space
BENCHMARK IGPU RDNA3 AMD RADEON 780M, MAMPU HADIRKAN GAMING YANG LANCAR DI 1080P
PC
Jumat, 21 Apr 2023

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Review terbaru sistem ASUS TUF yang ditenagai oleh Ryzen 9 7940HS adalah salah satu yang pertama dari jenis ini. AMD hampir tidak memberikan informasi tentang varian HS dari seri Ryzen 7040. Pengguna belum dapat menemukan prosesor tersebut di toko, tetapi ada beberapa detail yang dicantumkan oleh AMD di situs web resmi.

Baca ini juga :

» MSI Bakal Fokus ke GPU NVIDIA daripada AMD? Katanya Lebih Banyak Peminat GPU NVIDIA Dibandingkan AMD
» Motherboard ASUS AMD 600 Series Kini Mendukung Prosesor Ryzen Generasi Terbaru
» Gigabyte Konfirmasi Kehadiran Prosesor Zen 5 Terbaru AMD Ryzen 9000 Series Lewat Website Mereka!
» Prosesor Zen 5 AMD Ryzen 9000 Masuk Daftar Driver Motherboard, pertanda Rilis Dalam Waktu Dekat?
» China Larang Pakai Prosesor Intel dan AMD di Komputer Instansi Pemerintah! Kurangi Pakai Produk AS?
» ASUS Zenbook DUO, Laptop Dual-Screen OLED Terbaik di Dunia
» HP Kenalkan HP Care and Gaming Experience Center & The HP Gaming Garage untuk Konsumen Indonesia
» ASUS Republic of Gamers Siap Luncurkan ROG Phone 8 Series Pada 20 Maret 2024


AMD Phoenix APU adalah silikon mobile terbaru yang diperkenalkan oleh perusahaan di CES pada Januari tahun ini. Chip ini ditenagai oleh arsitektur Zen4 dan dipasangkan dengan GPU RDNA3. GPU inilah yang membuat APU ini begitu menarik karena memiliki jumlah core yang sama dengan Rembrandt generasi terakhir, tetapi clock lebih tinggi dan arsitektur lebih baru. Ini dikombinasikan dengan memori DDR5 yang cepat yang mungkin menjadi game-changer untuk scene mobile gaming.


Sumber: ETA PRIME


Sistem yang diuji oleh ETA Prime adalah ASUS TUF A15 dengan grafis RTX 4060 diskrit, tetapi review-nya bukan tentang RTX, melainkan didedikasikan untuk chip terintegrasi sepenuhnya.

Ryzen 9 7940HS adalah CPU Zen4 8-core dengan base clock 4,0 GHz dan boost maksimum hingga 5,2 GHz. Sistem ini memungkinkan TDP untuk dimodifikasi hingga 80W. Laptop gaming ASUS dilengkapi dengan memori dual-channel DDR5-5600 dan terdapat shared memori hingga 4GB yang didedikasikan untuk GPU. Memori ini kemungkinan besar akan ditingkatkan pada sistem lain.


Sumber: ETA PRIME


GPU bekerja hingga 2,8 GHz, mengonfirmasi bahwa 3,0 GHz tidak tersedia dengan pengaturan stok.


Sumber: ETA PRIME



Sumber: ETA PRIME


Dalam 3DMark, GPU Radeon 780M masing-masing 12% dan 15% lebih cepat daripada 680M dalam 3DMark Fire Strike dan Time Spy. Perhatikan bahwa sistem 680M menggunakan memori LPDDR5 yang lebih cepat.

Dalam hal game, menurut PRIME, driver awal untuk sistem ini belum siap untuk banyak game. Sistem crash di judul seperti Spider-Man 1 dan 2, tetapi perlu disebutkan bahwa belum ada driver peluncuran resmi untuk Phoenix.


Sumber: ETA PRIME


AMD Radeon 780M (RDNA3) iGPU Performa game rata-rata dengan limit CPU 80W
  • CSGO (1080p High): 130 FPS
  • GTA (1080p Very High): 81 FPS
  • Forza Horizon 5 (1080p High): 86 FPS
  • Fortnite (1080p Medium): 78 FPS
  • Doom Eternal (1080p Medium): 83 FPS
  • Horizon Zero Dawn (1080p Favor Performance): 69 FPS
  • Call of Duty Modern Warfare (1080p Recommended/FSR Perf.): 106 FPS
  • Cyberpunk 2077 (1080p Medium/Low Mix): ~70 FPS


iGPU mampu menghadirkan performa yang dapat dimainkan di game-game populer dengan resolusi 1080p. Sistem diuji dengan mode Performa yang diatur melalui perangkat lunak ASUS Armoury Crate. Konsol game handheld akan dibatasi hingga 15-35W tergantung pada pengaturan.

Menariknya, integrated GPU dapat di-overclock dalam sistem ini. ETA Prime tidak mengalami masalah saat melakukan overclocking grafis ke 3 GHz. Ini ditunjukkan selama gameplay Cyberpunk 2077. Clock bisa mencapai 3,25 GHz, tetapi ini mengakibatkan crash. Kami berharap lebih banyak fitur kompatibilitas dan overclocking akan tersedia dengan driver yang berfungsi setelah AMD Phoenix dirilis.

Sumber: ETA PRIME via Videocardz

Selain berita utama di atas, KOTAKGAME juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

BACA JUGA BERITA INI
close