space
SHIN MEGAMI TENSEI IV
3DS
Senin, 29 Jul 2013
Shin Megami Tensei IV merupakan turn base role-playing game yang sedang hangat saat ini. Game yang dikembangkan dan dirilis oleh Atlus untuk konsol Nintendo 3DS ini sudah diterbitkan pada tanggal 23 Mei 2013 di negara Jepang, 16 Juli 2013 di wilayah Amerika Utara sedangkan untuk wilayah Eropa rencananya akan dirilis pada tanggal 19 September 2013.


Permainan akan dimulai pada sebuah negara bernama Mikado, dimana penduduknya dibagi menjadi 2 jenis kasta yaitu kasta bangsawan yang dikenal dengan istilah Luxuror dan kasta rakyat jelata yang dikenal dengan Casualrie.

Saat awal bermain, gamers akan menggunakan karkater Flynn yaitu peran protagonis pada game ini. Flynn mengikuti sebuah upacara pengangkatan untuk menjadi samurai dengan istilah "Ceremony of the Gauntlet" di wilayah timur Mikado. Dalam upacara tersebut, Flynn tidak sendirian karena ada beberapa tokoh lain yang sama-sama baru diangkat menjadi samurai yaitu Walter, Jonathan dan Isabeau. Tokoh-tokoh tersebut juga pernah ditemui oleh Flynn di dalam mimpinya.


Di saat yang sama, samurai wanita kegelapan memberikan buku-buku kepada pada Casualrie dan menyebarkan pengetahuan di dalamnya, sehingga mengubah para Casualrie menjadi demon (iblis). Flynn dan kawan-kawan memberikan perlawanan berarti kepada samurai wanita tersebut di Kiccigiorgi, walaupun pada akhirnya samurai itu berhasil melarikan diri.

Grafis 3D dan artwork yang ditampilkan pada game ini bagus. Gerakan karakter terlihat luwes sedangkan artwork cukup ekspresif. Penyuaraan karakter pada game ini pun terdengar ekpresif dan sangat sesuai dengan karkater yang diperankan, kualitas penyuaraan yang setara dengan game 3DS juga yang berjudul Project X Zone. Hal seperti itu membuat pengalaman dalam bermain menjadi lebih seru, karena pesan atau perasaan yang disampaikan oleh karakter menjadi lebih mudah dirasakan.


Gameplay pada game ini tidak begitu sulit. Dikarenakan sebagai turn base RPG, serangan antara karakter dengan lawan akan dilakukan secara bergantian. Saat berjalan di dungeon, akan muncul sesosok mahluk yang berbentuk sepeti kupulan data. Apabila gamers bertemu dengannya, dan dia mendekat ke arah gamers maka pertarungan melawan demon pun akan terjadi.

Yuk baca keseruan pada game ini di halaman selanjutnya.

BACA JUGA BERITA INI