space
NINTENDO MINTA VALVE UNTUK TENDANG BERBAGAI EMULATOR GAME-NYA DI STEAM
PC
Senin, 29 May 2023

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!
Valve menghapus daftar Steam untuk Dolphin, emulator populer untuk GameCube dan Wii, setelah menerima penghentian dan penghentian dari Nintendo, pengembang di balik klaim proyek tersebut. Perusahaan di belakang Mario dan Zelda menuduh emulator secara ilegal merusak "kerja keras dan kreativitas para insinyur dan pengembang video game."

Dolphin hadir Steam pada bulan Maret. "Kami dengan senang hati mengumumkan eksperimen hebat kami Dolphin akan hadir di Steam!" ucap pengembangnya. Sementara proyek open-source telah tersedia online selama bertahun-tahun, minat terhadap emulator retro telah meningkat sejak rilis Steam Deck.

Baca ini juga :
» Beneran Worth-It! 7 Keseruan Eiyuden Chronicle yang Bikin Fans Suikoden Berlinang Air Mata
» Sah! Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Resmi Jadi Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Indonesia
» Film Sonic the Hedgehog 3 Dipastikan Banyak Mengambil Inspirasi dari Game Sonic Adventure 2
» Steam Update Kebijakan Refund, Game Advanced Access Tidak Bisa Refund Jika Playtime Lewat Dari 2 Jam
» Seal: WHAT the FUN - Lebih dari Sekedar Game Party Royale Biasa!
» Terus Ekspansi! CEO Bigetron Esports Spill Mereka Akan Kembali Tambah Dua Divisi Baru!
» Bentar Lagi Rilis di PC! Ini dia Spesifikasi PC Buat Mainin Ghost of Tsushima: Director's Cut!
» Founder T-Series Mendorong Persatuan India agar Tidak Tersalip dengan MrBeast dalam Subscriber YouTube
Namun, pada 27 Mei, pengembang Dolphin mengumumkan port Steam akan "ditunda tanpa batas waktu" setelah Valve menghapus daftar tersebut setelah berdiskusi dengan Nintendo. "Dengan sangat kecewa kami harus mengumumkan bahwa rilis Dolphin on Steam telah ditunda tanpa batas waktu," tulis tim emulator dalam pembaruan di blog proyek. "Kami diberi tahu oleh Valve bahwa Nintendo telah mengeluarkan penghentian dan penghentian mengutip DMCA terhadap halaman Steam Dolphin, dan telah menghapus Dolphin dari Steam sampai masalah tersebut diselesaikan. Kami saat ini sedang menyelidiki opsi kami dan akan memiliki tanggapan yang lebih mendalam dalam waktu dekat."

Menurut salinan pemberitahuan hukum yang ditinjau oleh PC Gamer, Nintendo menuduh Dolphin menggunakan "kunci kriptografi tanpa otorisasi Nintendo dan mendekripsi ROM pada atau segera sebelum runtime".

Meskipun emulasi itu sendiri legal, memberi pengguna cara untuk melewati perlindungan pada ROM game individual berpotensi melanggar hak kekayaan intelektual Nintendo. Ini adalah masalah yang harus diselesaikan di pengadilan, meskipun ketidakseimbangan kekuatan antara perusahaan besar dan proyek rumahan seperti Dolphin berarti hal itu jarang benar-benar terjadi.

Sumber: Kotaku

TAGS

BACA JUGA BERITA INI
close