakin memperlengkap akses yang ada.

Selain S-Switch, BenQ Zowie XL2546K juga hadir dengan aplikasi bawaan bernama XL Setting to Share. Lewat aplikasi ini kamu dapat berbagi profil monitor yang sudah tersimpan dengan rekan satu tim, teman, dan para penggemarmu, termasuk menyimpan profil video dan membagikannya lewat interface yang sangat mudah diakses. Karena pengaturan monitor dapat disesuaikan dengan selera hingga kenyamanan mata saat memainkan game kompetitif, fitur ini tentunya memiliki peranan yang sangat berguna untuk memberi rekomendasi pengaturan terbaik kepada lebih banyak gamer lainnya.

Teknologi DyAc+, Black eQualizer, dan Color Vibrance Untuk Akurasi Bermain Terbaik

Seperti yang kami sebutkan di beberapa poin sebelumnya, BenQ Zowie XL2546K hadir dengan beragam teknologi dan fitur unggulan yang membuatnya layak disebut sebagai monitornya para gamer esports. Salah satunya adalah DyAc+ yang merupakan sebuah teknologi Dynamic Accuracy milik BenQ Zowie yang berfungsi untuk mengurangi tampilan blur pada pergerakan yang ditampilkan monitor. Jadi berkat teknologi ini, ketajaman gambar yang dihasilkan monitor saat menampilkan gerakan akan tetap terjaga dan otomatis mengurangi efek motion blur tersebut.

Beralih ke fitur unggulan selanjutnya adalah Black eQualizer yang berguna untuk meningkatkan visibilitas area gelap tanpa membuat keseluruhan ruang pandang menjadi terlalu terang. Ini memungkinkan kamu untuk dapat melihat objek dengan lebih jelas dan nyaman saat berada di area yang kurang mendapat cahaya di dalam game. Sementara fitur lain yang tidak kalah menarik adalah Color Vibrance yang berguna untuk menyesuaikan pengaturan warna dan tone untuk membedakan target musuh dalam game.

Jadi seperti yang bisa diketahui, semua fitur unggulan ini memiliki peran masing-masing yang sangat berguna untuk memaksimalkan pengalaman bermain game kompetitif, khususnya dalam memaksimalkan akurasi dan kontrol permainan. Selain menawarkan akurasi bermain terbaik, tidak ketinggalan BenQ Zowie XL2546K juga sudah hadir dengan fitur Eye Care seperti Low Blue Light dan Flicker Free yang berguna untuk menjaga kenyamanan mata meskipun saat bermain game dalam jangka panjang.

BACA JUGA BERITA INI
close