space
RANKING GAME 'CALL OF DUTY' DARI YANG TERBURUK HINGGA TERBAIK!
-
Senin, 16 Sep 2019

Eksistensi Call of Duty sebagai franchise game FPS terbesar memang tidak bisa disangkal, karena sejak memulai debutnya di tahun 2003 lalu, franchise ini secara konsisten selalu melahirkan game dengan kualitas yang solid. Setelah berfokus pada tema perang klasik dengan empat game utama, franchise ini kemudian beralih ke tema yang lebih modern lewat seri Modern Warfare. Seri inilah yang semakin membuat nama Call of Duty semakin dikenal luas di mancanegara dan berkembang menjadi salah satu franchise game FPS tersukses.

Usia franchisenya memang belum genap 20 tahun, namun pihak Activision sudah menggandeng tiga developer utama yaitu Infinity Ward, Treyarch dan Sledgehammer Games untuk bisa melahirkan game Call of Duty secara konsisten. Kru KotGa sendiri sudah tumbuh bersama franchise Call of Duty sejak kecil dan sudah memainkan hampir semua game yang ada. Untuk itu, pada artikel special kali ini Kru KotGa sudah merangkum ranking game Call of Duty dari yang terburuk hingga terbaik. Untuk list kali ini Kru KotGa hanya mencantumkan 10 judul saja, jadi daripada penasaran langsung simak saja rankingnya di bawah ini.


10. Call of Duty: WWII

Sumber: Official Call of Duty: WWII

Dengan banyaknya seri Call of Duty yang semakin dominan dengan tema perang futuristik, Call of Duty: WWII memang sempat membawa angin segar saat perilisannya waktu itu. Kualitas gamenya sendiri memang tidak begitu buruk, namun keseluruhan pengalaman yang ditawarkannya tidak memberikan semacam "impact" sekuat seri klasiknya. Belum lagi banyak fans menganggap kalau game ini hanya dikembangkan sebagai bentuk tantangan untuk Battlefield 1, yang kebetulan juga beralih ke tema perang dunia klasik.


9. Call of Duty: World at War

Sumber: Official Call of Duty: World at War

Bertengger di posisi ke-9 adalah Call of Duty: World at War. Tergantung dari selera gamer, game ini bisa berakhir menjadi salah satu seri terbaik atau mengecewakan, dan untuk kasus ini Kru KotGa tidak merasakan sesuatu yang begitu spesial dari World at War, termasuk dari beragam mode permainan yang kurang seru. Namun mengingat kalau game ini adalah debut pertama Treyarch sebagai salah satu developer utama Call of Duty, kualitas yang ditawarkan setidaknya lebih baik dari Call of Duty 3.


8. Call of Duty: Ghosts

Sumber: Steam

Jika ada satu hal yang membuat Call of Duty: Ghosts terasa berbeda dari seri Call of Duty lainnya, maka itu adalah formula campaign yang dibuat lebih bervariasi dan mencakup banyak setting. Walaupun resepsi yang didapatkannya cukup rendah karena game ini terasa kurang memiliki identitas, namun Kru KotGa masih menikmati konten yang ditawarkannya. Mungkina seri ini bisa memperbaiki nama baiknya dengan sekuel baru, namun hingga sekarang kemungkinan tersebut sayangnya masih tertutup.

Baca ini juga :
» Terus Berjaya! Inilah Evolusi Franchise God of War dari Masa ke Masa!
» Wajib Main! Inilah 10 Rekomendasi Game PS4 Terbaik Untuk Gamer Pendatang Baru!
» Tetap di Rumah! Inilah Toko Game PlayStation di Indonesia yang Juga Berjualan Online!
» Terlalu Eksis, Inilah Alasan Kenapa PS5 Lebih Membawa Sensasi Dibanding Konsol Lainnya!
» Tahunnya Nostalgia, Inilah 7 Game Remake yang Paling Hype dan Dinanti di 2020!
» Jadi Ingin Beli Switch! Inilah 10 Game Terbaik dan Paling Laris di Nintendo Switch!
» Hanya Tinggal Kenangan, Inilah Game Ambisius yang Sayangnya Berakhir Dibatalkan!
» Dari Gambar Kotak Hingga Realistis! Inilah Evolusi Final Fantasy VII dari Tahun ke Tahun!

7. Call of Duty: Black Ops III

Sumber: EB Games Australia

Sejak diumumkan pertama kali, Call of Duty: Black Ops III sebenarnya mendapatkan respon negatif karena tema peperangan futuristik yang diusungnya. Protes ini memang cukup wajar, karena dua seri Black Ops sebelumnya mengambil tema klasik sejak masa perang dingin yang mulai terjadi di amerika sejak tahun 1961. Kekhawatiran ini setidaknya sirna setelah Kru KotGa mencoba gamenya secara langsung dan dibuat ketagihan. Campaign single playernya memang tidak memiliki cerita yang solid, namun durasi misi yang lebih panjang serta mode multiplayer seru membuat game ini layak mendapat apresiasi.


6. Call of Duty: Advanced Warfare

Sumber: Steam

Dari beberapa game Call of Duty game kental dengan tema peperangan futuristik, Kru KotGa rasa seri Advanced Warfare masihlah yang terbaik. Game in sukses merombak mekanisme gameplay exo-suit yang terasa sangat seru dan rewarding. Jalan ceritanya juga cukup dibalut dengan tema politik dan kekuasaan yang dramatis, serta banyaknya momen epik khas film blockbuster di dalamnya. Sangat seru, namun Kru KotGa rasa game ini memiliki kasus yang sama dengan seri Ghosts.

BACA JUGA BERITA INI
close