space
[DIARY KRU KOTGA] .HACK VS SWORD ART ONLINE, MANA SEBENARNYA YANG TERBAIK?
-
Jumat, 17 Nov 2017

Seolah menjadi persaingan yang tidak ada ujungnya, seri .Hack// dan Sword Art Online memang memiliki kesamaan dari konsep dan jalan cerita yang dibangun diatasnya. Dari kesamaan inilah muncul pertikaian antara fanbase dari kedua seri ini, yang bahkan hingga sekarang masih menjadi pertikaian hangat.

Untuk artikel Diary kali ini, Kru KotGa akan membahas mengenai perbedaan dari kedua seri ini, dan mana diantaranya yang terbaik dan lebih original. Ok pertama jika kamu melihat dari sudut pandang sekilas mengenai mana seri yang paling populer, nama Sword Art Online pasti sudah muncul di kepala terlebih dahulu. Hal ini memang merupakan fakta, karena sejak dirilis tahun 2009 lalu sebagai seri anime, Sword Art Online memang berhasil meraih popularitas yang sangat tinggi dan terus meningkat hingga saat ini.

Tentunya bukan berarti .Hack juga tidak populer, karena seri ini sebenarnya juga sangat populer di Jepang, apalagi sejak game remaster .hack//G.U. Last Recode dirilis beberapa waktu lalu, seri ini seketika kembali bangkit dan berhasil meraih popularitas baru hingga manca negara. Lalu apa sebenarnya yang membuat dua seri ini selalu dibandingkan satu sama lain?

Alasan pertama adalah karena tema dan konsepnya yang mirip, dimana orang terjebak dalam dunia virtual video game dan harus bertarung demi menyelesaikan konflik serius yang ada. Disini .Hack menawarkan sebuah tema dunia virtual, dimana para pemain harus menemukan sumber dari misteri dan konflik yang terjadi. Sementara Sword Art Online menawarkan kisah dari pemain yang terjebak dalam dunia virtual dan harus mengalahkan dungeon hingga ratusan lantai untuk dapat kembali ke dunia nyata. Dari tema saja kamu pasti sudah melihat perbedaanya bukan?

Sekarang mari kita amati mengenai siapa sebenarnya yang hadir terlebih dahulu. .Hack pertama kali diumumkan oleh CyberConnect pada tahun 1999 lalu sebagai seri video game baru, dan tidak lama setelah itu .Hack dirilis dalam bentuk video game, adaptasi novel, bahkan hingga seri anime. Menyusul kesuksesan seri originalnya, hadirlah seri berjudul .hack//G.U. yang terdiri dari tiga seri game. Hingga akhirnya tahun 2006 hadirlah adaptasi anime terbaru berjudul .hack//Roots, yang menceritakan kisah karakter utama Haseo.

Disini kamu bisa melihat kalau seri .Hack sudah dipersiapkan dengan matang untuk menjadi sebuah franchise besar. Lalu jika .Hack memang sudah setua ini, apakah artinya Sword Art Online yang justru meniru konsepnya? Jawabannya adalah tidak, karena Sword Art Online sebenarnya pertama kali ditulis oleh Reki Kawahara pada tahun 2002 lalu untuk dilombakan dalam kompetisi karya novel. Karena kurang mendapat banyak perhatian, Kawahara akhirnya merilisnya dalam bentuk web novel.

Tahun 2008 saat Kawahara memenangkan kompetisi menulis lewat karya Accel World, dia mendapatkan permintaan untuk merilis seri novel original laiinya yang sudah dia buat. Nah disinilah awal mula seri Sword Art Online dimulai hingga akhirnya menjadi sangat populer hingga saat ini. Jadi kamu bisa melihat, kalau kedua seri ini jelas berlainan dan tidak saling mencuri ide dan konsep antara satu sama lain.

Beralih ke jalan cerita, .Hack cenderung menawarkan sebuah plot yang terasa sangat misterius dan penuh teka-teki di dalamnya. Disini kamu harus mencari benang merah sendiri, sehingga setiap orang yang memainkan gamenya akan memiliki sudut pandang berbeda. Untuk seri keduanya yang berjudul .hack//G.U. kamu akan disuguhkan dengan jalan cerita yang lebih terfokus dengan sosok karakter utama Haseo daripada latar belakang dan konflik dalam dunianya.

Baca ini juga :
» 7 Anime Yang Cocok Ditonton Saat Lebaran!
» 7 Anime Terbaik Sepanjang Musim Semi 2018
» 7 Anime Olahraga Yang Cocok Ditonton Untuk Ngabuburit!
» 5 Anime yang Paling Dinantikan Kebangkitannya
» Nasib Adaptasi Anime Terakhir Bleach yang Masih Dilupakan
» Fakta & Sejarah Zoids yang Mesti Diketahui Para Fans
» Sambut Anime Terbaru Zoids, Tonton 4 Seri Anime Sebelumnya Dulu
» 7 JRPG Paling Asyik Dimainkan Menjelang Buka Puasa

Lain halnya dengan Sword Art Online, dimana kamu bisa memahami jalan ceritanya lewat aksi dan drama yang terjadi. Intinya kamu akan lebih mudah mencerna plot cerita layaknya menonton sebuah seri drama. Walaupun begitu, jalan cerita dari .Hack terasa sangat dalam, penuh drama, emosi, dan lebih mengena daripada Sword Art Online yang lebih terfokus dengan drama romantis antara Kirito dan Asuna, serta penuh unsur fan-service di dalamnya.

Sebelum membaca kesimpulan, kamu bisa lihat video dari akun Youtube Tokyosaurus dibawah ini. Video ini juga berisi pembahasan lengkap dari perbedaan kedua seri ini.

Kesimpulan

Walaupun secara sekilas memang terasa serupa, kedua seri ini memiliki banyak perbedaan di dalamnya. .Hack dengan plot cerita yang lebih serius dan dalam, atau Sword Art Online yang menawarkan sisi aksi dan drama yang lebih mudah dicerna, semua keputusan pasti beralih lagi ke kamu yang menentukan. Tapi jika Kru KotGa harus menentukan mana yang terbaik, maka .Hack adalah pemenangnya.

Alasannya disini karena .Hack berhasil menawarkan sebuah pendekatan dunia virtual MMO yang tidak hanya paling original, tapi juga memiliki identitas kuat. Belum lagi plot ceritanya digarap dengan sangat serius dan memiliki segudang rahasia di dalamnya. Berbeda dengan Sword Art Online yang mengambil inspirasi langsung dari bagaimana sebuah game MMORPG dibangun. Jalan cerita yang cukup lemah, Kirito sebagai karakter utama yang terkesan Playboy, hingga banyaknya unsur fan-service, adalah kekurangan terbesar dari Sword Art Online.

Bagaimana menurut Kotakers, apakah kalian setuju dengan pilihan Kru KotGa ini? Jika punya pendapat lain, jangan lupa isi kolom komentar dibawah ini ya.

(KotakGame)

BACA JUGA BERITA INI