space
REVIEW: TUF GAMING A15 FX506
PC
Rabu, 10 Jun 2020
Semenjak hadir sebagai alternatif dari PC gaming, laptop gaming kian hari memiliki peningkatan yang cukup pesat. Apalagi laptop gaming memiliki keistimewaan karena bentuknya yang ringkas dan fleksibel bisa dibawa serta dipakai dimanapun. Bahkan, kini performa yang diberikan pun mampu menyaingi PC gaming dengan memberikan pengalaman bermain game yang berkualitas.

Nah, kali ini ASUS kembali merilis laptop gaming seri TUF Gaming A15 FX506. Laptop ini memiliki keunggulan dari desain yang futuristik dan sudah military-grade serta spesifikasi dapur pacu yang sudah menggunakan hardware keluaran terbaru.

Demi mengetahui performa sesungguhnya dari laptop ini. Kru KotGa pun telah mencoba TUF Gaming A15 FX506 serta menggunakannya untuk aktivitas ringan hingga bermain game. Laptop yang sudah menggunakan Windows 10 Pro ini dibekali dengan AMD Ryzen 4800H sebagai prosesor pertama di dunia dengan teknologi 7 nanometer, yang disandingkan dengan kartu grafis NVIDIA GTX 1650 Ti, serta telah didukung dengan layar 144Hz. Menariknya, laptop ini dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau.

Seperti apa review ASUS TUF Gaming A15 FX506 dan fakta di balik laptop gaming dengan harga terjangkau ini? Tapi, sebelum baca lebih lanjut, intip dulu spesifikasi lengkap dari versi laptop yang Kru KotGa review di bawah ini.

Main Spec. ASUS TUF Gaming A15 FX506
CPU AMD Ryzen 4800H (8M Cache, up to 4.2GHz)
Operating System Windows 10
Software Armoury Crate
Memory 8GB DDR4 3200MHz RAM
Storage M.2 NVMe PCIe SSD 512GB
Display 15,6-Inch (16:9) IPS-level FHD (1920x1080), 144Hz 3ms, NanoEdge Display
Graphics Nvidia GeForce GTX 1650Ti 4GB GDDR6 VRAM
Input/Output 1 x COMBO audio jack, 2 x Type-A USB 3.2 (Gen 1), 1 x Type-C USB 3.2 (Gen 2) with display supportDP1.4, 1 x Type-A USB2.0, 1 x RJ45 LAN jack for LAN insert, 1 x HDMI, HDMI support 2.0b, 1 x AC adapter plug
Camera HD 720p CMOS module
Connectivity Integrated Wi-Fi 5 (802.11 ac (2x2)), Bluetooth 5.0
Audio DTS:X Ultra
Battery 48 Wh lithium-polymer battery Battery
Dimension 359.8 x 256 x 22.8 ~24.9 cm (WxDxH)
Weight 2,3Kg
Colors Fortress Grey
Price Rp14.299.000
Warranty 2 tahun garansi global

Yuk, simak ulasan dari Review ASUS TUF Gaming A15 FX506!

Baca ini juga :
» Review: Guardian Tales, RPG Petualangan Besar Dibalik Grafis yang Imut
» ASUS ROG Strix SCAR G532
» Wajib Paham! Kriteria Membeli Laptop Gaming Terbaik dengan Budget Terbatas!
» HP pavilion X360 Multi Talenta: Kerja Bisa, Gaming Nyantai Bisa, Serba Bisa!
» Ghost of Tsushima
» Jangan Salah Pilih! Tips Membeli Laptop Gaming dengan Kualitas Jagoan!
» ROG Zephyrus G14, Gaming Ngebut dengan Ryzen 9 dan Nvidia RTX
» The Last of Us Part II - Collector's Edition

TUF GAMING: DESAIN FUTURISTIK & MILITARY GRADE



Varian yang kami review ini adalah yang berwarna Fortress Grey, yang mana terdapat varian lain dengan warna Bonfire Black. Kesan pertama saat melihat desain dari laptop ini adalah futuristik dan elegan, dengan bagian cover berbahan metal dan bagian dalam berbahan plastik. Yang mencolok, kali ini ASUS rupanya ingin mempertegas seri TUF Gaming dengan menempatkan logo TUF yang cukup besar di bagian tengah, tak seperti pendahulunya yang masih menggunakan logo ASUS di bagian cover.


Sumber: Dok. KotakGame

Kemudian, desain ini juga punya terobosan yang cukup bagus dengan menghadirkan lampu indikator pada sisi atas yang dapat terlihat saat laptop sedang ditutup ataupun dibuka. Jadi, tidak perlu repot untuk menengok lampu indikator di bagian sisi bawah seperti desain laptop pada umumnya saat kita ingin mengetahui laptop sedang dalam keadaan di-charge atau misalnya dalam mode pesawat. Di samping lampu indikator ini juga terdapat tulisan TUF Gaming yang semakin mempertegas brand ini.


Sumber: Dok. KotakGame


Sumber: Dok. KotakGame


Sumber: Dok. KotakGame

Di bawah lampu indikator, tepatnya bagian belakang laptop juga terdapat lubang serta tempat heatsink. Lubang ini nantinya akan mengalirkan udara serta melakukan self-cleaning dimana dari bagian tersebut akan dikeluarkan udara serta debu dari dalam laptop sehingga tak hanya menjaga suhu, tapi juga kebersihan komponen yang ada di dalamnya.


Sumber: Dok. KotakGame


Sumber: Dok. KotakGame

SIRKULASI UDARA LANCAR DENGAN HONEYCOMB DESIGN

Beralih ke bagian bawah, laptop ini menggunakan sebuah desain yang disebut ASUS dengan Honeycomb Design yang mirip dengan struktur sarang lebah. Desain ini akan memberikan kekuatan yang lebih tinggi untuk chasis serta sirkulasi udara yang baik dari fan di bagian dalam laptop sehingga suhu dari laptop ini bisa terjaga stabil dan tidak overheat.


Sumber: Dok. KotakGame

Pada setiap sisinya terdapat bagian port yang cukup lengkap. Pada sisi kiri ada 1x charging port, 1x LAN RJ45, HDMI 2.0b, 2x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C DP 1.4 dan 3.5 mm Combo Audio Jack. Sementara di sisi kanan terdapat Kensington Lock yang berfungsi untuk keamanan dan satu buah port USB 2.0 Type-A.


Sumber: Dok. KotakGame


Sumber: Dok. KotakGame

BEZEL TIPIS DENGAN FITUR NANO EDGE DISPLAY



Lanjut ke bagian utama laptop, kita akan disuguhkan dengan layar yang cukup luas karena menggunakan NanoEdge Display sehingga bezel-nya jadi cukup tipis sehingga membuat ukuran bodi secara keseluruhan menjadi lebih ringkas dari pendahulunya.

Sementara di bagian bezel bagian atas terdapat lekukan tambahan untuk tempat webcam yang memiliki resolusi HD 720p serta mempermudah jari kita saat membuka laptop tersebut.


Sumber: Dok. KotakGame


Sumber: Dok. KotakGame

Lalu, laptop ini juga memiliki desain tombol power dengan desain sudut yang cukup futuristik dan berbeda dari seri sebelumnya.

Di bawah tombol power juga terdapat keyboard berdesain chiclet yang dilengkapi numpad dengan lampu RGB yang bisa berubah sekitar 4 warna, merah, kuning, hijau dan biru, sehingga membuat kesan gaming-nya semakin terpancar, namun tak berlebihan. Keyboard ini cukup empuk dan minim suara, jadi tidak akan berisik saat sedang bermain game ataupun mengetik. ASUS mengklaim durabilitas keyboard ini kuat hingga 20 juta kali tekan.


Sumber: Dok. KotakGame


Sumber: Dok. KotakGame

Di bawah keyboard terdapat trackpad yang cukup luas untuk menggerakkan pointer dengan bahan yang cukup nyaman di tangan. Namun, hal yang menarik justru terletak pada tombol klik kanan dan kiri yang kembali dengan desain terpisah.

Dengan desain terpisah ini juga akan menghindarkan kamu salah menekan antara klik kanan dan kiri.


Sumber: Dok. KotakGame

Terakhir, keseluruhan bodi dari TUF Gaming FX506 atau FA506 ini sudah Military-Grade dan lulus uji ketahanan standar militer MIL-STD-810H dimana pada tes tersebut, laptop diuji dalam berbagai kondisi, mulai dari tetesan, getaran, benturan hingga suhu ekstrim. Jadi, durabilitasi dari laptop ini cukup terpercaya dan pastinya tidak mudah rusak.

BACA JUGA BERITA INI
close