space
VALVE RESMI KASIH DUKUNGAN BUAT PAKAI STEAMOS DI ROG ALLY!
PC
Jumat, 16 Aug 2024

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Valve kini secara resmi memperluas dukungan SteamOS ke berbagai perangkat genggam lainnya, tak hanya terbatas pada Steam Deck. Salah satu perangkat yang akan segera mendapat dukungan ini adalah ASUS ROG Ally, yang saat ini dikenal sebagai salah satu handheld terlaris di pasar.

Dukungan ini pertama kali terlihat dalam pembaruan SteamOS 3.6.9 Bega: Megafixer, yang mencantumkan penambahan dukungan untuk kunci ekstra pada ROG Ally, sesuatu yang sebelumnya tidak diketahui. Saat dimintai keterangan, Valve menjelaskan bahwa catatan tersebut berkaitan dengan dukungan untuk perangkat pihak ketiga yang menjalankan SteamOS. Ini memberikan indikasi kuat bahwa Valve berencana untuk memperluas jangkauan SteamOS ke lebih banyak perangkat di luar ekosistem mereka sendiri.

Namun, ROG Ally bukanlah satu-satunya perangkat yang akan mendapatkan dukungan SteamOS. Valve secara eksplisit menyebutkan bahwa mereka sedang mengembangkan dukungan untuk "perangkat tambahan" lainnya. Meski begitu, mengingat bahwa pengembangan ini masih dalam tahap awal, mungkin diperlukan waktu sebelum perangkat genggam lain dapat sepenuhnya menjalankan SteamOS.

Perlu dicatat juga bahwa laporan tersebut tidak mengindikasikan bahwa ROG Ally akan datang dengan SteamOS sebagai sistem operasi defaultnya. Perangkat genggam lainnya yang saat ini mendominasi pasar termasuk Lenovo Legion Go dan MSI Claw.

Baca ini juga :
» Handheld Gaming paling SIGMA 2024! Review ROG Ally X
» Populer di Pasaran! Next-Level Gaming ROG & TUF Sudah Hadir di Indonesia
» Black Myth: Wukong Pecahkan Banyak Rekor Dalam Dua Hari!
» ROG Ally X Segera Hadir di Indonesia!
» Laptop Gaming Next-Level AI PC Pertama di Dunia Siap Hadir di Indonesia
» Beli Rilisan ROG Terbaru, Berhadiah Langsung Jutaan Voucher UniPin!
» Rumor: Half-Life 3 Sedang Mengerjakan Half-Life 3 Saat Ini!
» Hadir di Gamescom 2024! Sid Meier's Civilization VII akan Pamer Gameplay pada 20 Agustus

Pembaruan signifikan lainnya datang dari upaya Valve untuk menjadikan Steam Deck sebagai perangkat dual-booting dengan Windows. Lawrence Yang menyatakan bahwa Valve tengah mempersiapkan driver Windows yang tersisa untuk edisi Steam Deck OLED. Meski begitu, belum ada kepastian kapan Windows OS akan siap sepenuhnya untuk booting di Steam Deck. Namun, hal ini tetap menjadi prioritas mereka dan terus dikerjakan dengan serius.

Saat ini, ASUS ROG Ally menjadi salah satu perangkat genggam gaming paling fleksibel berkat sistem operasi Windows yang diusungnya. Dengan dukungan dari tim validasi Microsoft, ASUS dapat dengan mudah memperbarui mesin mereka tanpa harus khawatir tentang kompatibilitas. ROG Ally sendiri hadir dalam dua varian, yaitu varian standar dan varian X yang lebih baru.

Di sisi lain, meskipun Steam Deck memiliki performa yang sedikit lebih rendah dibandingkan dengan ROG Ally, perangkat ini tetap diminati oleh para gamer berkat kemudahan penggunaan SteamOS berbasis Linux. SteamOS memungkinkan pengguna untuk langsung masuk ke dalam game tanpa harus berurusan dengan berbagai masalah yang sering ditemui pada sistem operasi Windows.



Selain berita utama di atas, KotakGame juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

BACA JUGA BERITA INI
close