space
REVIEW: TUF GAMING A15 FX506
PC
Rabu, 10 Jun 2020

SPESIFIKASI UNTUK GAMING BERKELAS



AMD RYZEN 4000 SERIES

Meski berada dalam kelas laptop gaming budget atau laptop gaming dengan harga terjangkau, spesifikasi TUF Gaming A15 ini tidak main-main. Yang pasti, akan memberikan performa gaming yang stabil dan menyenangkan. Pasalnya, laptop ini telah dilengkapi dengan prosesor AMD Ryzen 4000 Series, tepatnya yang kami gunakan dilengkapi Ryzen 7 4800H.


Sumber: Dok. KotakGame

Seri prosesor anyar buatan AMD ini menggunakan arsitektur Zen 2 terbaru dengan teknologi 7nm yang membuat instruksi per clock nya 15 persen lebih tinggi dari teknologi sebelumnya. Selain itu prosesor ini memiliki konsumsi daya SOC atau System On Chip yang lebih rendah juga sehingga meningkatkan efisiensi daya.


Sumber: Dok. KotakGame

AMD Ryzen 7 4800H dengan 8 core dan 16 thread ini punya kecepatan 2.9GHz yang bisa di-boost hingga maksimal kecepatan 4.2GHz dan cache sampai 8MB. Boosting kecepatan hingga maksimal tersebut akan berjalan secara otomatis pada saat melakukan proses yang berat seperti bermain game AAA, sehingga performa yang diberikan pastinya akan sangat cepat. Menariknya, prosesor ini memiliki TDP yang cukup rendah 45W sehingga tidak akan mudah panas.

Baca ini juga :
» Review ROG Strix SCAR 17 2023 G733
» Review ROG Strix Scar 16 G634JZ
» Review ROG x EVANGELION EVA-02
» Review Steam Deck OLED
» ASUS ROG G22CH G22CH-7K3114700WSO
» Review ASUS ROG Zephyrus G14 2023 GA402XV
» ASUS SmartO Mouse MD200
» REVIEW ROG FLOW Z13-ACRNM RMT02

FPS STABIL DENGAN NVIDIA GTX 1650 TI



Kemudian, keunggulan chipset ini semakin lengkap dengan kartu grafis NVIDIA GTX 1650Ti 4GB GDDR6 yang mampu memberikan performa pengolahan grafis yang mumpuni untuk bermain game kelas esports maupun game berat AAA terbaru. Dengan kartu grafis ini, kamu akan merasakan FPS yang lebih stabil dalam bermain game esports. Namun, jika kamu masih merasa kurang, kamu bisa mencoba seri tertinggi dari FX506 ini yang menggunakan VGA Nvidia RTX 2060 6GB GDDR6.


Sumber: Dok. KotakGame

PERFORM MAKIN KENCANG DENGAN RAM DDR4 3200MHZ

Selain mengandalkan kemampuan hardware utamanya, laptop ini juga dibekali dengan RAM 8GB DDR4 3200MHz yang pastinya membuat performa laptop menjadi lebih cepat. Kamu juga masih bisa menambah kapasitas RAM jika diperlukan, karena terdapat dua slot yang bisa kamu gunakan untuk RAM dual channel, yang bisa dipasang hingga 32GB.

Kemudian dari sektor penyimpanan, kamu akan disuguhkan SSD 512GB M.2 NVMe PCIe yang akan membuat proses komputasi akan menjadi lebih cepat serta storage yang cukup lega untuk menyimpan game, install program ataupun sekedar menyimpan dokumen, musik, dan video. Sayangnya tidak ada slot SSD tambahan untuk seri yang kru KotGa gunakan, namun kamu masih bisa menambah memori dengan Harddisk, karena tersedia slot tersebut.


Sumber: Dok. KotakGame


Sumber: Dok. KotakGame

LAYAR JERNIH DENGAN REFRESH RATE 144HZ



Nah, jika di poin sebelumnya kita telah membahas bezel yang ada pada layar, kali ini kita akan mengupas soal layar yang ada pada TUF Gaming A15 FX506.


Sumber: Dok. KotakGame

Layar pada laptop ini menggunakan panel IPS 15,6 inci beresolusi 1080p dengan refresh rate 144Hz serta response time 3ms. Tak hanya sampai disitu, layarnya juga mendukung teknologi Adaptive Sync dimana refresh rate akan tersinkronisasi dengan GPU frame rate yang akan mengurangi lag, meminimalisir stuttering dan menghilangkan visual tearing, efek pada layar yang terlihat seolah-olah robek atau error. Karena itu, layar laptop ini akan menampilkan grafis yang mulus, luas dan pastinya nyaman dipandang mata.


Sumber: Dok. KotakGame


Sumber: Dok. KotakGame

AUDIO POWERFUL DENGAN DTS: X ULTRA



Tentang suara atau audio, seri ini mendapatkan upgrade yang cukup signifikan dari seri sebelumnya. Audionya dilengkapi dengan teknologi DTS: X Ultra Technology yang mampu menghasilkan suara yang lebih powerfull hingga 1,8 kali dan bass yang 2,7 kali lebih dalam dari seri sebelumnya. Tentu, ini juga membuat pengalaman gaming menjadi semakin menyenangkan dengan keluaran suara yang bagus dan bisa di setting dengan 8 mode preset untuk menonton film, mendengarkan musik maupun bermain game.


Sumber: Dok. KotakGame

ARMOURY CRATE, SOFTWARE UNTUK KONTROL KESELURUHAN LAPTOP



Seperti di seri sebelumnya, TUF Gaming A15 dilengkapi dengan Armoury Crate, software yang akan memberikan kontrol penuh terhadap laptop.

Kamu dapat melihat berbagai data performa laptop, mulai dari kapasitas RAM yang terpakai, kecepatan CPU, temperatur, dan masih banyak lagi. Melalui Armoury Crate, kamu juga bisa mengatur lampu RGB keyboard, pustaka game, penawaran game, sampai berita game terkini.

Kemudian pada bagian baterai, pada seri ini menggunakan baterai 48 Wh berbahan Lithium-Polymer, yang mampu menemanimu melakukan aktivitas ringan hingga berat seperti gaming. Baterai ini juga dilengkapi dengan charger yang memiliki input 100-240v AC dengan output 180 Watt.

Untuk ketahanan baterai, mungkin bisa dibilang cukup standar, saat pemakaian gaming pada mode performa, baterai dalam posisi penuh 100 persen, akan terkuras habis dalam waktu sekitar 1 jam 20 menit. Sedangkan untuk pemakaian browsing dan streaming, masih dalam mode performa bisa mencapai waktu sekitar 4 jam. Jika kamu menggunakan mode silence, pastinya akan jauh lebih irit dengan konsekuensi, performa juga akan ikut menurun.

BACA JUGA BERITA INI
close