space
MASIH DAPAT UPDATE, SONY DIRUMORKAN COBA BUAT SELAMATIN CONCORD! ADA KEMUNGKINAN JADI FREE TO PLAY!
PS5
Jumat, 11 Oct 2024

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Dalam spekulasi terbaru, beredar kabar bahwa game Concord terus diperbarui di Steam. Sony, melalui bagian back-end platform tersebut, dikabarkan telah memperbarui file game Concord pada 8 Oktober, yang memicu spekulasi bahwa game ini mungkin akan kembali. Spekulasi ini pertama kali mencuat di platform Reddit, dengan para pengguna menunjukkan perubahan file yang terdeteksi di SteamDB.

Namun, di balik desas-desus ini, Concord telah mencatat sejarah buruk dalam dunia PlayStation. Alih-alih sukses besar, game ini justru menjadi salah satu kegagalan terbesar Sony, dengan penjualan yang begitu buruk hingga game tersebut dihapus dari toko digital hanya beberapa minggu setelah dirilis. Bahkan, Sony memberikan pengembalian uang penuh kepada para pemain yang sudah membeli game tersebut.

Beberapa profesional industri game memberikan pendapat mereka terkait nasib Concord. Sebagian dari mereka menyatakan bahwa satu-satunya cara menyelamatkan game ini adalah dengan mengubahnya menjadi model free-to-play (F2P). Namun, ada juga yang pesimis, menyebut bahwa masa depan Concord sudah tak bisa diselamatkan. Game ini dianggap benar-benar mati, dan tidak ada jalan untuk menebus kegagalannya.

Bagi Sony, kegagalan Concord menjadi pukulan yang sangat besar. Proyek ini diketahui telah menyedot investasi jutaan dolar, sehingga upaya penyelamatan mungkin tetap akan dilakukan, meskipun komunitas gamer tampaknya tidak terlalu peduli apakah game ini akan diselamatkan atau tidak. Namun, bagi Sony, menyelamatkan game sebesar Concord memerlukan investasi lebih lanjut, yang tampaknya tidak masuk akal mengingat performa buruknya di pasar.

Baca ini juga :
» Blizzard Sedang Dalam Pengerjaan Buat Bawa Overwatch ke Platform Mobile!
» [Rumor] Sony Sedang Pertimbangin Buat Bikin Remaster Seri Game God of War Mitologi yunani!
» Definisi jomblo lebih asik, 53% dari 9.000 gamers lebih suka main single player dibandingkan co-op
» Fate Trigger: The Novita, Game Hero Shooter Free-to-Play Besutan Saroasis Studio Siap Rilis Tahun Depan!
» Review God of War: Ragnarok - Berjalan Mulus Di PC, Wajib Kalian Mainkan
» [TGS 2024] Sony Interactive Entertainment Umumkan Full Games Lineup di TGS 2024
» Rayakan Anniversary yang Ke-30, Sony Rilis PS5 Dengan Tema Ala Playstation Generasi Pertama!
» Sony Umumkan PS5 Pro Ke Jajaran Lini PlayStation, 2x Lipat Lebih Kuat Dari PS5

Kegagalan Concord juga memperlihatkan betapa sulitnya bersaing dalam genre yang sudah sangat jenuh, terutama dengan kehadiran hero shooter besar lainnya seperti Overwatch, Apex Legends, dan Valorant. Dengan banyaknya pilihan game gratis berkualitas tinggi, tidak mengherankan jika gamer lebih memilih game-game tersebut daripada membayar untuk game sejenis yang performanya diragukan.

Meskipun belum ada kejelasan apakah Concord akan kembali sebagai game F2P, hal ini menjadi topik yang hangat diperbincangkan di industri. Bagi Firewalk Studios, developer di balik Concord, masa depan mereka juga dipertaruhkan. Rumor menyebutkan bahwa studio ini mungkin akan menghadapi gelombang PHK besar-besaran akibat kegagalan Concord.

Bahkan, beberapa laporan menyebutkan bahwa Direktur Game Concord telah mengundurkan diri, dan hal ini menambah kekhawatiran bahwa lebih banyak anggota tim akan mengikuti jejaknya. Dengan kondisi yang semakin tidak menentu, beberapa pihak di industri bahkan berpendapat bahwa Firewalk Studios bisa saja ditutup sepenuhnya jika situasi tidak membaik.



Selain berita utama di atas, KotakGame juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

BACA JUGA BERITA INI
close