space
ASUS TUF GAMING GEFORCE RTX 3080
PC
Selasa, 10 Nov 2020

Desain yang Solid dan Gamer Banget!


Ketika pertama kali melihat TUF Gaming GeForce RTX 3080 kesan pertama yang kru KotGa lihat adalah sebuah kartu grafis dengan desain yang solid, gagah, namun tetap gamer banget. Hal tersebut didukung dengan ukurannya yang bongsor, tiga buah kipas, serta eksterior lampu RGB yang simple, tapi tetap bisa diubah warnanya sesuka hati. Layaknya kartu grafis kekinian, TUF Gaming GeForce RTX 3080 juga dilengkapi dengan backplate yang solid.

Seperti yang kru KotGa sebutkan diatas, TUF Gaming GeForce RTX 3080 memiliki ukuran yang cukup bongsor. Setidaknya, karu grafis ini akan memakan 2.7 slot dengan ukuran sekitar 29.99cm x 12.69cm x 5.16cm. Jadi pastikan casing yang kamu gunakan cukup besar untuk menampungnya.

Ukuran yang besar tersebut tentu saja bukan tanpa alasan. TUF Gaming GeForce RTX 3080 memiliki tiga buah fan atau kipas yang juga berukuran besar. ASUS sendiri masih konsisten dengan formasi desain kipas Axial-Tech Fan + Dual Fan Ball Bearing, dimana salah satu kipasnya bisa berputar melawan arah untuk meningkatkan tekanan udara kebawah.

Untuk konektivitasnya sendiri, TUF Gaming GeForce RTX 3080 memiliki slot interface yang cukup lengkap. Dimana terdapat 2x HDMI 2.1, dan 3x Display Port 1.4a. Berbeda dengan versi Founder Edition milik NVIDIA, RTX 3080 besutan ASUS ini menggunakan 2x8-Pin Power Connector. Sebagai tambahan, terdapat juga tombol switch dan tinggal geser untuk mengubah ke Quiet Mode & Performance Mode di fisik kartu grafis ini.

Baca ini juga :
» Review ROG Strix SCAR 17 2023 G733
» Review ROG Strix Scar 16 G634JZ
» Review ROG x EVANGELION EVA-02
» Review Steam Deck OLED
» ASUS ROG G22CH G22CH-7K3114700WSO
» EA Sports FC 24
» Review ASUS ROG Zephyrus G14 2023 GA402XV
» ASUS SmartO Mouse MD200
Teknologi Auto-Extreme

Sekedar informasi untuk kamu, semua kartu grafis buatan ASUS telah dibekali dan dibuat dengan teknologi Auto-Extreme. Hal tersebut merupakan proses manufaktur otomatis yang menetapkan standar baru dalam industri dengan memungkinkan semua penyolderan diselesaikan dalam sekali jalan. Hal ini mengurangi tekanan termal pada komponen dan menghindari penggunaan bahan kimia pembersih yang keras, yang menghasilkan lebih sedikit dampak lingkungan, konsumsi daya produksi yang lebih rendah, dan produk yang lebih andal secara keseluruhan.

Heatsink Maxcontact

Untuk mengalirkan panas ke dalam rangkaian heatsink secara efisien, sehingga dapat dibuang oleh kipas teknologi aksial yang bertenaga, ASUS menggunakan proses produksi yang meningkatkan kehalusan permukaan penyebar panas pada tingkat mikroskopis. Permukaan yang lebih datar memungkinkan kontak yang lebih baik dengan die guna meningkatkan transfer panas.

New Axial Fan-Tech

Kartu TUF Gaming memanfaatkan desain kipas teknologi Aksial yang sudah terbukti efektif, dengan tiga kipas yang bekerja sama untuk mengatasi beban panas dari desain NVIDIA baru yang berperforma tinggi. Kipas ini mengandalkan bantalan peluru ganda pada kipas guna memastikan tercapainya performa konsisten dan daya tahan lebih lama dibandingkan sleeve bearing dan jenis bantalan peluru lainnya.

BACA JUGA BERITA INI
close