space
ASUS TUF GAMING Z490-PLUS WI-FI
PC
Selasa, 27 Oct 2020

Fisik Motherboard, Gagah dan Kuat!


TUF Gaming Z490-Plus WI-FI merupakan motherboard dengan chipset Z490. Motherboard ini mendukung prosesor Intel generasi ke-10. Motherboard ini merupakan ATX Form Factor dengan ukuran 30.5 cm x 24.4 cm. Jadi, kamu hanya membutuhkan casing dengan ukuran mid-tower saja sudah cukup untuk menampungnya. Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa TUF Gaming selalu menawarkan durabilitas diatas rata-rata. Setidaknya begitulah kesan kru KotGa ketika pertama kali melihat melihat motherboard ini.

Secara keseluruhan, fisik dari TUF Gaming Z490-Plus WI-FI didominasi dengan warna hitam dengan aksen kuning emas di beberapa bagian. Karena masih dalam seri gaming, ASUS tetap memberikan desain "armor" yang mempertegas "kekuatan"dari motherboard ini. Tidak cuma sekedar desain keren saja, melainkan juga terdapat berbagai komponen dan fitur canggih untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

TUF Gaming Z490-Plus WI-FI sendiri memiliki 12+2 DrMOS Power Stages, Digi+ VRM untuk memberikan daya yang stabil, hingga ke 10-core jika nantinya kamu berencana untuk menggunakan Intel Core i9 generasi ke-10. Konfigurasi untuk daya prosesor pada motherboard ini memiliki konektor 8 + 4 pin. Konektor pada motherboard ini juga sudah mengusung fitur ProCool II untuk saluran daya yang lebih stabil dari PSU dan penghantar panas yang lebih baik.

Selain itu, dengan sudah terintegrasinya IO dan heatsink VRM membuat suhu disekitarnya menjadi lebih adem dengan kapasitor kualitas terbaik, balutan "armor" pada bagian finishingnya tidak hanya memberikan kesan cantik dan mewah, melainkan juga menjadi solusi terbaik untuk pendingin di motherboard ini. TUF Gaming Z490-Plus WI-FI juga siap dipakai untuk digunakan bersama water cooling atau air cooling.

Lanjut ke bagian slot PCIe, TUF Gaming Z490-Plus WI-FI memiliki 2 slot x16. Untuk menjamin build quality terbaik, pada slot PCIe yang dimilikinya ASUS menyematkan teknologi yang disebut Safe Slot yang memungkinkan slot tersebut tidak akan gampang patah meskipun menampung kartu grafis yang berat sekalipun. Namun sayangnya, hanya satu bagian atas saja yang mendukung fitur tersebut. Selain itu, motherboard ini mendukung teknologi AMD 2-Way CrossFireX.

TUF Gaming Z490-Plus WI-FI memiliki dua slot PCIe M.2 3.0 yang sayangnya belum mendukung versi 4.0. Namun menariknya, kedua slot M.2 tersebut mendukung teknologi NVMe serta Intel Rapid Storage Technology. Berbeda dengan seri ROG, pada motherboard TUF Gaming ini hanya satu slot M.2 saja yang tertutup dengan armor dan slot lainnya terbuka.

Masih konsisten menggunakan fitur yang sama pada setiap lini gamingnya, TUF Gaming Z490-Plus WI-FI juga menggunakan layout OPTIMEM II untuk bagian memori layaknya seri ROG. Hal ini memungkinkan sang motherboard bisa memberikan power yang lebih optimal dan stabil. ASUS sendiri menyebutkan bahwa maksimal frekuensi pada RAM yang akan digunakan di motherboard ini sangat tinggi, bisa mencapai hingga *4800MHz.

Tidak jauh dari bagian slot PCIe juga terdapat chipset audio Realtek S1200A. Audio ini hadir dengan 7.1 Surround Sound High Definition Audio CODEC untuk menunjang aktivitas para gamer. ASUS sendiri menyebutkan terdapat fitur Exclusive DTS Custom untuk mengangkat kualitas headset yang digunakan gamer menjadi lebih baik.

Untuk I/O di motherboard ini terbilang sangat lengkap, mulai dari banyaknya slot USB 3.2 hingga hadirnya slot USB Type-C yang sudah semakin umum dan wajib ada di setiap perangkat. Sayangnya, untuk seri TUF Gaming tidak diberikan Pre-Mounted untuk I/O Shield yang bagi sebagian orang sangat penting untuk estetika. Sebagai catatan juga kalau para gamer memiliki casing dengan konektivitas bagian depan USB Type-C serta Thunderbolt, motherboard ini dapat mendukungnya.

Selain itu juga terdapat modul untuk sinyal Bluetooth dan WI-FI. Adapter WI-FI onboard ini bukan sembarang adapter, karena modul tersebut adalah Intel Wi-Fi 6 AX201 yang sudah mendukung dual band frequency 2.4/5 GHz yang artinya kamu bisa mendapatkan kecepatan maksimal, kru KotGa akan mengujinya di pada halaman pengujian nanti.

Detail selengkapnya bisa kamu lihat di bawah ini.
  • 1 x PS/2 keyboard/mouse combo port(s)
  • 1 x DisplayPort
  • 1 x HDMI
  • 1 x LAN (RJ45) port(s)
  • 2 x USB 3.2 Gen 2 (1 x Type-A+1 x USB Type-C®)
  • 4 x USB 3.2 Gen 1 (blue) Type-A
  • 1 x Optical S/PDIF out
  • 5 x Audio jack(s)
  • 1 x ASUS Wi-Fi & Bluetooth Module

Baca ini juga :
» The Best Smartphone Gaming KotakGame Editor Choice Awards Winner
» Cyberpunk 2077, Open-World Ambisius dengan Eksekusi Tak Tepat Sasaran!
» Review: ASUS VivoBook 14 (A416), Jawaban Pasti untuk WFH dan Sekolah Daring!
» Assassin's Creed Valhalla, Viking x Assassin yang Harmonis!
» ROG Zephyrus G GA502I - Speknya Gahar & Harga Ga Wajar! Cocok Untuk Gamer dan Content Creator
» Marvel's Spider-Man: Miles Morales, Superstar Baru di Genre Game Superhero!
» ASUS TUF Gaming AX3000
» JADI PENGEN UPGRADE! Review AMD Ryzen 5 5600X: Kenceng, Semua Game Bisa Dibabat!

Komponen Terbaik Untuk Aktivitas Gaming dan Overclock


Saat ini, arsitektur prosesor benar-benar menuntut motherboard untuk bisa menunjangnya dengan berbagai fitur yang menarik. Sebagai salah satu motherboard kelas atas, TUF Gaming Z490-Plus WI-FI menawarkan berbagai komponen dan fitur canggih untuk para gamer melakukan overclock demi aktivitas gaming yang lebih baik.

DRMOS

VRM onboard dari TUF Gaming Z490-Plus WI-FI menggunakan tingkat daya 12+2 phase VRM DrMOS yang menggabungkan MOSFET sisi tinggi dan sisi rendah serta driver ke dalam satu paket, memberikan kekuatan dan efisiensi yang dimiliki prosesor Intel Core generasi-10 dan menunjangnya dengan sangat baik dan aman tentunya.

6-Layer PCB Design

Salah satu hal yang penting untuk mengurangi panas berlebih. TUF Gaming Z490-Plus WI-FI memiliki beberapa lapisan PCB untuk mengalirkan panas dari komponen, dan menyediakan lebih banyak ruang untuk mendorong prosesor agar bisa meningkat kecepatannya dengan melampaui kecepatan stok yang tentunya tetap stabil tanpa panas berlebih.

Socket ProCool

Konektor pada motherboard TUF Gaming Z490-Plus WI-FI juga sudah mengusung fitur ProCool II untuk saluran daya yang lebih stabil dari PSU dan penghantar panas yang lebih baik. Setidaknya ada peningkatan efisiensi beberapa persen jika dibandingkan dengan socket tradisional pada umumnya.

TUF Component

Seperti yang selalu kru KotGa sebutkan pada halaman sebelumnya, salah satu yang menjadi kelebih dari seri TUF Gaming adalah komponen dengan durabilitas yang luar biasa. Salah satu komponen penting untuk stabilitas dan keamanan untuk melakukan overclock adalah induksi dan juga kapasitor yang digunakan. Pada motherboard ini, kedua komponen tersebut diberikan khusus seri “TUF” untuk memberikan kualitas dan durability yang lebih solid.

DIGI+ VRM

DIGI+ VRM (Voltage Regulation Modules) adalah teknologi untuk menjamin efisiensi energi yang lebih besar dan pengiriman daya yang paling tepat untuk ke berbagai komponen lainnya.

TUF Gaming Alliance

Salah satu kelebihan dari seri TUF Gaming adalah memiliki dukungan TUF Gaming Alliance. Fungsinya mempermudah end-users ketika merakit PC dari berbagai vendor dengan jaminan kemudahan dan reliability dalam menggunakannya di dalam komponen TUF Gampang, karena memang berbagai berbagai komponen dari vendor tersebut sudah di test berdasarkan standar TUF serta estetika yang tentunya senada dengannya.

BACA JUGA BERITA INI
close