space
BENERAN DUNIA TERBALIK? GAME INDIE LEBIH LAKU KETIMBANG GAME AAA SELAMA TAHUN 2024
xboxone
Senin, 21 Oct 2024

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Laporan terbaru menyebutkan bahwa game indie berhasil menembus hampir $4 miliar dalam pendapatan kotor di Steam terhitung mulai dari 1 Januari hingga 30 September 2024. Angka ini mencapai 48% dari total pendapatan penjualan game di Steam pada tahun 2024 ini.

Pada tahun 2024, ada lebih dari 13 ribu game dirilis di Steam, dengan 98,9% di antaranya adalah game indie yang berhasil terjual hingga 504 juta kopi. Dengan kata lain, game indie secara konsisten mendominasi platform Steam dalam hal jumlah perilisan dan penjualan setidaknya selama tahun 2024.


Source: VG Insights

Namun, beberapa pihak menyangkal bahwa definisi dari Game Indie justru semakin kabur. Beberapa game yang dikatakan sebagai Indie Game, seperti Black Myth: Wukong dan Palworld, memiliki biaya produksi yang setara dengan Game AAA. Meskipun begitu, Black Myth: Wukong tetap dianggap sebagai Game Indie karena sang developer yakni Game Science, menerbitkan game mereka sendiri.


Source: VG Insights

Laporan ini juga mengklasifikasikan pasar indie menjadi empat segmen yang meliputi “Triple-i” (tim lebih dari 50 orang, penjualan lebih dari 1 juta kopi, dan pendapatan $50 juta), pasar menengah (15-50 orang, penjualan 200 ribu hingga 1 juta kopi, pendapatan $10 juta), tim kecil (3-15 orang, penjualan 20 ribu hingga 200 ribu kopi, pendapatan $1 juta), dan pengembang hobi (1-2 orang, penjualan 2 ribu hingga 20 ribu kopi, pendapatan $50 ribu). Segmen Triple-i menyumbang 53% dari total pendapatan game indie tahun ini, diikuti oleh tim kecil (20%), pasar menengah (19%), dan pengembang hobi (8%).

Baca ini juga :

» A Space for the Unbound Masuk ke Daftar Game Indie Terbaik Forbes 2023
» Bersiap untuk Patah Hati! When the Past Was Around Telah Hadir untuk Android dan iOS
» Rayakan Hari Jadi, Developer Game Lokal, Toge Productions Gelar Sale di Steam!
» Developer Pulang Insanity Garap Game Petualangan Baru, Project Buramato!
» Baru Rilis di Konsol Next-Gen Bulan Ini, Hades Peroleh Skor Tertinggi di PS5 dan Xbox Series!
» Game Prime 2021 Berlangsung Meriah, Sandiaga Uno Ajak Developer Lokal untuk Terus Berkontribusi!
» Parakacuk Pamerkan Update Gameplay dan Visual di Trailer Terbarunya!
» Game Simulasi Fabel Karya Lokal, Kitaria Fables Dipastikan Rilis September Ini!

TAGS

BACA JUGA BERITA INI
close