space
TERLALU KECIL! SESEORANG MODIFIKASI STEAM DECK YANG NAMBAHIN PENYIMPANANNYA JADI 15TB!
PC
Jumat, 19 Apr 2024

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Steam Deck telah dikenal sebagai perangkat gaming PC genggam paling populer hingga saat ini. Namun, Valve membatasi kapasitas penyimpanannya hingga maksimal 1TB di luar pengaturan standar.

Meskipun memungkinkan untuk mengganti drive penyimpanan dengan kapasitas yang lebih besar, pilihan SSD yang kompatibel sering kali terbatas pada kapasitas beberapa terabyte saja.

Seorang modder bernama AC2334 menemukan solusi inovatif untuk menambah penyimpanan besar ke Steam Deck tanpa meningkatkan berat perangkat secara signifikan.

Dalam sebuah postingan di subreddit Steam Deck, AC2334 menjelaskan bagaimana mereka membuat perangkat yang dapat dipasang di bagian belakang steamdeck, memperluas kapasitas penyimpanan hingga lebih dari 15,5 TB.


Sumber: REddit: U/AC2234

Modder memanfaatkan hub yang memberikan akses ke berbagai slot USB dan kartu SD. Mereka memasang drive NVME eksternal di bagian belakang perangkat, dan juga menggunakan hub USB tambahan untuk menambah jumlah port yang tersedia. Hub tersebut diisi dengan drive USB SanDisk.

Baca ini juga :

» Modder Berhasil Porting Game GTA V ke Nintendo Switch, Tapi Switch Kewalahan Buat Jalaninnya!
» McLaren Lu Warna Apa Bos! Seorang Modder Buat Skin Nolan Edisi Timothy Ronald!
» Modder Ini Kasih Tahu Cara Mempersulit Hidup, Pakai iPod Sebagai Controller Steam Deck
» Modder Berhasil Oprek Steam Deck Miliknya Jadi Punya Dual Screen, Tribute Untuk Nintendo DS
» Nge-DJ Pakai Steam Deck! Pengguna Reddit Sambungin Alat DJ ke Steam Deck Buat Dipakai Nge-DJ
» Modder Berhasil Upgrade Steam Deck Pakai GPU External Radeon 6700 XT, Jadi Makin Kencang!
» Video Mod Pokemon Palworld di-Takedown Nintendo! Fans Takut Terjadi Sesuatu Pada Palworld
» Modder Palworld Pokemon Tutup Link Download Mod-nya, Takut Dituntut Nintendo

Modder menggunakan dudukan unik untuk memasang dan melepaskan kit dari Steam Deck, yang hanya menambah berat kurang dari satu pon pada Steam Deck seberat 1,5 kg.


Sumber: REddit: U/AC2234

Foto-foto manajer file di Steam Deck menunjukkan total kapasitas penyimpanan yang mencapai lebih dari 15,5 TB untuk menginstal game.

Namun, modder tidak hanya menambahkan kapasitas penyimpanan, tetapi juga fitur lain seperti ethernet untuk koneksi internet lebih cepat dan HDMI untuk menghubungkan ke monitor yang lebih besar. Semua ini berkat hub USB yang digunakan sebagai dasar modifikasi.

Perlu diingat, peningkatan ini dapat mengurangi daya tahan baterai perangkat genggam yang sudah terbatas. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan Steam Deck yang terhubung ke daya listrik saat merencanakan penggunaan perangkat serupa.



Selain berita utama di atas, KotakGame juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

BACA JUGA BERITA INI
close