space
CAPEK SAMA NINTENDO, NVIDIA DIRUMORKAN KERJASAMA BARENG MEDIATEK BIKIN HANDHELD BARU!
Pop
Kamis, 16 May 2024

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Ada rumor yang mengatakan bahwa Nvidia dan MediaTek sedang berkolaborasi untuk mengembangkan system-on-a-chip (SoC) yang ditujukan untuk ikut dalam pasar handheld console khusus gaming yang tengah berkembang pesat.

Kehadiran perangkat gaming handheld seperti Steam Deck dan Nintendo Switch telah membuka peluang baru bagi produsen chip. Saat ini, AMD menguasai pasar ini dengan menyediakan chip untuk berbagai handheld console, termasuk Steam Deck, Asus ROG Ally, dan berbagai handheld console dari Ayaneo.

Menurut informasi yang diperoleh dari Videocardz, rumor ini pertama kali disampaikan oleh analis Dan Nystedt. Ia menyatakan bahwa Nvidia tengah bekerja sama dengan MediaTek dalam sejumlah proyek, termasuk pengembangan prosesor berbasis ARM untuk PC dan SoC untuk handheld console. Selain itu, seorang leaker dengan nama XpeaGPU juga menyebutkan bahwa CEO Nvidia, Jenson Huang, merasa frustrasi dengan lambatnya adopsi dan perilisan chip baru oleh Nintendo di perangkat mereka, seperti Switch dan Switch 2 yang akan datang. Mengingat semua ini masih berupa rumor, kita perlu menyikapinya dengan hati-hati.

Baca ini juga :

» Game Nintendo Switch 2 dengan Nama Kode "Gaia" Bocor di Internet, Nintendo Bikin Game Pokemon MMO?
» OTW Dibangunin Mario, Nintendo Merilis Alarm Dengan Tema Mario Yang Diberi Nama Alarmo
» Auto Mandi Uang!! Pangeran Arab Tertarik Untuk Beli Saham Nintendo
» Youtuber Bikin Nintendo Switch 2 Pakai 3D Printer Berdasarkan Bocoran Desain!
» Akhirnya Nintendo Tuntut PocketPair, Developer dari Game Palworld ke Pengadilan!
» Rumor: Nintendo Switch 2 Bocor Spek-nya, Dari Shipping Manifest
» Dukung Hiburan dan Produktivitas on-the-go, Acer Memperkenalkan Tablet Iconia X12 AMOLED
» Castlevania Dominus Collection Membawa Tiga Game Castlevania ke Platform Modern

Untuk menekankan betapa lambatnya proses ini, chip yang digunakan pada Nintendo Switch 2 kabarnya adalah SoC berbasis Ampere, sebuah teknologi yang sudah berumur beberapa generasi. Ampere pertama kali diperkenalkan pada kartu grafis seri RTX 30 seperti RTX 3080, dan Nintendo Switch 2 yang menggunakan teknologi ini diperkirakan baru akan diluncurkan pada tahun 2025, lima tahun setelah arsitektur ini pertama kali diperkenalkan.

XpeaGPU juga mengklaim bahwa Nvidia berusaha menarik perhatian perusahaan-perusahaan berbasis di Tiongkok yang memproduksi handheld console gaming baru. Perusahaan-perusahaan ini berpotensi meluncurkan produk baru setiap beberapa bulan, memberikan Nvidia peluang untuk memperkuat posisinya di pasar handheld console.

SoC yang dikembangkan ini diharapkan berbasis ARM, yang secara umum lebih cocok untuk sistem operasi berbasis Android atau mungkin Linux. Namun, seri Qualcomm Snapdragon X telah menunjukkan kemampuan untuk mengoptimalkan Windows 11 bagi prosesor ARM. Nvidia juga memiliki pengalaman luas dalam mengembangkan driver untuk Windows, sehingga bukan hal yang mustahil jika mereka berhasil membuat SoC ini kompatibel dengan berbagai sistem operasi, termasuk Windows.

Kerja sama antara Nvidia dan MediaTek ini, jika benar terjadi, dapat menjadi langkah penting dalam menghadirkan inovasi baru di pasar handheld console gaming. Dengan menggabungkan keahlian Nvidia dalam pembuatan chip grafis dan pengalaman MediaTek dalam mengembangkan SoC berbasis ARM, hasil kolaborasi ini bisa menjadi solusi yang menarik bagi para gamer yang mencari handheld console berkinerja tinggi.



Selain berita utama di atas, KotakGame juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

BACA JUGA BERITA INI
close