space
DESAIN PS5 PRO BOCOR DI INTERNET, RUMORNYA BAKAL DIUMUMIN SEPTEMBER 2024!
PS5
Jumat, 30 Aug 2024

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Laporan terbaru mengenai PS5 Pro telah menarik perhatian dengan informasi baru yang cukup menarik tentang konsol yang hingga kini belum diumumkan secara resmi. Informasi ini pertama kali muncul dalam artikel di Dealabs, di mana seorang pembocor PlayStation yang cukup dikenal dan dipercaya, billbil-kun, memberikan beberapa rincian penting terkait konsol tersebut.

Menurut billbil-kun, nama resmi dari penyegaran konsol generasi pertengahan ini adalah PS5 Pro. Ia juga mempublikasikan sketsa desain yang diklaimnya berdasarkan kotak kemasan akhir dari konsol tersebut. Sketsa ini menampilkan desain yang cukup mirip dengan PS5 Slim yang sudah ada di pasaran.

Konsol tersebut tetap berwarna putih dengan dua port USB-C dan tombol daya yang terletak di bagian depan. Namun, ada beberapa perbedaan yang terlihat, seperti adanya tiga garis hitam yang terletak di bagian tengah lapisan luar PS5 Pro, yang tidak ditemukan pada model PS5 standar. Selain itu, PS5 Pro terlihat sedikit lebih tebal dibandingkan PS5 Slim, yang menunjukkan adanya perubahan pada dimensi fisiknya.

Salah satu aspek menarik dari informasi yang dibagikan oleh billbil-kun adalah bahwa PS5 Pro yang ia lihat tidak menyertakan disc-drive. Namun, belum ada kepastian apakah Sony akan merilis versi PS5 Pro yang dilengkapi dengan disc-drive atau tidak. Sayangnya, harga dari konsol ini juga belum diungkapkan, sehingga menambah spekulasi di kalangan penggemar. Namun, untuk kontroler, tidak ada perubahan signifikan karena konsol ini tetap menggunakan DualSense, yang sudah menjadi andalan bagi para pemain PS5.

Billbil-kun memperkirakan bahwa Sony akan mengumumkan PS5 Pro pada paruh pertama bulan September 2024, dan hingga saat ini, IGN telah mencoba menghubungi Sony untuk mendapatkan komentar lebih lanjut terkait kabar ini. Menariknya, rumor mengenai PS5 Pro sudah beredar cukup lama, dengan beberapa laporan yang mengindikasikan bahwa peluncuran konsol ini akan dilakukan pada bulan November tahun yang sama.

Pada bulan Maret lalu, beberapa spesifikasi PS5 Pro sempat bocor di dunia maya, dan menurut IGN, bocoran ini bisa dipercaya. Peningkatan utama yang disebutkan adalah pada CPU, yang meskipun masih sama dengan PS5 standar, memiliki 'Mode Frekuensi CPU Tinggi' yang diklaim mampu memberikan peningkatan sekitar 10%, mencapai kecepatan 3,85GHz. Selain itu, GPU-nya juga dikabarkan akan memungkinkan rendering yang lebih cepat dan ray tracing berkualitas lebih tinggi, dengan dukungan hingga 33,5 teraflops, jauh melampaui PS5 standar yang menawarkan 10,28 teraflops.

Tidak hanya itu, PS5 Pro dikabarkan juga akan dilengkapi dengan teknologi peningkatan gambar atau antialiasing yang disebut PSSR (PlayStation Spectral Super Resolution Upscaling), arsitektur pembelajaran mesin yang dikhususkan, serta akselerator AI. Di bagian lain, PS5 Pro juga akan dilengkapi dengan drive disk yang dapat dilepas dan ruang penyimpanan sebesar 1TB, yang memberikan fleksibilitas lebih bagi para pengguna.

Baca ini juga :
» [TGS 2024] Bandai Namco Umumkan Line Up serta Jadwal di Tokyo Game Show 2024!
» Nyobain Kendaraan “TukTuk” Asal Thailand, iShowSpeed Langsung Nabrak Kuil Suci!
» Diprediksi Jadi Barang Langka, Game Fisik Concord PS5 Dijual Dengan Harga Fantastis!
» Ramaikan Market Gaming Handheld! Acer Umumkan Nitro Blaze 7! Ada Ryzen AI-nya!
» Seorang User Reddit Bikin Mock-up Render 3D dari Desain PS5 Pro yang Bocor!
» CAPCOM Siap Meriahkan Gamescom Asia 2024 dengan Deretan Game Terbaru
» Performa PS5 Pro Bakal Setara Radeon RX 7700XT! Ray Tracing Lebih Ngebut!
» Laptop Gaming Kenceng Tapi Enteng, Kok Bisa? Review MSI Thin A15

Pembaruan ini tampaknya dirancang untuk menghidupkan kembali minat pada PS5, terutama menjelang peluncuran game besar seperti Grand Theft Auto 6 yang diperkirakan akan dirilis pada tahun 2025. Sebagaimana dilaporkan oleh IGN, banyak yang dipertaruhkan dalam peluncuran GTA 6, tidak hanya bagi Rockstar dan Take-Two, tetapi juga bagi Sony yang berharap dapat mendongkrak penjualan PS5 melalui peluncuran versi Pro ini.

Sejarah mencatat bahwa Sony sering merilis versi Pro dari konsol mereka, seperti yang terjadi pada PS4 Pro yang diluncurkan pada November 2016, tiga tahun setelah peluncuran PS4. Jika rumor peluncuran PS5 Pro pada November 2024 ini benar, maka itu akan terjadi empat tahun setelah PS5 pertama kali diluncurkan pada November 2020.

Namun, peluncuran PS5 Pro kali ini terjadi di tengah penurunan penjualan PS5 itu sendiri. Pada bulan Mei lalu, Sony mengungkapkan bahwa penjualan PS5 telah mencapai puncaknya, menunjukkan bahwa konsol tersebut mungkin sudah memasuki fase akhir dari siklus hidupnya. Dengan demikian, PS5 Pro diharapkan dapat memberikan dorongan baru bagi penjualan konsol ini dan menjaga agar PlayStation tetap menjadi pilihan utama bagi para gamer di seluruh dunia.



Selain berita utama di atas, KotakGame juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

BACA JUGA BERITA INI
close