space
ASUS TUF GAMING A15 FA506NF, LAPTOP GAMING RP12 JUTAAN BISA APA AJA?
PC
Minggu, 05 May 2024

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!
ASUS merupakan produsen laptop yang sudah sangat berpengalaman dalam mengembangkan laptop gaming. Sejak tahun 2007, ASUS sudah memiliki jajaran laptop gaming ROG yang hadir sebagai solusi premium bagi gamer yang mulai mengedepankan mobilitas. Hingga saat ini, laptop gaming ROG tetap menjadi pilihan utama para gamer yang menginginkan inovasi terdepan dan performa maksimal. Lalu bagaimana dengan gamer dengan dana yang terbatas?

Baca ini juga :
» ASUS Luncurkan Kipas Case TUF Gaming TR120 ARGB
» Andrew Tate Dikecam Komunitas Game Setelah Bilang Wanita Tidak Boleh Main Game!
» Jadi Game PlayStation Dengan Penjualan Tercepat, Helldivers II Terjual 12 Juta Unit Hanya Dalam 3 Bulan
» ASUS Republic of Gamers Umumkan Kehadiran ROG Tessen Mobile Controller
» The Finals Season 2 Hacker Playstyle Diperkenalkan! Tawarkan Banyak Keseruan Baru
» Script Code Ditemukan di Rockstar Launcher Site, Red Dead Redemption Mungkin Akan Segera Rilis di PC
» ASUS Vivobook Pro 15X OLED, Laptop Content Creator Muda
» Wajib Connect Akun PSN untuk Multiplayer, Ghost of Tsushima di Steam Tidak Dapat Dibeli di 177 Negara!

Sebagian besar pilihan laptop gaming yang ada saat ini memang berada di rentang harga yang cukup tinggi. Hal tersebut dikarenakan sebuah laptop gaming pada dasarnya memang merupakan mesin berperforma tinggi sehingga rata-rata harganya pasti lebih mahal dibandingkan dengan laptop standar yang hanya bisa digunakan untuk aktivitas sehari-hari selain gaming. Untuk menjawab permintaan gamer yang memiliki dana terbatas, ASUS menghadirkan TUF Gaming A15 (FA506NF). Dibanderol dengan harga Rp12 jutaan, laptop ini menjanjikan pengalaman game AAA terbaik di kelasnya.


Penasaran? Mari kita bahas selengkapnya.

Tangguh dan Punya Fitur Lengkap

TUF Gaming telah lama dikenal sebagai laptop yang Tangguh, tidak terkecuali ASUS TUF Gaming F15 (FA506NF). Meski dipasarkan sebagai laptop gaming kelas pemula dengan harga Rp12 jutaan, namun ASUS TUF Gaming F15 (FA506NF) tetap dibekali dengan desain bodi yang Tangguh dan kokoh. Tidak tanggung-tanggung, laptop gaming ini juga telah mengantongi sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar militer AS (MIL-STD 810H).

Keunggulan ASUS TUF Gaming F15 (FA506NF) dari sisi desain tidak hanya sekadar Tangguh, tetapi juga dipenuhi oleh fitur yang dapat mendukung aktivitas para gamers sehari-hari, dan tidak hanya dapat digunakan untuk bermain game.

Pertama, laptop ini sudah dilengkapi dengan opsi port yang lengkap. Mulai dari USB Type-A, USB Type-C, LAN, hingga HDMI, semuanya ada di laptop ini. Port tersebut tentu akan mempermudah pengguna ASUS TUF Gaming F15 (FA506NF), tidak hanya dalam hal menghubungkan berbagai perangkat gaming, tetapi juga perangkat produktivitas lainnya.


Sementara itu, kehadiran WiFi 6 dan Bluetooth 5.3 membuat ASUS TUF Gaming F15 (FA506NF) tampil dengan fitur konektivitas nirkabel yang sangat mumpuni. WiFi 6 memastikan laptop gaming ini untuk dapat terhubung ke internet secara nirkabel dengan kecepatan maksimal dan koneksi yang lebih stabil. Bluetooth 5.3 pun membuat ASUS TUF Gaming F15 (FA506NF) untuk dapat terhubung ke berbagai perangkat gaming nirkabel modern.

Bagaimana dengan Performanya?

ASUS TUF Gaming F15 (FA506NF) merupakan laptop yang ditenagai oleh CPU AMD Ryzen™ 5 7535HS serta GPU NVIDIA GeForce RTX 2050. Laptop gaming ini juga menggunakan memori DDR4 dengan konfigurasi 1x16GB DDR5-5600 dan penyimpanan NVMe SSD berkapasitas 512GB. Konfigurasi tersebut jelas dimaksudkan agar gamers dapat melakukan upgrade secara lebih mudah karena hanya tinggal menambahkan memori dan penyimpanan saja.


Meski bukan merupakan hardware yang kelasnya paling tinggi, namun berdasarkan berbagai pengujian yang telah kami lakukan ASUS TUF Gaming F15 (FA506NF) tetap mampu menghadirkan performa dan pengalaman gaming yang sangat baik bahkan di luar dugaan. Hal tersebut Sebagian besar dikarenakan oleh TGP (Total Graphic Power) dari GPU RTX 2050 di laptop gaming ini yang lebih tinggi dibandingkan dengan kompetitornya.

Grafik pengujian game berikut menjelaskan keunggulan TGP di ASUS TUF Gaming F15 (FA506NF):


Grafik di atas memperlihatkan bahwa ASUS TUF Gaming F15 (FA506NF) dapat menjalankan berbagai game AAA dengan sangat baik. Diuji pada pengaturan grafis medium dan resolusi 1080p, ASUS TUF Gaming F15 (FA506NF) bahkan bisa menjalankan game Cyberpunk 2077 dengan rata-rata framerate di 54,3 fps. A Plague Tale Requiem yang dikenal sebagai game dengan Tingkat kualitas grafis yang sangat realistis pun bisa dimainkan dengan cukup nyaman di rata-rata 35,1 fps menggunakan laptop gaming ini.


Bagaimana dengan game e-sports? Tentu saja hasilnya jauh lebih baik dengan DOTA 2 yang mampu berjalan di rata-rata 102,3 fps, serta Valorant yang memiliki rata-rata 184 fps. Game AAA lain seperti Hogwarts Legacy, Death Stranding Director’s Cut, dan Shadow of The Tomb Raider pun mencatat rata-rata framerate yang sangat baik dan membuat ketiganya dapat dimainkan dengan sangat nyaman di laptop gaming ini. Sedangkan game casual seperti Genshin Impact dan MMORPG Phantasy Star Online NGS mencatatkan rata-rata framerate di atas 100 fps. Hasil yang sangat mengagumkan untuk sebuah laptop gaming dengan harga Rp12 jutaan.

Selanjutnya mari simak hasil pengujian grafis berikut ini:


Grafik di atas memperlihatkan hasil benchmark grafis pada GPU NVIDIA GeForce RTX 2050 di ASUS TUF Gaming F15 (FA506NF) menggunakan 3DMark Fire Strike. Yang paling penting adalah laptop gaming ini berhasil meraih skor di atas 10.000 poin. Berdasarkan database 3Dmark, skor yang berhasil diraih oleh ASUS TUF Gaming F15 (FA506NF) adalah sebesar 13% lebih besar dibandingkan dengan laptop lain yang sama-sama ditenagai oleh RTX 2050. Perbedaan performa tersebut tentu saja berasal dari TGP yang lebih besar di laptop gaming ini.


Performa sebuah laptop gaming juga sangat dipengaruhi oleh CPU-nya. ASUS TUF Gaming F15 (FA506NF) ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen™ 5 7535HS yang menggunakan konfigurasi 6 core dan 12 thread, dengan clock speed yang bisa mencapai 4,55 GHz. CPU kelas gaming tersebut memang bukan yang paling canggih yang ada saat ini, namun sudah sangat mumpuni untuk menghadirkan pengalaman penggunaan yang baik, khususnya untuk gaming, multitasking, hingga content creation.

Berdasarkan hasil benchmark photo dan video editing menggunakan UL Procyon, ASUS TUF Gaming F15 (FA506NF) dapat menghasilkan skor yang bisa dikatakan sangat baik untuk sebuah laptop gaming kelas entry-level. Tidak hanya itu, ASUS TUF Gaming F15 (FA506NF) bahkan tidak mengalami kendala apapun saat diuji menggunakan fitur AI image generation di Adobe Photoshop.


Sementara berikut ini adalah hasil benchmark CPU menggunakan Cinebench R15 dan R23, serta hasil benchmark SSD yang terpasang di ASUS TUF Gaming F15 (FA506NF).




Laptop Gaming Powerful untuk Semua

Dibanderol dengan harga hanya Rp12 jutaan, ASUS TUF Gaming F15 (FA506NF) jelas menjadi laptop gaming yang sangat menarik. Pasalnya, laptop gaming ini didukung oleh hardware yang tergolong baru dan modern. Tidak hanya menawarkan pengalaman bermain game terbaik di kelasnya, laptop gaming ini juga punya fitur yang cukup lengkap, desain tangguh berstandar US Military Grade, serta performa yang cukup mumpuni untuk content creation.




Main Spec.

TUF Gaming A15 (FA506NF)

CPU

AMD Ryzen™ 5 7535HS Processor 3.3GHz (19MB Cache, up to 4.55 GHz, 6 cores, 12 Threads)

Operating System

Windows 11 Home

Memory

16GB DDR5-5600

Storage

512GB PCIe® 4.0 NVMe™ M.2 SSD

Display

15.6-inch FHD (1920 x 1080) 16:9, 144Hz, 3ms, 250 nits, IPS-Level, Adaptive-Sync

Graphics

NVIDIA® GeForce RTX™ 2050 with 70W TGP

Input/Output

1x RJ45 LAN port, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C support DisplayPort™, 3x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 1x HDMI 2.0b, 1x 3.5mm Combo Audio Jack

Connectivity

Wi-Fi 6(802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth® 5.3

Camera

720p HD Camera

Audio

AI noise-canceling technology, DTS software, Hi-Res certification

Battery

90WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion

Dimension

48WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion

Weight

2.3 Kg

Color

Graphite Black

Price

Rp12.049.000

Warranty

2 Tahun Garansi Global dan 1 Tahun ASUS Perfect Warranty

TAGS

BACA JUGA BERITA INI
close