space
SEBELUM JADI SIMP! HYPENYA VTUBER DAN PERKEMBANGANNYA TERHADAP DUNIA GAME DAN STREAM!
-
Selasa, 19 Jan 2021


Jika membahas tentang streamer, ada satu kategori yang pastinya gak boleh dilewatin. Meskipun kita banyak sekali streamer-streamer populer seperti Shroud, Ninja, hingga Pokimane di Twitch. Namun kita tidak boleh menutup mata dengan salah satu pasar yang berbeda dengan yang ada diatas tersebut, apalagi jika membahas game apalagi kalau bukan VTuber atau Virtual YouTuber.

VTuber adalah YouTuber yang diwakili oleh avatar digital yang dihasilkan oleh grafik komputer. YouTuber virtual merupakan karakter fiksi 2D maupun 3D yang menjalankan kanal YouTube. YouTuber virtual berperan sebagai penghibur online yang menggunakan avatar yang dibuat oleh komputer. Salah satunya yang dikenal sebagai pionir utama VTuber adalah Kizuna Ai.

Jadi di pembahasan kali ini, Kru KotGa akan mengulik seberapa pesat perkembangan VTuber dan apa pengaruhnya terhadap perkembangan game di masa sekarang. Mengingat Pandemi COVID-19 mengharuskan banyak orang untuk berdiam dirumah saja dan pada akhirnya harus mencari hiburan menarik di YouTube sebagai penghilang rasa bosan.

Baca ini juga :
» Review ROG x EVANGELION EVA-02
» PlayStation Plus Diumumkan, Apakah Lebih Worth It Dibanding Xbox Game Pass? Cari Tahu Sekarang!
» Gak Usah Khawatir Bosan! Deretan Game Open World Yang Wajib Kalian Masukin Wishlist!
» Favoritmu Menang? Pengumuman Pemenang KotakGame Awards 2021
» Awas Bocor! Deretan Tips Supaya Laptop Kamu Baterainya Gak Bocor atau Rusak Ala Kru KotGa!
» Pantau Jangan Sampai Lepas! Catat Deretan Game Baru Paling Hype Yang Rilis Di Desember 2021
» Pro Player Auto Tajir Punya! Ini Dia Rincian Lengkap Hadiah Pendapatan Yang Didapat Para Peserta TI1
» Mau Jadi Tanjidor? Ini Dia Deretan Game Adaptasi Anime Yang Gak Akan Ngecewain!

Sejarah Berkembangnya VTuber di YouTube




Sumber: Kizuna AI

Secara garis besarnya seperti yang kru KotGa jelaskan sebelumnya, VTuber adalah karakter yang dibuat secara 2D ataupun 3D yang dapat bergerak mengikuti motion dari sang pemilik melalui aplikasi tertentu. Hal ini membuat karakter dari anime tersebut bisa bergerak layaknya manusia pada umumnya meskipun terbatas dalam beberapa hal.

Meskipun begitu para VTuber ini mendapatkan tempat tersendiri sebagai seorang streamer, apalagi mereka memiliki pasar yang sangat berbeda dari kebanyakan dan membuat mereka menjadi terlihat spesial. Walaupun sebelumnya sudah ada VTuber yang sudah memulai dari tahun 2011 yaitu Ami Yamato, namun meledaknya fenomena VTuber hadir setelah Kizuna Ai debut pada tahun 2016 daan hal itu memicu lahirnya beragam VTuber-Vtuber baru baik secara independen ataupun Agency.

Memiliki Pasar Tersendiri Khususnya Para Penggemar Anime




Sumber: Hololive

Memiliki grafis atau tampilan bergaya anime tentunya ini menggaet para penggemar dunia Jejepangan atau acap kali sering disebut dengan Wibu. Berbagai karakter VTuber tersebut mulai memoefikasi berbagai hal, baik binatang maupun hal-hal mitos yang divisualisasikan dengan apik sehingga mendapatkan identitasnya tersendiri untuk para penggemarnya.


Sumber: NijiSanji

Tidak hanya itu, para karakter anime ini juga memiliki Seiyuu yang mendukung karakternya menjadi lebih baik lagi entah itu bersuara manis, cempreng, ketawa yang unik hingga kamu dapat mengatakan ini adalah waifuku. Karena pada dasarnya mereka memiliki pengisi suara layaknya karakter anime pada umumnya sehingga hal inilah yang mendasari arti dari sebuah karakter VTuber. Apalagi karakter-karakter tersebut tidak hanya membawakan personifikasi di dalam karakternya, namun terkadang mereka juga memasukkan unsur sifat pribadi mereka ke dalamnya sehingga VTuber ini lebih kerasa semakin unik.

BACA JUGA BERITA INI
close