space
MENDING? INILAH REKOMENDASI RAKIT PC GAMING SEHARGA PS5!
-
Selasa, 01 Dec 2020
Berbeda dengan peluncuran konsol beberapa generasi sebelumnya. Sepertinya peluncuran konsol generasi saat ini tidak berjalan lancar sesuai keinginan semua pihak. Karena stok yang terbilang sangat minim dan permintaan yang sangat banyak akibat pandemi COVID-19. Para gamer cukup kesulitan untuk mendapatkan konsol next-gen yang diinginkan.

Karena hal tersebut, banyak gamer yang awalnya sangat ingin membeli PlayStation 5, menahan diri untuk menunggu stok kembali normal dan mendapatkan sesuai dengan harga yang memang di tetapkan Sony. Untuk di Indonesia sendiri, PlayStation 5 akan dirilis pada 22 Januari 2021 mendatang, dan para gamer bisa mulai Pre-Order mulai 18 Desember mendatang. Untuk harganya , PlayStation 5 versi standar akan dijual di IDR. 8,799,000 sementara untuk versi digitalnya yang lebih murah dipatok di IDR. 7,299,000.

Ingin merakit PC gaming dengan budget PlayStation 5? Tentu saja bisa. Pada artikel ini kru KotGa akan memberitahukanmu rekomendasi rakit PC gaming seharga PlayStation 5. Yuk simak artikelnya!

Baca ini juga :
» Catat Tanggalnya, Inilah Daftar Game yang Akan Rilis Maret 2021!
» Seru Terus! Inilah 7 Rekomendasi Game Minggu Ini yang Harus Gamer Coba Mainkan
» Gamer PC Merapat! Inilah 10 Game Eksklusif PlayStation yang Paling Dinanti di PC
» Review Persona 5 Strikers: Sekuel Apik dengan Intensitas Pertarungan yang Tinggi
» Bikin Kangen Pas Masih Jadi Bocil! Game Nostalgia Masa Kejayaan Warnet Indonesia
» Ngebut & Mayan Murah! Rekomendasi Laptop Untuk Gaming Nyantai & Kerja Cuma 7 - 10 Jutaan!
» ASUS ZenBook Flip S (UX371)
» Sambut Sang Legenda Wangy! 5 Alasan Belum Terlambat Build Keqing di Genshin Impact!
Berikut rekomendasi rakit PC gaming dengan budget seharga PlayStation 5. Harganya terbilang cukup terjangkau untuk ukuran sebuah PC gaming dan tidak memerlukan budget sampai IDR 10 juta.

  • Prosesor: AMD Ryzen 5 2600 = IDR 2.050.000
  • Motherboard: ASRock B450M-HDV = IDR 1.050.000
  • VGA: Zotac GTX 1660 Super 6GB GDDR6 = IDR 3.400.000
  • RAM: GEIL DDR4 Evo Potenza PC21330 2666MHz 16GB = IDR 850.000
  • SSD: V-GEN M.2 SSD NVMe 256GB = IDR 529.000
  • PSU: FSP HV PRO 550W = IDR 585.000
  • Casing: Cube Gaming Wescov = IDR 470.000

Total: IDR 8.944.000
Ryzen 5 2600 bisa menjadi pilihan yang tepat bagi para gamer yang juga ingin melakukan berbagai aktivitas disamping tuntutan performa gaming yang dihasilkan dan memiliki price performance yang sangat baik. Apalagi, saat ini stok untuk Ryzen 5 2600 sangat mudah dicari dipasaran dengan harga yang wajar. Yap, setidaknya kamu masih bisa menggunakannya sampai Ryzen 5000 sampai ke Indonesia dengan harga yang stabil.

Kru KotGa sengaja memilih motherboard AM4 dengan chipset B450. AMD sudah mengumumkan Ryzen generasi keempat dan kabarnya untuk motherboard lawas akan didukung mulai dari B450, belum ada kepastian A320 masih didukung atau tidak. Dengan begitu, motherboard ini bisa future proof dan tidak perlu upgrade jika ingin menggunakan Ryzen 5000 kedepannya.

Untuk urusan penyimpanan, yakali untuk zaman sekarang tidak menggunakan SSD? Segalam macam aplikasi dan sistem operasi akan sangat lebih lancar dan optimal juga menggunakan SSD. Untuk sementara, menggunakan 256GB SSD sudah cukup untuk menyimpan sedikit game dan sistem operasi. Sisanya nanti kamu bisa menabung untuk membeli harddisk.

Baca ini juga :
» Catat Tanggalnya, Inilah Daftar Game yang Akan Rilis Maret 2021!
» Seru Terus! Inilah 7 Rekomendasi Game Minggu Ini yang Harus Gamer Coba Mainkan
» Gamer PC Merapat! Inilah 10 Game Eksklusif PlayStation yang Paling Dinanti di PC
» Review Persona 5 Strikers: Sekuel Apik dengan Intensitas Pertarungan yang Tinggi
» Bikin Kangen Pas Masih Jadi Bocil! Game Nostalgia Masa Kejayaan Warnet Indonesia
» Ngebut & Mayan Murah! Rekomendasi Laptop Untuk Gaming Nyantai & Kerja Cuma 7 - 10 Jutaan!
» ASUS ZenBook Flip S (UX371)
» Sambut Sang Legenda Wangy! 5 Alasan Belum Terlambat Build Keqing di Genshin Impact!
Untuk urusan casing sebenarnya bisa tergantung seleranya pengguna. Namun kru KotGa pribadi merekomendasikan Cube Gaming Wescov karena bentuknya yang terbilang minimalis dan keren. Memang dari segi build quality terlihat meragukan karena harganya yang sangat murah, namun sudah lebih dari cukup untuk PC gaming dengan budget terbatas ini.

Dengan spesifikasi diatas, kamu bisa memainkan game terkini menggunakan resolusi 1080p yang tentunya dengan settingan yang menyesuaikan. Motherboard AM4 dengan chipset tersebut masih bisa melakukan overclock RAM untuk meningkatkan performa Ryzen tersebut. Kru KotGa rekomendasikan untuk meningkatkan kecepatan RAM hingga 3200Mhz atau minimal 2933Mhz.

Kru KotGa yakini bahwa kombinasi antara AMD Ryzen 5 2600 serta GTX 1660 Super adalah "zona nyaman" untuk para gamer saat ini, terutama untuk yang masih memainkan game di resolusi 1080p, tetapi rakitan PC ini juga masih bisa memainkan game di resolusi 4K. Berikut adalah hasil benchmark Ryzen 5 2600 + GTX 1660 Super ketika dicoba untuk memainkan game terkini:

Melihat performa diatas, rasanya Ryzen 5 2600 + + GTX 1660 Super akan menjadi solusi untuk gamer yang ingin merakit PC dengan budget PlayStation 5. Dengan harga 8 jutaan, para gamer sudah mendapatkan PC yang siap melibas berbagai game kekinian seperti Assassin's Creed Odyssey, Call of Duty Warzone, Apex Legends, Red Dead Redemption 2, dan masih banyak lainnya dengan rata-rata framerate diatas 60 FPS di resolusi 1080p.

Untuk performa 4K sendiri, GTX 1660 Super masih sedikit sanggup untuk memainkan berbagai game kekinian seperti Red Dead Redemption 2, ataupun Horizon Zero Dawn. Namun, settingan lebih menyesusaikan entah itu medium atau bahkan low. Selain itu, yang menjadi kekurangan PC rakitan ini dibanding PlayStation 5 adalah tidak mendukungnya fitur ray-tracing.

Tentunya harga yang Kru KotGa sebutkan diatas akan berbeda-beda di setiap toko, tapi tidak akan terlalu jauh kok perbedaannya. Semoga artikel rekomendasi rakit PC gaming ini bisa menjadi pertimbangan kalian para gamer untuk merakit PC atau membeli PlayStation 5 yang saat ini stoknya masih cukup sulit untuk didapatkan dengan harga normal.

(KotakGame)

BACA JUGA BERITA INI
close