space
INTERVIEW PRODUCER DRAGON BALL: SPARKING! ZERO - INGIN MEMBUAT PEMAIN MERASAKAN JADI KARAKTER DRAGON BALL!
PS5
Kamis, 19 Sep 2024

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!
Selain nyobain DRAGON BALL: Sparking! Zero, KotakGame juga berkesempatan untuk ikut group interview ke producer game tersebut, Jun Furutani, penasaran sama pertanyaan apa aja yang ditanyakan sama media se-Asia Tenggara?

Baca ini juga :
» Preview SWORD ART ONLINE Fractured Daydream - Rusuh tapi Fun, Party 20 Orang Raid 1 Boss!
» Final Preview DRAGON BALL: Sparking! Zero - Memuaskan Inner Child Pecinta DRAGON BALL
» Kembalinya Kejayaan Seri Breaker, Semakin Bebas Rakit Gunpla Impianmu - Review GUNDAM BREAKER 4
» Wawancara Producer Gundam Breaker 4, Masanori Tanaka, Diorama Mode Akan Jadi Mode Paling Dinanti!
» Patung GUNDAM Skala 1:1 Bakal Balik Lagi, Kini Hadir di Osaka Lewat Event GUNDAM NEXT FUTURE PAVILION!
» ELDEN RING Shadow of the Erdtree Menjadi DLC Dengan Skor Tertinggi
» The Real Soulslike Game! Bikin Trauma Kekalahan Tanpa Batas - ELDEN RING Shadow of the Erdtree Review
» Boss FromSoftware Komentari Layoff, "Selama Perusahaan ini Menjadi Tanggung Jawab Saya, Saya Tidak Akan Membia
Q: Custom Battle Mode sangat cocok untuk fans DRAGON BALL, bagaimana proses pembuatan mode ini dan apakah ada batasan mengenai apa yang bisa dibuat oleh pemain di mode ini?
Furutani-san:
Kami sangat berterima kasih kepada para fans sejak game-game sebelumnya. Salah satu hal yang kami fokuskan saat merancang mode ini adalah bagaimana rasanya menjadi karakter. Bayangkan sebuah skenario dimana Gogeta melawan Vegeta dimana karakter yang terkuat akan menang. Hal itu yang menjadi tolak ukur dalam keputusan pemilihan cutscene, begitu juga pengembangan karakter. Ada banyak hal yang dipertimbangkan ketika merancang game ini namun, salah satu fokus utamanya adalah bagaimana merasakan menjadi karakter itu sendiri dan kami selalu memikirkan dari sudut pandang karakter dan situasi agar lebih realistis dan sesuai dengan karakternya.

Q: Pada cutscene di game ini, pemain diberikan beberapa pilihan, mengapa anda membuatnya seperti ini dan apa batasannya?
Furutani-san:
Sekali lagi, kami berfokus pada sudut pandang karakter, posisi karakter, emosi, dan ekspresi yang akan meningkatkan situasi saat pemain memilih opsi di cutscene. Kami mencoba sebisa mungkin tetap setia kepada karakter seperti bagaimana mereka akan bertindak jadi itu adalah bagaimana kami menentukan dalam pembuatan cutscene.

Mengenai batasan adalah bagaimana beberapa cutscene tidak memiliki voice-over dan hanya memiliki teks yang terlihat, ini adalah salah satu batasan yang paling terlihat.

Q: DRAGON BALL: Sparking! Zero memiliki sistem pertarungan yang unik dibanding game DRAGON BALL lainnya, bagaimana proses kreatif anda dalam mengembangkan sistem pertarungan yang berbeda ini dibandingkan game lain seperti Kakarot?
Furutani-san:
Game ini merupakan franchise dari DRAGON BALL dan serinya sendiri jadi ada hubungan dengan Kakarot dan Sparking! Meteor. Kami ingin membuat pemain merasa bahwa mereka bermain game DRAGON BALL sehingga sedikit mengikuti seri sebelumnya namun tentu dengan tambahan fitur baru dari game ini, jadi itulah hal yang kami pertimbangkan saat merancang sistem pertarungan dari game ini.

Mengenai perbedaan dengan Kakarot, seperti yang sudah anda ketahui, Kakarot merupakan game dimana pemain akan bermain melawan CPU sementara di Sparking! Zero, kami memiliki opsi untuk bertarung melawan pemain dimana masing-masing pemain dapat fokus pada kombinasi antara karakter dan itu adalah pembeda yang sangat terlihat dari kedua game ini.

Q: DRAGON BALL: Sparking! Zero memiliki banyak karakter dari seri DRAGON BALL, bagaimana cara anda menentukan mana karakter yang akan muncul pada saat awal perilisan game ini?
Furutani-san:
Karena game ini merupakan sebuah franchise, jadi kami tidak memiliki kriteria saat menentukan karakter dan anda bisa menganggap ini sebagai jawaban tidak resmi. Kami mengambil sedikit catatan dari karakter pada game Sparking! (Budokai Tenkaichi) sebelumnya dan juga kombinasi yang cocok seperti opsi pada Goku, apa transformasi yang dia butuhkan dalam game ini, dan itulah beberapa faktor kunci yang kami butuhkan untuk memastikan mana karakter yang akan muncul dan mana yang tidak.

Dan sejak Sparking! Meteor, kami menambahkan karakter dari DRAGON BALL Super, dan kamu melihat mana karakter populer dari DRAGON BALL Super yang bisa kami masukan ke game ini.

Q: Seberapa sulit dalam memasukan sebanyak itu opsi pada Custom Battles, khususnya pada Normal Edit Mode yang memiliki banyak opsi seperti cutscene, dan efek saat pertarungan?
Furutani-san:
Pertanyaan yang sangat bagus! Dari sudut yang lebih filosofis, kami ingin memastikan setiap kombinasi yang mungkin diciptakan oleh setiap pemain, dimana setiap pemain memiliki preferensi yang unik, dan kami ingin memberikannya kepada setiap pemain yang merupakan fans dari game ini.

Namun, tentunya kami memiliki batasan, setelah banyak debat, pada akhirnya kami mendapatkan Custom Battle yang terbatas namun tetap setia pada DRAGON BALL. Seperti kami tidak memiliki setiap kombinasi individu, namun kami memiliki beberapa opsi yang bisa tersaji ke pemain untuk menciptakan kombinasi yang mereka mau.

Mungkin ini merupakan jawaban filosofis namun kami ingin melayani setiap pemain yang sudah memainkan game ini dalam waktu yang lama dan fans dari DRAGON BALL.

Q: Mengapa anda hanya memiliki 1 stage untuk mode offline multiplayer? Apakah anda memiliki rencana untuk menambahkan stage lain kedepannya?
Furutani-san:
Game ini kami titik beratkan pada pertarungan online dengan opsi offline multiplayer yang sudah anda katakan, namun, kami belum bisa memberikan jawaban mengenai tambahan stage pada offline multiplayer di masa depan karena fokus kami untuk saat ini adalah untuk mode online.

Q: Dengan banyaknya pilihan karakter termasuk dari GT dan karakter yang sangat kuat di jalan cerita seperti Jiren, bagaimana anda mengatur balancing dari kekuatan setiap karakter untuk memastikan pemain tetap menikmati permainan dengan karakter apapun yang mereka pilih?
Furutani-san:
Untuk menjawab mengenai hal ini, saya akan membahas sedikit mengenai DRAGON BALL Fighter yang lebih condong ke esports jadi kami memikirkan bagaimana setiap karakter kurang lebih setara dalam pertarungan namun, salah satu hal yang menjadi arahan kami saat mengembangkan Sparking! Zero adalah bagaimana kami tetap setia pada karakter yang juga terlihat di Battle Mode. Anda bisa melihat bagaimana karakter minor maka kekuatan mereka (yang seperti di anime) juga akan terlihat di pertarungan. Tujuan dari game ini adalah bagaimana pemain bisa terbenam ke dunia DRAGON BALL.

Q: Pada Episode Battle, pemain bisa memilih untuk bermain sebagai pahlawan atau penjahat, apakah itu hal yang kalian ingin kembangkan sejak awal, dan apa yang anda ingin pemain rasakan ketika bermain Episode Battle?
Furutani-san:
Tentunya ketika bermain Episode Battle, pemain dapat memilih karakter seperti Frieza, Jiren maupun Goku Black dan juga bermain sebagai Goku. Hal itu karena kami ingin pemain yang bermain dapat merasakan menjadi karakter tanpa peduli mereka pahlawan atau penjahat sehingga anda bisa bermain sebagai karakter tersebut tanpa perlu memikirkan apakah mereka baik atau jahat.

Ketika anda bermain Episode Battle, kami ingin anda merasakan apa yang karakter rasakan di anime seperti saat anda melawan musuh pertama sebagai Goku yaitu Raditz, kami ingin anda merasa bahwa dia sangat sulit dikalahkan dan itu adalah hal yang kami rancang sehingga anda bisa merasakan tantangan seperti yang Goku rasakan ketika menghadapi Raditz.

Q: Custom Battle Mode adalah salah satu mode yang sangat diperlihatkan di game ini karena tingginya replayability dan opsi untuk membagikannya ke seluruh dunia. Apa yang anda dan tim inginkan dan harapkan mengenai hal yang akan pemain ciptakan di mode ini?
Furutani-san:
Saya berpikir ketika saya masih anak-anak dan menonton anime, imajinasi saya menggila dan saya dapat membayangkan banyak skenario seperti bagaimana jika Goku mengalahkan Frieza, Majin Buu, dan semua musuhnya. Jadi, ini adalah hal yang saya ingin lihat yaitu bagaimana imajinasi pemain juga menggila dan bagaimana mereka membayangkan karakter mana yang akan mereka pilih dan kalahkan, membayangkan bagaimana mereka Goku ataupun karakter lain.

Hal kedua yang ingin kami lihat adalah bagaimana pemain menciptakan situasi yang belum ada di anime maupun game lainnya. Jadi kami ingin melihat pemain menciptakan kustomisasi yang belum ada di franchise dan merupakan sesuatu yang baruNah, itu dia beberapa pertanyaan yang sempat kami tanyakan pada kesempatan interview kali ini, makin ga sabar kan nungguin DRAGON BALL: Sparking! Zero yang akan rilis pada 11 Oktober 2024 di PS4, PS5, Xbox X|S, dan PC via Steam.

TAGS

BACA JUGA BERITA INI
close