space
GAMER PERLU PAHAM! INILAH ISTILAH REMAKE, REMASTERED DAN REBOOT YANG MESTI DIKETAHUI
-
Rabu, 04 Mar 2020
Game zaman sekarang memang cukup banyak yang keren-keren. Akan tetapi tidak bisa dipungkiri lagi bahwa kalau banyak game lawas yang jauh lebih menarik atau bahkan layak disebut masterpiece sepanjang masa. Sayangnya, jika memainkan di zaman sekarang, rasanya cukup aneh dengan grafis "jadul" yang ditawarkannya. Tentunya akan jauh lebih menarik jika memainkannya dengan kualitas grafis saat ini.

Jika kamu memperhatikan informasi terbaru mengenai industri gaming belakangan ini, kamu pasti sudah tidak asing lagi ketika mendengar game "lawas" yang diangkat kembali. Namun, pengangkatan kembali sebuah judul game lawas tersebut hadir dengan berbagai macam jenisnya. Mulai dari Remastered, Remake, ataupun Reboot hingga istilah Porting yang juga perlu kamu pahami. Apasih maksudnya itu? Yuk simak artikelnya!

Baca ini juga :
» EA Sports FC 24
» Bisa Minum Lewat Headset hingga Cukuran RGB, Deretan Joke Brand Gaming di April Mop!
» Resesi Is Real? Game-Game Besar ini Harus Tutup di Tahun 2023!
» Tahun 2023 Penuh Game Keren! Ini Dia List Game Yang Dinantikan Rilisnya di Tahun Ini!
» Apakah Favoritmu Menang? Pengumuman Pemenang Penghargaan KotakGame Awards 2022
» Awal Tahun 2023 di Rumah Tapi Bingung Mau Ngapain Aja? Saatnya Mainkan 7 Game Ini!
» Akhir Tahun Banyak Cuan! 7 Game Dengan Diskon Terbesar SEGA Steam Sale 2022!
» 7 Game Terbaik yang Pantas Masuk dalam Kategori Game of the Year 2022!
1. Remake

Berbeda dengan Remastered, untuk melakukan sebuah Remake video game cukup sulit karena developer dituntut untuk "membuat ulang" game tersebut. Entah dari segi kualitas grafis ataupun gameplay yang dirombak sedemikian rupa. Bisa dibilang, developer seperti membuat ulang game tersebut dari awal. Hanya saja, untuk jalan cerita yang ditawarkan masih tetap orisinil.

Beberapa contoh game lawas yang mendapatkannya adalah Shadow of the Colossus yang dirilis oleh Sony dan juga Resident Evil 2 Remake yang akan segera dirilis oleh Capcom pada Januari 2019 mendatang. Meskipun terbilang rumit dan memakan banyak waktu serta resource yang cukup besar, biasanya versi Remake lebih membuat para gamer antusias dibanding versi Remastered yang hanya memperbaiki kualitas grafis.

strong> 2. Remastered

Mungkin, dari ketiga jenis diatas, Remastered adalah yang paling mudah dilakukan dan sudah cukup banyak game-game jadul yang mendapatkan versi Remastered. Beberapa contoh game lawas yang sudah mendapatkan versi remaster adalah Star Ocean: The Last Hope besutan Square Enix dan juga Dark Souls Remastered besutan Bandai Namco serta beberapa judul lainnya yang cukup banyak.

Biasanya, versi Remastered hadir dengan kualitas grafis yang jauh lebih diperhalus. Diperbagus dalam artian hanya dipoles lebih baik, bukan menggantinya dengan engine yang baru. Entah kualitas tekstur yang ditingkatkan, ataupun dukungan resolusi dan framerate yang lebih baik untuk konsol dan PC zaman sekarang.

BACA JUGA BERITA INI
close