Notice: Undefined variable: key in /var/www/m/detailreview.php on line 53 Review: Masih Eksis, Inilah MMORPG Terbaik yang Bisa Kamu Mainkan di PC Ataupun Mobile | KotakGame
space
MASIH EKSIS, INILAH MMORPG TERBAIK YANG BISA KAMU MAINKAN DI PC ATAUPUN MOBILE
Senin, 08 Apr 2019
Tidak seperti awal merajarelanya warnet-warnet di sekitar awal tahun 2000-an, kala itu dipenuhi dengan berbagai macam game MMORPG seperti Ragnarok, Perfect World, RAN Online, RF Online, serta masih banyak lainnya. Disisi lain, mungkin hanya ada segelentir game shooter yang laris di pasaran kala itu, Counter Strike misalnya.

Namun, sangat berbeda jika dibandingkan dengan zaman sekarang. Saat ini game online untuk perangkat PC didominasi oleh game esports seperti DOTA 2, CSGO, Overwatch, ataupun PlayerUnknown's Battlegrounds yang baru-baru ini sangat booming. Menurunnya minat pemain untuk bermain MMORPG di perangkat PC juga didorong dengan semakin banyaknya developer yang merilis game MMORPG untuk perangkat mobile.

Nah, meski begitu masih banyak MMORPG yang eksis saat ini dengan komunitas yang masih solid. Pada artikel ini kru KotGa akan menyebutkan masing-masing MMORPG terbaik yang bisa kamu mainkan di PC ataupun mobile. Apa saja? Yuk simak artikelnya!

Baca ini juga :
» Libur di Rumah Aja! Inilah 10 Rekomendasi Game Minggu Ini yang Harus Gamer Coba Mainkan
» Makin Pro dengan Senjata Anak Warnet! Tips dan Trik PUBG Mobile Menggunakan Senjata P90!
» ONE PUNCH MAN: The Strongest Beta Test
» Blade and Soul Revolution
» Game Bikin Pinter! 7 Game Teka-teki Android yang Bikin Pusing dan Penasaran
» Tidak Toxic Setelah Ramadan, Tips Bijak Bermain Game Online dengan Pribadi yang Positif
» Bahaya! 7 Game PC dan Konsol Yang Harus Dihindari Para Gamer Ketika Puasa
» Asah Otakmu! 7 Rekomendasi Game Auto Battler yang Bisa Kamu Mainkan di 2020
PC

1. Black Desert SEA

Black Desert SEA telah resmi dirilis pada bulan Januari 2018 lalu. Perilisan tersebut tentu sangat disambut baik oleh para gamer Asia Tenggara karena penantian yang cukup lama. Mengejutkannya, Pearl Abyss seperti "menggeber" konten-konten yang sudah ada di server Korea langsung satu per satu dibawa ke server Asia Tenggara ini. Imbasnya, komunitas Black Desert SEA masih terbilang konsisten hingga saat ini.

Tentu saja bukan tanpa alasan. Black Desert SEA bisa dibilang adalah MMORPG yang memiliki mekanisme gameplay yang cukup realistis dengan segudang class yang bisa dicicipi. Apalagi, grafis yang ditawarkan juga menyejukkan mata. Apakah kamu termasuk gamer yang masih asyik memainkannya?

2. TERA Awakening

Ditengah gempuran game-game esports yang menawarkan genre MOBA dan battle-royale, TERA masih cukup diminati. Lantas, apasih yang menjadikan TERA menjadi MMORPG yang masih ramai dimainkan hingga saat ini? Disamping masih banyaknya penggemar MMORPG, ternyata TERA memang menawarkan berbagai mekanisme gameplay yang seru lho Kotakers.

TERA adalah game Action MMORPG asal korea yang dikembangkan oleh BlueHole inc dan En Masse Entertainment. MMORPG ini bisa dimainkan gratis dan menawarkan berbagai fitur yang cukup kompleks untuk dinikmati para pecinta RPG kekinian. Konten PvE dan juga PvP yang dimilikinya terbilang sangat lengkap.

3. Closers

Closers Online sudah beroperasi di negara Korea, Jepang dan Indonesia. Closers Online pertama kali dirilis di Korea Selatan yang tentu saja memiliki update terdepan dibanding versi Jepang atau Indonesia dan bisa dibilang game online masih memiliki basis penggemar di seluruh dunia yang masih sangat aktif, termasuk Indonesia.

Dalam Closers, kamu akan berperan sebagai agen pemerintah bernama UNION, sebuah organisasi dengan tugas untuk menangani kemunculan alien yang terus bermunculan di wilayah New Seoul. Terlepas dari konsep Online RPG, game ini memiliki jalan cerita utama dan setiap karakter yang terasa memorable. Mekanisme gameplay dan fitur juga diracik dengan solid, yang tentunya semakin mendukung pengalaman bermain dengan maksimal.

4. Blade and Soul

Blade and Soul adalah MMORPG yang dikembangkan dan dirilis oleh NCsoft. Game ini berkisah tentang dunia persilatan atau martial-arts bahkan game ini disebut sebagai martial-arts MMORPG karena gameplay yang berbeda dari MMORPG pada umumnya. Saat ini Blade and Soul menjadi salah satu dari MMORPG yang paling banyak dimainkan oleh gamer MMORPG.

5. Final Fantasy XIV

Final Fantasy XIV adalah MMORPG dengan sistem pembayaran "subscription" yang paling digemari setelah World of Warcraft. Meski terbilang mahal, Final Fantasy XIV telah berhasil menembus angka lebih dari 10 juta pemain. Sebuah pencapaian yang cukup fantastis. Final Fantasy XIV saat ini tersedia juga untuk PlayStation 4 selain di PC melalui Steam.

BACA JUGA BERITA INI
close