space
ONE PIECE FILM RED
MOVIES
Selasa, 04 Oct 2022
Sekarang KotGa mau review One Piece Film RED, jadi buat kamu yang belum nonton spoiler alert ya! Karena review tanpa spoiler itu kek ngomongin hal ambigu tapi ujung-ujungnya terspoil dikit. Jadi lgsg aja beberin!

KotGa hanya menjelaskan poin-poin yang didapat setelah menonton. Ini dia review One Piece Film RED.

Baca ini juga :
» Sri Asih
» Black Panther: Wakanda Forever
» Black Adam, Sang Anti Hero dari Dunia DC
» Thor Love and Thunder
» Doctor Strange in the Multiverse of Madness
» Awas Maksiat! 7 Game Mobile Yang Gak Boleh Kalian Mainin Sebelum Buka Puasa Edisi 2022!
» Sonic the Hedgehog 2
» Morbius

Memberikan Formula yang Berbeda, Tapi Plotnya Tak Rapi




Sumber: Toei Animation

Jika kamu telah nonton kayak One Piece Movie seperti Z, Gold, atau Stampede. Bisa dibilang film kali ini gak jual formula yang sama. Luffy masuk pulau, ada bad guy. kalah sekali, berantem lagi, dan menang.

Disini enggak, karena villain-nya itu Uta itu sendiri. Film ini penuh dengan tipu-tipu marketing ya! Lah kenapa gitu, alasannya nanti kita bongkar diujung.

Berfokus dengan Uta, seorang penyanyi yang punya penggemar di seluruh dunia. Sampai itu terdengar di Usopp yang membuat mereka ikut dalam konsernya Uta di pulau Elegia.

Namun sayangnya cara mereka membangun premis tersebut tidak begitu haik. Seperti ada Bajak Laut receh mau nyulik Uta. Pas Luffy disana mereka gak takut.

Jika merujuk ke arc awal Fisherman Island, ketika Luffy pulang setelah Timeskip. Disana Luffy masih berada di bounty 400 juta aja orang-orang sudah takut sama Imposternya.

Masa ada bajak laut yang gak gentar ada Yonkou di sebelahnya coba, apalagi dengar itu anak Shanks. Ini pengantar ceritanya terlalu menggampang hal yang seharusnya tidak begitu.

Cerita di movie ini jujur aja dibangun secara cheap ya murahan, bahkan alasan Uta melakukan semua kejahatannya terkesan ambigu ya. Uta ini punya kemampuan Uta-Uta no mi yang mana setiap orang yang mendengar nyanyiannya akan berada di dunia Uta.

Nah, pada saat ia melakukan livestreaming ya dengan siput pengantar video ia mendengar banyaknya keluhan penggemarnya akibat perang bajak laut. Karena hal itu ia menginginkan membangun utopia-nya sendiri agar orang-orang tersebut tidak lagi tersakiti dan bisa hidup bahagia selamanya dengan nyanyiannya.

Apalagi dipertengahan cerita kita digiring bahwa Shanks yang ia anggap seorang Ayahnya meninggalkan dia dipulau Alegia yang mereka hancurkan.

Membuat dirinya traumatic dan semakin membenci bajak laut. Jadi dia ingin menghentikan era emas bajak laut dengan cara memindahkan semua orang ke dunia uta dan menjebaknya disana.

Menurutmu ini jahat apa baik?

Oke selesai sampai disana, ternyata dia tahu bahwa Shanks dari awal tidak melakukan hal tersebut namun ia tetap melanjutkan rencana dia. Secara otomatis, harusnya motif ambisinya tersebut hilang 50% dong? Tapi enggak, dia tetap ngelakuin. Itu yang membuat hal ini menjadi penuh dengan tanda tanya.

Uta Karakter yang Bagus Didukung dengan Suara Ado yang Hidup




Sumber: Toei Animation

KotGa personally suka Uta disini, kepercayaan dirinya, apalagi ketika dia menunjukkan sisi gelapnya aku merasa pribadinya kuat meskipun dengan cara perkenalan yang cukup cheap dan malas ya.

Film ini total memberikan setidaknya 7 lagu yang diisi Ado. Thats why alasan kenapa orang banyak mengatakan jika film ini adalah Konser Ado karena 3 diantaranya ditampilkan secara full.

Seperti New Genesis diawal pembukaan film. Tot Musica ketika final Battle, dan Kaze no Yukue untuk endingnya. Bayangin, dan seluruh lagu tersebut dibangun dengan penampilan Uta layaknya sebuah Musik video jadi banyak durasi emang diambil untuk Konsernya Ado ini.

Aku sendiri cukup menyukai Ado disini, karena match sama Uta. Namun untuk beberapa hal terkesan menjadi banyak waktu yang kosong karena dipake untuk nyanyi padahal ceritanya sendiri gak serapi itu.

Dialog Menjadi Kelemahan di Film Ini




Sumber: Toei Animation

Pemilihan dialog yang murahan juga jadi masalah di film ini, contohnya saja seperti nyuruh Luffy berhenti menjadi Bajak Laut.

Atau ketika Marine mulai mau nyerang Shanks dengan alasan untuk mengambil Uta karena dia penjahat. Shanks mengeluarkan haki rajanya, dan membuat kroco Marine pingsan. Dan Admiral Fujitora mengatakan ini "baiklah, lagipula tidak baik perang dengan banyaknya penduduk sipil disekitar"

Yee?

Baca ini juga :
» Sri Asih
» Black Panther: Wakanda Forever
» Black Adam, Sang Anti Hero dari Dunia DC
» Thor Love and Thunder
» Doctor Strange in the Multiverse of Madness
» Awas Maksiat! 7 Game Mobile Yang Gak Boleh Kalian Mainin Sebelum Buka Puasa Edisi 2022!
» Sonic the Hedgehog 2
» Morbius
Terus kita tahu bahwa Zoro dan Sanji selalu melakukan ejekan2 kecil, tapi yang didapat cuman marimo dan alis keriting, tanpa animasi yang terbilang lucu.

Hanya cuman presentasi doang, padahal Zoro itu kalo nyindir Sanji nyelekitnya parah banget dianime. Seperti si nomor 4 atau kamu gak berhak ngomong begitu dengan si nomor 1. Lengkap dengan battle2 kecil dibelakangnya.

Marketingnya Shanks, Isinya Uta




Sumber: Toei Animation

Ini alasannya mengapa movie ini kubilang tipu-tipu marketing. Yap, film ini dibuild dengan kata "Anak Shanks" serta kita akan mendapatkan banyak informasi terbaru tentang Bajak Laut Shanksnya yang misterius.

Setelah nonton ini kalian udah tau la yakan jawabannya tentang Anak Shanks ya. Kita tau Shanks misterius, dan sampe akhir ya tetap misterius.

Meskipun kita pada akhirnya kita tahu jika Shanks merupakan keturunan Fearland. Yang menjawab alasan mengapa dirinya bisa masuk bebas ke mariejoa.

Bagaimana Roger menemukannya, serta berbagai role anggota Bajak Lautnya disana dan memang belum cukup banyak informasi sih.

Animasi di movie ini juga terkesan gak seimbang ya, beberapa diantaranya digambarkan berbeda. Gak konsisten, kek Oda-sensei.

Kesimpulan



Kesimpulan akhirku mengenai film ini, secara cerita film ini gak bisa diberi nilai lebih dari 6 atau 7 sih.

Seperti yang kubilang, Uta lebih ke anak ABG yang punya keinginan egois doang walaupun sebenarnya bisa lebih baik dari ini.

Mungkin dari cara perkenalan, alasannya ia menjadi villain lebih diperkuat meskipun sebenarnya masuk akal tetapi menjadi cheap ketika dia dari awal udah tahu.

Padahal lebih bagus kalo dia tidak tahu sampe sebelum kerasukan full, jadi motifnya lebih kuat.

Namun untuk akhir dari Uta di film ini KotGa cukup menyukainya karena ya dia gak ada tempat sih memang.

Bisa dibilang film ini isinya full fan service ya karena banyak banget adegan-adegan callback seperti di serial animasinya, seperti Beck yang menodongkan senjatanya ke Kizaru. Apalagi Maousama itu cuman samsak doang sama pelampiasan aja, karena gak mungkin Shanks ama Luffy mukulin Uta.

Dan movie ini memberikan penampilan perdana Luffy dengan Gear 5. Ya Tru Power dari Hito Hito no mi Sun God Nika

Tapi kalo bisa milih, KotGa mau buang Katakuri, Oven, dan seluruh Bajak Laut Big Mom karena gak ada gunanya. Lalu mau buang Helmeppo ya karena gak ada gunanya. Law juga sama aja gak ada gunanya selain kang Teleport.

Jadi banyaknya karakter disini lebih kearah sia-sia tanpa porsi yang jelas. Poin, maybe 7/10 deh. Karena disatu sisi aku cukup puas dengan representasi Uta jika mengesampingkan cerita di dalam movie Red ini.

Kesimpulan Review: One Piece Film Red

70KotakGame.com RATING
  • (+) KELEBIHAN
  • Uta match dengan Ado
  • (-) Kekurangan
  • Premis cerita lemah
  • Animasi gak konsisten
  • Dialog yang gak kuat

BACA JUGA BERITA INI