space
WASPADA! 1,46 MILIAR USER IPHONE DI SELURUH DUNIA TERANCAM CYBER ATTACK!
OL
Minggu, 07 Jul 2024

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Sebuah laporan terbaru mengungkapkan bahwa sebanyak 1,46 miliar pengguna aktif iPhone di seluruh dunia tengah menghadapi serangan siber yang ditujukan untuk membobol ID Apple mereka. Menurut laporan dari PhoneArena, para peretas menggunakan kampanye phishing yang melibatkan pengiriman email dan pesan teks yang tampak seolah-olah dikirim oleh Apple. Pesan-pesan palsu ini berusaha membuat korban mengklik tautan untuk membaca pemberitahuan penting tentang iCloud.

Perusahaan keamanan Symantec menemukan pada bulan ini bahwa tautan tersebut mengarahkan penerima ke situs web palsu yang meminta mereka untuk mengungkapkan nomor ID Apple. Situs palsu ini bahkan menampilkan captcha agar terlihat seperti situs asli.

Apple memberikan saran kepada pemilik iPhone untuk menambahkan otorisasi dua faktor (2FA) guna menambahkan lapisan keamanan ekstra pada ID Apple mereka. Dengan 2FA, pengguna akan menerima pesan SMS dengan kode enam digit yang harus dimasukkan untuk mengakses akun Apple mereka.


Sumber: quora

Setelah berhasil mengubah ID Apple dan kata sandi, pelaku kejahatan dapat mengunci iPhone, membuka aplikasi perbankan dan keuangan, mengubah kata sandi, dan menguras aset korban dalam sekejap. Namun, dengan otorisasi dua faktor, pengguna masih bisa mencegah peretas mengubah kata sandi ID Apple mereka.

Baca ini juga :

» Polisi Belanda Tangkap Pemilik Dua Marketplace Terbesar di Dark Web
» ROG Phone 8 Hadirkan Pengalaman Baru dalam Bermain Game Mobile
» Stok Unit Terlalu Sedikit, Huawei Mate XT Ludes Terjual, Fans Kecewa!
» Xiaomi Geser Fokus dari Fast Charging ke Baterai Jumbo 7500 mAh!
» Produksi iPhone 16 Dipercepat! Foxconn Rekrut Karyawan Besar-besaran!
» Not Stonk! Saham Intel Terjun Bebas! 15.000 Karyawan Terkena Layoff!
» Apple Merilis Versi Beta Baru Dari iOS 18 & iPadOS 18 Untuk Para Developer
» Not Stonk! Penjualan Apple di China Terus Turun! Kalah Sama Produk Lokal!

Symantec menyatakan bahwa mereka telah merilis peringatan pada tanggal 2 Juli. Menurut mereka, kredensial ini sangat dihargai karena memberikan kontrol atas perangkat, akses ke informasi pribadi dan keuangan, serta potensi pendapatan melalui pembelian yang tidak sah. Reputasi merek Apple yang kuat juga membuat pengguna lebih rentan terhadap komunikasi menipu yang tampaknya berasal dari Apple, sehingga meningkatkan daya tarik target ini bagi para penjahat dunia maya.

Sebagai langkah pencegahan, pengguna yang menerima email atau pesan dari Apple disarankan untuk tidak mengklik tautan apa pun dan untuk segera mengaktifkan 2FA.

Selain berita utama di atas, KotakGame juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini!

TAGS

BACA JUGA BERITA INI
close