space
BERASA MASUK KE DALAM GAME! INILAH SENSASI GAMING DI 3 MONITOR DENGAN ASUS TUF RTX 3080!
PC
Rabu, 11 Nov 2020

Sensasi Bermain Game yang Lebih Lega dan Imersif

Untuk melihat seberapa signifikan sensasi yang ditawarkan saat bermain game di tiga monitor, kami memutuskan untuk langsung mencoba mengujinya di beberapa game populer mulai dari Microsoft Flight Simulator, Watch Dogs Legion, Genshin Impact, Marvel’s Avengers dan PUBG. Impresinya bisa kamu simak di bawah ini:

(sebagai tambahan, semua game yang kami coba sudah di set ke setting maksimum dengan resolusi 1920 x 1080 untuk satu monitor dan 5760 x 1080 untuk tiga monitor)

Microsoft Flight Simulator

Microsoft Flight Simulator adalah salah satu game keluaran terbaru yang memiliki tuntutan spesifikasi yang tinggi, namun dengan ASUS TUF RTX 3080 kami tentunya tidak perlu khawatir dengan performa yang bisa ditawarkan, khususnya dari segi kualitas grafis. Game ini juga mengandalkan sudut pandang luas agar dapat memberikan sensasi seperti mengendarai pesawat sungguhan.

  • Saat Dimainkan di 1 Monitor - Untuk setup satu monitor pengalaman yang dirasakan sebenarnya cukup enjoyable, hanya saja saat berada dalam mode cockpit kamu tidak dapat melihat keseluruhan panel kendali dalam satu layar sehingga keseluruhan sudut pandang memang jadi terasa lebih terbatas.
  • Saat Dimainkan di 3 Monitor - Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, Microsoft Flight Simulator adalah game yang dapat mengandalkan sudut pandang luas, dan benar saja pengalaman yang kami rasakan saat bermain di tiga monitor terasa jauh lebih berbeda. Baik saat berada di dalam cockpit pesawat maupun saat mengendarai dari sudut pandang jauh kamu dapat melihat pemandangan dunia dari atas dengan lebih luas.

Watch Dogs Legion

Satu lagi game open-world terbaru keluaran Ubisoft yang cukup ramai dan sukses menarik perhatian fans selama beberapa minggu terakhir. Watch Dogs Legion juga termasuk game yang bisa dimaksimalkan dengan setup tiga monitor untuk memberikan sudut pandang luas saat melakukan eksplorasi di map open-world dan jalanan London yang selalu sibuk.

  • Saat Dimainkan di 1 Monitor - Maka seperti biasa, memainkan game open-world standar seperti Watch Dogs Legion di satu monitor tetap menawarkan sensasi yang sepantasnya dan enjoyable bagi semua pemain. Namun kamu tentunya juga bisa memaksimalkannya ke tingkat yang lebih imersif dengan tiga monitor.
  • Saat Dimainkan di 3 Monitor - Memainkan Watch Dogs Legion di tiga monitor membawa kelebihan baru yang sebelumnya tidak kami duga. Karena selain dapat melihat lingkungan sekitar dengan sudut pandang luas dan lebih imersif, kamu juga dapat melihat Operative potensial atau NPC yang bisa direkrut dalam kelompok DedSec dengan lebih baik. Jadi misalkan sebelumnya ada NPC yang terlewat dari pandanganmu karena hanya menggunakan satu monitor, kini kamu dapat melihat NPC tersebut dan merekrutnya.

Assassin's Creed Valhalla

Salah satu game open-world terbaru dari Ubisoft yang paling diantisipasi ini akhirnya sudah tiba, dan kami merasa kalau ini adalah game yang juga sangat cocok untuk bahan pengetesan dengan setup tiga monitor. Map open-world yang sangat luas dengan fokus gameplay yang menitikberatkan eksplorasi akan sangat terdukung dengan sudut pandang bermain yang luas pula.

  • Saat Dimainkan di 1 Monitor - Karena kami sudah terbiasa memainkan game open-world di satu monitor, pengalaman yang dirasakan tentu saja masih terasa sama dan tetap enjoyable. Namun bagaimana jadinya jika menggunakan tiga monitor?
  • Saat Dimainkan di 3 Monitor - Memainkan Assassin's Creed Valhalla di tiga monitor adalah sebuah pengalaman yang cukup luar biasa, dimana kamu bisa melihat seluruh lingkungan alam sekitar dengan lebih jelas. Ada juga banyak momen dimana kamu harus dapat melakukan infiltrasi dan pertempuran besar yang memang menuntut fokus saat melihat area sekeliling, dan setup tiga monitor ini terbukti mampu menjawab kebutuhan tersebut.

Genshin Impact

Rasanya kurang lengkap jika tidak menambahkan game F2P yang sedang sangat populer ke dalam pengetesan ini, dan benar saja Genshin Impact termasuk salah satu game terbaik yang kami uji dalam pengetesan tiga monitor sejauh ini.

  • Saat Dimainkan di 1 Monitor - Pengalaman yang kami rasakan saat bermain di satu monitor tetap terasa enjoyable dan sesuai dengan ekspektasi, dimana beberapa UI yang dapat berpindah ke satu sisi layar menjadi lebih terfokus di bagian tengah.
  • Saat Dimainkan di 3 Monitor - Dunia Teyvat yang luas kini menjadi jauh lebih hidup dan menyegarkan saat dilihat di setup tiga monitor. Genshin Impact adalah game yang berfokus pada eksplorasi dan kejelian mata dalam melihat beberapa item penting yang perlu didapat, dan memainkan game ini di tiga monitor terbukti sangat membantu.

Marvel's Avengers

Game adaptasi superhero yang cukup lama dinanti ini akhirnya tiba, dan kami tentunya tidak ingin melewatkan kesempatan untuk mencicipi pengalaman beraksi dengan Captain America dkk. dengan setup 3 monitor yang lebih imersif.

  • Saat Dimainkan di 1 Monitor - Saat dimainkan di setup satu monitor kami tetap merasakan pengalaman standar yang sesuai ekspektasi, hanya saja ada beberapa segmen dalam game yang menuntut fokus saat melihat adanya gerombolan musuh yang melakukan ambush di sisi lain, dan sayangnya kami tidak dapat melihatnya dengan jarak pandang terbatas di satu monitor.
  • Saat Dimainkan di 3 Monitor - Beralih saat memainkan gamenya di tiga monitor, seketika Marvel's Avengers dapat beradaptasi dengan sangat baik di setup ini. Dari awal loading screen hingga beralih ke segmen gameplay ketiga layar selalu terisi, yang memungkinkan kamu untuk merasakan pengalaman bermain lebih imersif dengan sudut pandang area sekitar yang lebih luas.

PlayerUnknown's Battlegrounds

Selain game AAA, kami tentunya juga penasaran bagaimana sensasi saat memainkan game kompetitif Esports di setup tiga monitor, apakah pengalaman yang diberikan memang terasa berbeda dan membawa nilai plus tersendiri?

  • Saat Dimainkan di 1 Monitor - Memainkan PUBG atau game kompetitif lainnya di satu layar memang sangat normal dan sudah menjadi standar, karena ada kelebihan tersendiri juga yaitu menjaga fokus pemain dalam satu sudut pandang. Jadi kami merasa bermain PUBG di satu monitor adalah pengalaman yang lebih enjoyable.
  • Saat Dimainkan di 3 Monitor - Sementara itu, saat beralih ke setup tiga monitor, kami langsung merasakan satu keuntungan besar, yaitu luasnya sudut pandang area pertempuran yang membantu dalam mengetahui letak keberadaan musuh. Sayangnya sudut pandang kamera ke karakter, baik saat berada dalam mode third maupun first person, menjadi lebih dekat.

Baca ini juga :
» Review ROG Strix SCAR 17 2023 G733
» Review ROG Strix Scar 16 G634JZ
» Review ROG x EVANGELION EVA-02
» Review Steam Deck OLED
» Review Cooler Master GM27-FFS
» ASUS ROG G22CH G22CH-7K3114700WSO
» Review ASUS ROG Zephyrus G14 2023 GA402XV
» ASUS SmartO Mouse MD200

Kesimpulan Pengalaman Bermain Game, 1 Monitor vs 3 Monitor Seberapa Beda?

Jika melihat impresi yang kami berikan dari semua game yang sudah diuji coba, kamu pastinya bisa melihat bagaimana setup tiga monitor dapat memberikan pengalaman bermain dengan sudut pandang lebih luas dan imersif.

Objek yang sebelumnya tidak dapat dilihat karena limitasi dari satu monitor kini dapat terlihat dengan jelas, ini tentunya sangat membantu dalam game yang menuntut kejelian dalam melihat lingkungan sekitar baik saat melakukan eksplorasi di dunia open-world luas maupun mencari keberadaan musuh.

Namun, untuk mendapatkan pengalaman bermain dengan sudut pandang lebih luas dan nyata ini secara tidak langsung kamu akan membutuhkan lebih banyak ruang dalam menempatkan ketiga monitor tersebut. Namun jangan khawatir, karena ketiga monitor ini tergolong tipis dan bisa diletakkan sesuai seperti pada foto di atas untuk meminimalkan penggunaan ruang.

BACA JUGA BERITA INI
close