space
NEO: THE WORLD ENDS WITH YOU
Switch
Rabu, 18 Aug 2021

Gameplay yang Menyenangkan dan Fitur yang Bervariasi




Di sepanjang permainan, pemain bukan lagi mengontrol Neku, melainkan protagonis baru yaitu Rindo Kanade. Setelah ia bersama sahabat karibnya, Tosai Furesawa atau Fret terjebak di sebuah permainan yang membawa mereka pada fenomena-fenomena aneh di Shibuya, mau tidak mau keduanya harus memiliki tim untuk bersaing dengan Player lainnya, serta memiliki poin tertinggi dalam permainan Reaper’s Game.

Baca ini juga :
» Sampai Bulan Mei Gamenya Masih Kurang Seru? 7 Game Seru Yang Akan Rilis Di Tahun Ini!
» Grafis Cantik Bukan Jaminan! 7 Game Dengan Grafis Extra Ciamik, Namun Gagal di Pasaran!
» Sisihkan THR Kamu! Ini Dia 7 Game Yang Akan Rilis Di Bulan Mei 2022
» Kena Macet? Mainin 7 Game Ini Biar Gak Bosen di Jalan Pas Lagi Mudik!
» Bersiaplah! Ini DIa 7 Upcoming Game Dari Square Enix Yang Bakalan Mantep!
» Jadi Petualang Tak Pernah Salah! 7 Game Eksplorasi Baru Yang Akan Rilis di 2022!
» Main Ulang Justru Berbeda! 7 Game Yang New Game+ Nya Membuat Perubahan!
» Elden Ring Penuh Misteri, Tapi 7 Senjata Paling Absurd Ini Akan Bikin Kamu Geleng-Geleng!
Setelah mengalami fenomena aneh, barulah pemain bisa mengontrol Rindo sebebas mungkin. Selama berada di dunia Realground, Rindo dapat berkeliling di wilayah Shibuya dan melakukan berbagai hal. Misalnya membaca isi hati atau pikiran orang-orang di sekitarnya, melihat logo Reaper untuk bertarung, hingga makan di restoran. Pemain bisa mengaktifkan semacam Scan untuk membaca pikiran dan melihat logo Reaper. Apabila karakter berada di dekat logo tersebut, maka akan membawanya ke dalam pertarungan. Ketika melakukan Scan, maka layar pun juga berubah menjadi gelap.




Akan tetapi, ada beberapa poin yang menurut kami cukup disayangkan. Ketika ingin berbelanja, Rindo tidak dapat mengelilingi toko, yang menurut kami justru bisa membuat gameplay lebih variatif. Hanya menu untuk membeli item saja yang ditampilkan ketika hendak berbelanja atau makan di restoran. Poin lainnya adalah kamera. Dalam game ini, pemain tidak bisa mengutak-atik rotasi kamera sesuai keinginan. Kamera akan secara otomatis mengambil sudut pandang berbeda, tergantung pada arah jalan karakter.




Di samping itu, Neo: TWEWY menghadirkan sistem hari dan minggu, yang akan mengingatkan pemain pada game-game JRPG seperti Persona. Setiap harinya, pemain disuguhkan dengan berbagai misi berbeda, yang belum tentu ada di hari-hari berikutnya. Berbicara soal misi, Neo: TWEWY juga menampilkan fitur Side Quest yang tidak kalah penting dari misi utama. Menariknya dari misi sampingan ini adalah memungkinkan pemain mendapatkan karakter baru, hadiah menarik, hingga Threads baru. Perlu diketahui, menyelesaikan Side Quest bisa menghasilkan Friendship Point yang membuka fitur baru untuk menunjang pertarungan.




Membahas soal Friendship Point, Neo: TWEWY memiliki fitur semacam Skill Tree, yang baru bisa dibuka di hari keempat. Pemain dapat melihat tampilan informasi dan hubungan antar karakter di fitur ini. Bukan hanya melihat informasi setiap karakter, Skill Tree juga menampilkan semacam hadiah, yang dapat membuka fitur-fitur menarik dalam game. Akan tetapi, untuk mengaktifkan keseluruhan, dibutuhkan Friendship Point untuk mengalokasikannya.




Adapun hal menarik dan menyenangkan lainnya yang bisa dilakukan di Neo: TWEWY. Salah satunya adalah makan di restoran. Rindo bisa mengajak teman-temannya untuk masuk dan makan di restoran, guna meningkatkan stat maupun buff yang berguna dalam pertarungan. Bukan sekadar makan dan menaikkan buff, pemain juga dapat menebak makanan yang disukai setiap karakter dengan melihat ekspresi mereka. Unik, bukan?




Selain bisa makan di restoran, Neo: TWEWY juga menghadirkan kemampuan-kemampuan menarik lainnya. Selain bisa membaca pikiran dan melihat Noise, adapun kemampuan milik Fret yang bisa mengembalikan ingatan orang lain. Ada beberapa misi yang memanfaatkan kemampuan Fret tersebut. Caranya pun terbilang menyenangkan. Pemain hanya perlu memutar-mutarkan analog pada kontroler sampai membentuk sebuah gambar yang sesuai. Kemampuan lainnya adalah time-traveling, dimana Rindo dapat kembali ke beberapa waktu lalu untuk menyelesaikan suatu misi. Menariknya, pemain nantinya juga bisa mengunjungi Chapter sebelumnya pada menu Records.

Pin-Pin Kece Sebagai Senjata Utama




Combat Neo: TWEWY boleh dibilang sangat unik, jika dibandingkan dengan JRPG pada umumnya. Square Enix juga tidak meninggalkan ciri khas TWEWY di versi sekuelnya, dimana Pin masih tetap eksis sebagai senjata utama untuk bertarung. Desain pin-pin yang unik ini membuat kami tertarik untuk mengumpulkannya dan menaikkan level masing-masing Pin.




Setiap Pin memiliki tipe serang atau Command yang berbeda-beda dan bisa digunakan untuk karakter tertentu. Misalnya Pin dengan Command Rapid-Tap dapat dipakai oleh Rindo maupun Fret. Sementara tipe Hold dan Charge bisa dipakai oleh Nagi dan Sho. Selain itu, tiap Pin dirancang memiliki kontrol dan level yang bervariasi. Ada yang hanya bisa mencapai maksimal level 3, ada juga yang sampai level 5. Menariknya, beberapa Pin ada yang bisa berevolusi dan memiliki perubahan daya serang maupun levelnya.




Berbicara mengenai mekanisme pertarungan, Neo: TWEWY hanya menampilkan satu health bar dalam battle, yang telah mencakup 4 karakter. Berbeda dengan JRPG pada umumnya yang seringkali memperlihatkan masing-masing karakter memiliki health bar-nya sendiri. Apabila 1 karakter terkena serangan, maka health bar akan berkurang. Di sinilah pemain harus memastikan agar semua karakter tidak terkena serangan dan menyelesaikan pertarungan dengan cepat.




Kunci utama dalam battle di sini adalah waktu dan besarnya damage yang dihasilkan. Apabila pemain berhasil menyeimbangkan keduanya, maka Rank yang didapat akan lebih bagus. Jika ingin menyelesaikan pertarungan dengan cepat, usahakan untuk mengatur strategi dan Pin yang dipilih. Buat yang belum pernah memainkan TWEWY sebelumnya, tentu membutuhkan beberapa waktu untuk beradaptasi dengan strategi battle-nya. Namun, ke belakangnya akan terbiasa dan menyenangkan. Karena mekanismenya yang unik, membuat kami bisa mengambil sekitar 5 kali pertarungan sekaligus dalam satu tempat. Lumayan untuk menaikkan level dan mengoleksi Pin.




Apabila pemain terus-menerus melakukan pergantian Psych melalui Drop The Beat, maka Grove Meter akan meningkat secara drastis. Drop The Beat seringkali muncul dalam bentuk lingkaran biru, yang memungkinkan pemain untuk berganti ke Psych atau serangan karakter yang berbeda. Dengan begitu, Grove Meter yang berada di tengah atas meningkat. Setelah Grove Meter mencapai level maksimal, pemain dapat mengaktifkan serangan spesial dengan menekan tombol A di Switch atau O di PS4 maupun PS5. Perlu diperhatikan, setiap serangan spesial yang dihasilkan berbeda-beda, bergantung pada Pin yang digunakan saat itu.

BACA JUGA BERITA INI
close