Notice: Undefined variable: key in /var/www/m/detailreview.php on line 53 Review: [Kotak Game Editors Choice Award 2020] The Best RPG Games | KotakGame
space
[KOTAK GAME EDITORS CHOICE AWARD 2020] THE BEST RPG GAMES
Rabu, 30 Dec 2020

Xenoblade Chronicles: Definitive Edition



Hadir sebagai seri pembuka dari salah satu franchise JRPG paling dikenal saat ini, Xenoblade Chronicles akhirnya telah kembali bangkit lewat rilis ulang lewat versi remaster yang memukau. Diberi judul Xenoblade Chronicles: Definitive Edition, game ini menawarkan banyak perombakan signifikan dibanding seri originalnya, terutama dari segi grafis yang lebih mendetail serta model 3D karakter yang kembali direka ulang. Tidak hanya itu, game ini juga menawarkan ekstra cerita lewat konten epilog yang diberi judul Xenoblade Chronicles: Future Connected yang membawa banyak keseruan baru.

Baca ini juga :
» Review Final Fantasy VII Rebirth - Masterpiece JRPG Kembali, Nostalgia Pertemanan Cloud & Sephiroth
» Star Ocean: The Second Story r Review
» Review: Sea of Stars
» Kita Cobain Starfield, Jelajahi Luar Angkasa Seseru Itu?
» Final Fantasy XVI
» Rekomendasi Build Kirara di Genshin Impact versi 3.7
» Rekomendasi Build Yoimiya di Genshin Impact versi 3.7!
» Rekomendasi Build Yae Miko di Genshin Impact versi 3.7!

Genshin Impact



Genshin Impact, game action RPG berbasis open-world yang sudah menghebohkan jagat internet dan industri game selama beberapa bulan terakhir ini memang tidak lepas dari perhatian. Selain menawarkan kualitas game AAA yang sangat solid dan penuh dengan konten, keunggulan game ini juga terletak di ketersediaannya di berbagai platform mulai dari konsol, PC, mobile dan bisa diunduh secara gratis oleh semua pemain.

Selain dari kualitas grafis colorful dan indah yang menyelimuti dunianya, sistem combat menggugah dengan konsep penggabungan elemen, beragam karakter playable unik dan sangat berbeda antara satu sama lain, hingga koleksi soundtrack indah yang membuat pengalaman bermain semakin imersif, siapapun bisa melihat kalau Genshin Impact benar-benar dikembangkan dengan production value yang serius dan bahkan sekelas dengan game AAA.

Yakuza: Like a Dragon



Yakuza 6 memang menjadi kisah penutup sang karakter utama Kazuma Kiryu yang ikonik, namun masa depan franchise ini masih terbuka lebar untuk calon karakter utama baru yang kali ini dipegang oleh Ichiban Kasuga. Memulai debutnya di game mobile berjudul Yakuza Online, karakter dengan rambut nyentrik dan penampilan yang khas ini akhirnya menjadi ikon utama di game terbaru Yakuza: Like a Dragon.

Game terbaru ini memang sangat menarik perhatian karena pendekatan gameplay turn-based RPG yang diusungnya. Pendekatan konsep gameplay yang berbeda ini terbukti cukup efektif dalam menarik perhatian banyak fans pendatang baru, apalagi setelah mereka menyadari kalau kualitas dari game ini juga bersinar di aspek jalan cerita yang menarik, setting dunia yang lebih hidup, hingga alur gameplay yang kocak dan seru saat dimainkan.

Jadi siapakah pemenang Game RPG Terbaik 2020 Versi KotakGame?



Semua game yang masuk dalam nominasi ini hadir dengan kualitas solid dan daya tarik kuatnya masing-masing, namun setelah banyak pertimbangan kami memutuskan untuk memilih..... Genshin Impact sebagai pemenang!!


Jika harus jujur, kami awalnya juga tidak menaruh ekspektasi besar untuk Genshin Impact dan juga menganggapnya sebatas game yang mengambil inspirasi dari The Legend of Zelda: Breath of the Wild. Namun setelah memainkannya secara langsung dan mengetahui seluk beluk mengenai game ini dengan lebih dalam, game ini ternyata memang tidak bisa dipandang remeh. Pertama, Genshin Impact adalah game yang dikembangkan dengan sangat serius oleh pihak Mihoyo yang membuat mereka mengeluarkan biaya pengembangan dan marketing hingga USD 100 juta atau sekitar IDR 1,4 triliun.

Biaya pengembangan yang besar tersebut akan terlihat jelas saat memainkan gamenya secara langsung. Selain dari kualitas grafis colorful dan indah yang menyelimuti dunianya, sistem combat menggugah dengan konsep penggabungan elemen, beragam karakter playable unik dan sangat berbeda antara satu sama lain, hingga koleksi soundtrack indah yang membuat pengalaman bermain semakin imersif, siapapun bisa melihat kalau Genshin Impact benar-benar dikembangkan dengan production value yang serius dan bahkan sekelas dengan game AAA.

Tidak bisa dipungkiri memang jika game ini masih memerlukan lebih banyak konten sebelum bisa dinilai secara penuh. Selain tambahan story chapter dan region baru untuk melihat potensi cerita utamanya secara penuh, game ini rasanya juga memerlukan tambahan fitur kustomisasi karakter untuk membuat penampilan mereka lebih menarik. Ini tentunya akan semakin terasa esensial apalagi saat bermain secara online co-op dengan teman dan melihat bagaimana mereka mendesain penampilan karakter yang dimainkannya.

Namun sejak perilisan gamenya pada bulan September lalu, pihak Mihoyo sudah menawarkan beragam update menarik secara konsisten yang semakin memperkaya pengalaman bermain. Mereka juga tidak setengah-setengah dalam membawa konten baru ke gamenya dan membuat pemain serasa dimanjakan. Sekarang bayangkan saja jika semua region yang direncanakan tersedia di Genshin Impact, game ini pastinya akan menawarkan pengalaman bermain open-world RPG yang sangat ekspansif dan berkesan, apalagi semua itu bisa dinikmati secara gratis.

Nah, sekian rangkuman list dan pemenang game RPG terbaik 2020 di KotakGame Editors Choice Awards 2020. Jadi apa game RPG terbaikmu di tahun ini? Jangan sungkan untuk berikan pendapatmu pada kolom komentar di bawah ini ya!

KotakGame

BACA JUGA BERITA INI
close