space
[DIARY KRU KOTGA] RAHASIA POPULARITAS ANIME BER-GENRE ISEKAI
-
Jumat, 19 Jan 2018

Namaku Budi! Aku hanyalah seorang anak SMA biasa yang sering bolos dari sekolah karena sekolah itu membosankan. Suatu hari saat aku bolos, aku ditabrak mobil! Kukira aku langsung mati di tempat, namun tabrakan tersebut menyebabkan aku terpental ke suatu dunia antah berantah dimana 99 persen penduduknya adalah wanita! Dan ternyata aku merupakan keturunan raja iblis! Dimulailah petualanganku di dunia baru ini!

Anime dengan Genre Isekai belakangan ini ramai sekali digemari oleh banyak otaku khususnya di Jepang. Mengusung tema berpindah ke dunia lain dalam beberapa anime seperti Sword Art Online dimana Kirito berpindah dunia ke Aincrad, dan Re:Zero dimana Subaru pindah ke dunia lain, dan menjadi sosok yang paling populer dalam dunia tersebut.

Kenapa sih anime bergenre Isekai belakangan ini digemari oleh banyak orang? Apakah faktor waifu? Atau terdapat faktor lainnya?

Baca ini juga :
» Kenapa Live Action Anime Cenderung Berakhir Buruk?
» 5 Anime Kuliner Seru yang Bisa Kamu Tonton!
» Prince of Persia, Apakah Franchise Ikonik Ini Bisa Kembali Bangkit?
» 10 Game Mobile yang Diadaptasi dari Anime Terkenal
» Mengapa Belakangan Ini Judul Anime Semakin Panjang?
» Apakah Emulator Sama Buruknya dengan Pembajakan Game?
» 7 Anime yang Mengisahkan Kehidupan Para Otaku!
» Crossfire Next Generation dan Pengaruhnya di Indonesia

Genre Isekai atau 'dunia lain' memiliki daya tarik tersendiri dimana sang pembaca atau penonton dapat merasakan dirinya memiliki kesamaan dengan sang karakter utama--biasa saja, namun menjadi 'pahlawan' dalam dunia yang baru. Karenanya, kebanyakan anime bergenre isekai berpusat pada karakter laki-laki dan dunia baru yang memiliki unsur fantasi.

Daya tarik dari sebuah anime yang ber-genre Isekai terdapat pada karakter utamanya. Dengan memiliki karakter yang cenderung biasa saja namun memiliki kemampuan super dan karakteristik yang setipe dengan otaku, genre Isekai memanfaatkan karakteristik tersebut untuk menarik banyak peminat dengan membuat karakter tersebut justru dikagumi oleh banyak karakter lain.

Memang, genre Isekai bukanlah hal yang baru dalam Anime dan sudah ada sejak tahun 2000an dengan anime-anime seperti Zero no Tsukaima dan Kyou Kara Maoh, namun puncak kejayaan genre Isekai yang membludak pada tahun belakangan ini membuat berbagai anime dengan berbagai konsep tersebut digodok sampai akhirnya dalam satu season pemutaran anime bisa terdapat 5 sampai 6 anime ber-genre isekai yang ditayangkan.

Walaupun 'sistem' dalam setiap karakter utama dan dunia Isekai berbeda sehingga kita dapat menikmati anime-anime tersebut tanpa khawatir akan menemukan kesamaan, namun lama kelamaan daya tarik 'dunia lain' tersebut menjadi suatu titik jual anime yang lemah dan terkesan hanya sebagai media bagi sang pengarang dan pembacanya yang ingin kabur dari dunia nyata.

(KotakGame)
BACA JUGA BERITA INI
close