space
FINAL PREVIEW DRAGON BALL: SPARKING! ZERO - MEMUASKAN INNER CHILD PECINTA DRAGON BALL
xboxone
Kamis, 19 Sep 2024

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!
Semakin dekat dengan tanggal perilisannya pada 11 Oktober mendatang untuk PS5, Xbox Series X|S, dan PC via Steam, DRAGON BALL: Sparking! ZERO semakin matang dan perkembangannya sangat terlihat ketika KotakGame kembali menghadiri kantor Bandai Namco Entertainment di Singapura pada 11 September lalu untuk mencoba game ini untuk kedua kalinya.

Baca ini juga :
» Preview Fatal Fury: City of the Wolves - Seri Legendaris Kembali dengan Indah Setelah 25 Tahun
» Preview SWORD ART ONLINE Fractured Daydream - Rusuh tapi Fun, Party 20 Orang Raid 1 Boss!
» Interview Producer Dragon Ball: Sparking! Zero - Ingin Membuat Pemain Merasakan Jadi Karakter Dragon Ball!
» Kembalinya Kejayaan Seri Breaker, Semakin Bebas Rakit Gunpla Impianmu - Review GUNDAM BREAKER 4
» Wawancara Producer Gundam Breaker 4, Masanori Tanaka, Diorama Mode Akan Jadi Mode Paling Dinanti!
» Double Dragon versi 3D! Double Dragon Revive akan Datang Pada Tahun 2025 di PC dan Konsol!
» Patung GUNDAM Skala 1:1 Bakal Balik Lagi, Kini Hadir di Osaka Lewat Event GUNDAM NEXT FUTURE PAVILION!
» ELDEN RING Shadow of the Erdtree Menjadi DLC Dengan Skor Tertinggi
Pada hands-on berdurasi 3 jam ini, kami bisa merasakan berbagai mode dari strong>DRAGON BALL: Sparking! ZERO seperti Episode Mode, Battle Mode, hingga Custom Battle Mode, mode baru yang diperkenalkan di seri ini.

182 Karakter Dengan Karakteristik Khas Budokai Tenkaichi
Seperti yang sudah kita ketahui, DRAGON BALL: Sparking! ZERO merupakan seri keempat dari DRAGON BALL: Sparking! atau yang lebih kita kenal dengan Budokai Tenkaichi. Game ini membawa rombongan roster dengan jumlah di luar nalar sampai 182 karakter yang berasal dari berbagai seri anime dan movie DRAGON BALL dengan yang terbaru pengumuman roster dari DRAGON BALL GT.

Tanpa menghilangkan ciri khas dari Budokai Tenkaichi, setiap karakter di DRAGON BALL: Sparking! ZERO memiliki kekuatan dan kelemahan sama seperti di anime-nya yang artinya karakter yang kuat di anime akan kuat juga disini dan juga sebaliknya. Disini juga terlihat bagaimana karakter yang tidak bisa terbang akan pelan-pelan kembali ke daratan setelah melakukan dash ke udara.

Setiap karakter yang bisa melakukan transformasi juga masih bisa melakukan transformasi di tengah pertarungan ketika Ki-nya terisi. Sayangnya kami lupa untuk mencoba fitur fusion antar karakter di DRAGON BALL: Sparking! ZERO saat memainkannya kemarin. Kerennya lagi, seluruh karakter yang muncul di awal permainan bisa di-unlock dengan bermain atau membelinya dengan in-game currency.

Penyempurnaan Sistem Battle dari Pendahulunya
Meskipun kita bisa memilih 5 karakter sekaligus, game ini masih mengusung tema pertarungan 1v1 dari pendahulunya dan tentunya DRAGON BALL: Sparking! ZERO menyempurnakannya dengan berbagai peningkatan fitur dan efek yang berhasil mencerminkan pertarungan ultra cepat ala anime DRAGON BALL. Salah satu fitur yang diperkenalkan di game ini adalah Z-Search yang sangat berguna baik Ketika main melawan AI maupun player lain.

Untuk membuatnya semakin mirip dengan anime, di DRAGON BALL: Sparking! ZERO, setiap karakter akan kesulitan mencari musuh yang jaraknya jauh atau terhalang oleh sesuatu. Ketika hal ini terjadi, setiap serangan yang dikeluarkan tidak akan otomatis tertarget pada musuh. Kita harus menggunakan Z-search dengan mencari musuh secara manual menggunakan kamera atau membiarkan mereka menyerang atau mendekat duluan.

Meskipun fitur ini terdengar lebih broken ketika bertarung melawan AI, namun kami tetap merasakan kesulitan saat player vs player karena hal ini. Kami kesulitan mencari musuh yang berjarak jauh dan harus mencarinya dengan risiko terkena serangan duluan.

Adu pukulan dan ki attack juga masih terjadi disini, hal yang dulu disebut "perusak controller" oleh anak-anak rental Kembali hadir membawa nostalgia namun sekarang lebih simpel, kita hanya perlu menekan satu tombol di saat yang tepat atau menahan tombol.

Custom Battle Mode, Bikin Kamu Berasa Jadi Sutradara!
Pernah gak sih lagi nonton DRAGON BALL terus mikir "gimana kalau yang bertarung adalah karakter A bukan B?" Atau "akan lebih keren kalau mereka bertarung di bawah laut!" Nah, buat kamu yang pernah mikir hal ini, Custom Battle Mode cocok banget soalnya disini kalian bisa buat sekaligus mainin berbagai skenario pertarungan yang bisa kita atur sendiri.

Menurut kami, Custom Battle Mode sangat kompleks karena kita bisa pilih lokasi, karakter, dialog (bahkan beberapa dialog ada voice over-nya), hingga beragam scene yang bisa ke-trigger saat mencapai kondisi-kondisi tertentu. Namun, buat yang baru belajar, akan ada Simple Mode yang sekaligus bisa jadi tempat kita belajar sebelum bikin skenario yang lebih kompleks.

Nantinya, skenario yang sudah kita buat, bisa kita share secara online untuk dicoba pemain lainnya. Namun, kita harus bisa membuktikan kalau skenario kita bisa diselesaikan dengan memenangkan pertarungan di skenario tersebut.

Episode Mode, Ikuti Petualangan Karakter Secara Imersif
Sebagai sebuah game yang diambil dari anime yang memiliki jalan cerita yang seru, DRAGON BALL: Sparking! ZERO memiliki mode yang mengikuti jalan cerita anime-nya, Episode Mode. Ada 8 karakter yang bisa diikuti jalan ceritanya di Episode Battle yaitu Goku, Vegeta, Gohan, Piccolo, Future Trunks, Frieza, Goku Black, dan Jiren.

Tidak hanya terpaku dengan jalan cerita asli-nya, beberapa chapter di setiap jalan cerita juga memiliki skenario "what if" dimana kita bisa belok dari jalan cerita asli dan melihat apa yang terjadi jika karakter yang dimainkan mengambil keputusan lain. Episode Battle juga memiliki sebuah fitur yang keren banget yaitu kita bisa tuker perspektif ke first person saat cutscene dan melihat apa yang karakter tersebut lihat pada setiap scene.

Kesimpulan
DRAGON BALL: Sparking! ZERO merupakan game yang sangat dinantikan khususnya oleh penggemar DRAGON BALL yang sudah memainkan seri Sparking! atau Budokai Tenkaichi terlebih melihat game terakhir mereka rilis 17 tahun lalu. Meskipun tidak tanpa kekurangan dimana kami merasakan lag beberapa kali saat perpindahan scene di cutscene yang kami harap akan diperbaiki sebelum rilis, scene battle dan banyaknya fitur baru pada game ini membuat hal tersebut tidak terlalu mengganggu khususnya untuk penikmat battle dan gameplay.

Memiliki karakter dengan tingkat kekuatan yang berbeda juga menjadi keseruan sendiri saat memainkannya, termasuk merasakan imersifitas pada Episode Battle dan mencoba menjadi sutradara sebuah episode di Custom Battle mode menjadi daya tarik tersendiri untuk kami.

Sayangnya kita masih harus bersabar selama sebulan lagi melihat DRAGON BALL: Sparking! ZERO akan rilis pada 11 Oktober 2024 untuk PS5, Xbox Series X|S, dan PC via Steam tapi menurut kami game ini wajib banget kalian tunggu!

TAGS

BACA JUGA BERITA INI
close